Inilah Dosa yang Menghalangi Jodoh - Kumpulan Info Unik

Inilah Dosa yang Menghalangi Jodoh

Jodoh merupakan ketetapan Allah SWT dan menjadi rahasia tanpa seorang pun mengetahuinya secara pasti. Terkadang ada yang sudah menjalani hubungan lama, tiba-tiba kandas karena alasan sepele. Sementara dua orang yang terpisah jauh, kemudian menjadi suami istri tanpa diduga sebelumnya.

Tingkat kesulitan manusia dalam mendapatkan jodoh berbeda-beda. Ada yang dimudahkan, ada pula yang hingga kini tak kunjung menemukan pasangan hidupnya. Padahal usianya sudah memasuki umur yang matang dan siap menjalani rumah tangga.

Jika jodoh adalah urusan Allah, maka tidak kunjung dapat jodoh juga disebabkan karena Allah. Hal ini biasanya terjadi karena dosa yang dilakukan pribadi manusia. Dosa-dosa ini tanpa sadar menutup rezeki mereka untuk mendapatkan pasangan hidup. Berikut ini rangkuman dosa yang dapat menghalangi jodoh.

1. Syirik

Syirik merupakan perbuatan menyekutukan Allah SWT dengan selain-Nya. Terkadang usaha kita dalam mendapatkan jodoh justru mengarah ke arah syirik yang semakin membuat jodoh menjauh. Misalnya saja menginginkan jodoh dengan datang ke dukun, tukang ramal, atau memakai jimat-jimat atau bacaan menyesatkan.

Periksalah bagaimana kualitas kita selama ini dalam menjalankan hubungan dengan Allah. Misalnya salat yang masih bolong-bolong, atau bermalas-malasan mengerjakan salat. Tidak heran jika Allah juga membalas umatnya dengan melambatkan jodohnya juga.

Maka dari itu, untuk mendapatkan jodoh maka harus memperbaiki   hubungan dengan sang pemberi jodoh, Allah SWT,  setelah itu baru berikhtiar mencari hubungan perjodohan.

“Janganlah sekali-kali kamu diperdayakan dunia & diperdayakan para penipu yang mengatasnamakan Allah” (QS 31:33)

Jika pun mereka di datangkan jodoh, maka biasanya akan dipertemukan dengan mereka yang syirik juga. Bisa saja anda mendapat jodoh, namun justru membuat hidup anda tidak tentram & tidak berkah. Pasalnya akan berlaku hukum keseimbangan Allah dalam perjodohan, dimana laki-laki dan perempuan harus memiliki nilai yang sama di mata Allah SWT.

“….musyrik laki2 berjodoh dengan musyrik perempuan, laki2 yang berperilaku buruk dengan perempuan yang berperilaku buruk juga.” ( QS 24:3&26)

2. Jarang Salat dan Melalaikan Salat
Salat merupakan gerbang menuju Allah SWT. Ini adalah perintah wajib yang harus dijalankan umat Islam tanpa ada alasan untuk meninggalkannya. Jarang salat artinya Allah juga tidak cepat dalam merespon doa manusia terhadap jodoh.

Hal ini juga berlaku bagi mereka yang salat namun kerap menunda-nunda hingga masuk waktu akhir. Karena urusan dunia, biasanya manusia lupa untuk menunaikan ibadah wajib yang satu ini. Sehingga Allah juga tidak akan memprioritaskan mereka yang telah melalaikan-Nya.

“Maka kecelakaanlah bagi orang2 yang shalat (yaitu) orang2 yang lalai dari shalatnya.” (QS 107:4-5)

3. Berzina
Berzina merupakan perbuatan keji yang sangat dibenci Allah. Bahkan dalam sebuah riwayat menceritakan kisah Nabi Musa yang menolak wanita yang bertobat karena telah melakukan dosa zina. Hal ini menandakan bahwa perbuatan zina sangat merusak hubungan manusia dengan Allah, termasuk untuk urusan jodoh.

Jujurlah pada diri, apakah anda pernah melakukan perbuatan tersebut? Jika iya bersegeralah taubat nasuha karena Allah SWT selalu memberikan ampunan kepada hamba-hambanya. Karena siapa yang melakukan hal demikian, mereka akan mendapatkan balasan langsung di dunia salah satunya dijauhkan dari jodohnya.

4. Dosa kepada Orang Tua
Orang tua merupakan perwakilan Allah SWT di dunia. Keridhaan mereka akan menjadi ridha Allah, sehingga jika kita melakukan dosa terhadap orang tua, maka Allah akan menutup sumber rezeki kita termasuk urusan jodoh.

