Lima Dampak Buruk Membenci Pekerjaan Bagi Kesehatan - Kumpulan Info Unik

Lima Dampak Buruk Membenci Pekerjaan Bagi Kesehatan

Memiliki pekerjaan yang nyaman tentu menjadi dambaan banyak orang. Namun, tidak semuanya bisa merasakan kenyamanan tersebut dengan berbagai alasan. Salah satu penyebabnya adalah pekerjaan yang tidak sesuai keinginan atau keahliannya.

Belum lagi jika harus berhadapan dengan atasan yang memberikan target tinggi dan semakin membuat pekerjaan menjadi tidak nyaman. Kondisi ini menyebabkan tidak sedikit orang yang membeci pekerjaan mereka. Biasanya hal ini  tampak melalui keluhan-keluhan karena perasaan tertekan setiap hari.

Perasaan tersebut pada akhirnya dapat menjadi sumber stres dalam diri. Tidak hanya itu, membenci pekerjaan ternyata juga menimbulkan banyak dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh. Berikut ini lima dampak buruk membenci pekerjaan bagi kesehatan.

1. Membuat Gemuk
Membenci pekerjaan dan bertambahnya bobot berat badan ternyata memiliki keterkaitan. Sebuah studi menunjukkan bahwa memilliki pekerjaan yang tidak membahagiakan akan membuat energi yang ada di dalam tubuh terkuras.

Sebenarnya energi yang terkuras karena membenci pekerjaan ini bisa digunakan untuk berolahraga dan memilih makanan sehat. Ketika perasaan stres karena membenci pekerjaan akan membuat orang tersebut cenderung akan sering makan dan membuat kegemukan. Hal ini tentu saja tidak baik untuk kesehatan, karena kegemukan dapat menimbulkan berbagai penyakit.

2. Menurunkan Sistem Imun
Tidak hanya dapat membuah gemuk, ternyata membenci pekerjaan juga dapat menurunkan sistem imun dalam tubuh. Stres di tempat kerja bisa berasal dari perasaan jam kerja yang panjang, terlalu sibuk atau merasa kurang dihargai di perusahaan. Perasaan stres tersebut diketahui akan menimbulkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan resiko depresi.

3. Merusak Hubungan
Akibat dari membenci pekerjaan adalah merusak hubungan. Karena perasaan kesal di kantor tersebut dapat terbawa ke rumah dan membuat mood menurun. Sebuah penelitian menyebutkan bajwa orang yang tidak bahagia di tempat kerja cenderung memiliki hubungan seksual yang tidak memuaskan. Selain itu, studi lain juga menunjukkan bahwa stres dari pekerjaan yang tidak dikelola juga akan membuat hubungan dengan pasangan dan keluarga juga bisa menjadi berantakan. 

4. Mengganggu Kualitas Tidur
Waktu tidur yang cukup dan berkualitas di malam hari memiliki pengaruh besar pada kesehatan. Orang yang membenci pekerjaan akan membuat mereka sulit tidur nyenyak pada malam hari, bahkan dapat mengalami insomnia. Hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh, karena tidak memiliki waktu tidur yang cukup akan membuat sistem imun menurun dan akan mudah mengalami sakit.

5. Risiko Penyakit Serius
Dampak buruk terakhir yang diakibatkan membenci pekerjaan adalah meningkatnya reskio penyakit serius. Sebuah studu yang dilakukan terhadap 20.000 perawat di AS menyebutkan bahwa mereka yang tidak bahagia di pekerjaannya akan beresiko besar dapat menderita kanker, penyakit jantung, serta diabetes melitus.

Itulah lima dampak buruk membenci pekerjaan bagi kesehatan. Dengan semua resiko yang dapat ditimbulkan tersebut ada baiknya untuk mulai mencintai pekerjaan yang sedang ditekuni. Buanglah rasa tidak nyaman tersebut, agar hidup lebih bahagia.
0 Komentar untuk "Lima Dampak Buruk Membenci Pekerjaan Bagi Kesehatan"

Back To Top