Perlu diketahui bahwa berkata “ah” saja kepada orang tua sudah membuat Allah marah, apalagi jika melakukan dosa lebih dari itu.  Hal ini termasuk doa besar yang menjauhkan rahmat Allah termasuk jodoh. 

Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ah dan janganlah kamu membentak mereka, ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (QS. 17:23).

5. Hubungan Silaturahmi yang Putus
Bagi anda yang sulit jodoh, ada baiknya anda memeriksa hubungan anda dengan kerabat. Pasalnya salah satu penjauh rahmat adalah putusnya tali silaturahmi antar sesama kerabat.

“Sesungguhnya orang2 mukmin itu bersaudara. Karena itu peliharalah persaudaraan dan peliharalah diri anda dihadapan Allah supaya kamu mendapat rahmat”. (QS.49:10)

6. Bergunjing dan Mengadu Domba 
Ternyata aktivitas yang kerap dilakukan ini menjauhkan manusia dari jodoh, Ya menggunjing juga mengakibatkan sesoorang dijauhkan dari jodohnya. Apalagi jika sudah mengarah kepada adu domba yang berujung pada fitnah. 

“Hai orang2 yang beriman, jauhilah kebanyakan kecurigaan, karena sebagian dari kecurigaan itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentu kamu merasa jijik kepadanya.” (QS 49:12)

7. Makan Rezeki yang Haram
Perkara haram juga dapat menjauhkan jodoh. Jika saat ini masih sulit jodoh, maka periksalah rezeki yang kita makan. Apakah sudah dicari dengan jalan halal, atau masih haram. Jika pun sudah halal, sudah kah kita menunaikan untuk mengeluarkan zakat. Karena sebenarnya, dalam harta kita terdapat hak-hak orang lain yang harus kita keluarkan.

8. Kikir
Salah satu cara mendapatkan jodoh adalah dengan memperbanyak sedekah. Jadi sebenarnya, jika kita tidak bersedekah, maka akan menghambat rahmat Allah yang lain. Salah satunya adalah jodoh. Banyak kisah-kisah tentang orang-orang yang menjemput jodoh dengan sedekah ini.
19 Komentar untuk "Inilah Dosa yang Menghalangi Jodoh"

Tetimakasih. Aku. Lebih. Tau. Kenapa. Jodohku. Tak kunjung datang?

Bahwa sesungguhnya yg baik itu dtgnya dari Allah & yg kurang baik itu dtngnya dari diri kita sendiri ...

Ok.. Mikirin jodoh, tapi ajal udah depan mata..

Lebih baik prepare buat ajal menjemput aja sudah kalo gini,, toh bagi saya sih mati itu pasti jodoh belum tentu...

bagaimana dengan yang sudah berkeluarga tapi selingkuh dan berzina? apakah akan diputuskan juga jodohnya?

Bagaimana kalau orang yang sudah beristri satu mencari jodoh tambahan. Kan boleh maksimal empat?

Boleh sih istri sampe empat,,, tpi sampean bisa adil satu sama laen, tanpa satupun merasa sakit hati atau iri? Think it!!

Mengada ada.
Dalilnya dipaksakan.

Dan seburuk2nya mati adalah matinya seseorang yg blum mnyempurnakan setengah dr agamanya, brrti klo mati dlm keadaan blm menikah brrti seseorang itu matinya hina, naudzubillahi min dzalik

Dan sehina2nya matinya seseorang adalah yg blum mnyempurnakan setengah dr agamnya,

ahhh looo kslio di paksakan????

laaah kalo udah takdir mati muda antara umur 7-25 tahun dan belum menikah itu hina ya ? ada dalilnya ga?

Iya.. kemungkinan besar bakalan cerai. Setelah cerai, susah ketemu pasangan yg baik.

Nabi Muhammad poligami karena terpaksa untuk melindungi janda, karena faktor keadaan hidup waktu itu. Bukan untuk kesenangan belaka. Kalau niat anda ini sih jelas-jelas dosa.

Poligami tidak pernah adil jika didasarkan nafsu dan kerakusan. Nafsu dan rakus adalah bentuk dosa dari 7 jenis dosa utama. Kecuali Nabi Muhammad yang berpoligami dengan alasan kasihan dengan janda yang ditinggal mati suaminya, jadi Nabi menikah dengan mereka agar mereka hidupnya tidak menjurus ke perzinahan. Biar mereka tetap bisa makan setiap hari, tanpa harus jual diri.

Izz.. Km ini paham ga dg maksud pertanyaan diatas?? JIKA MENINGGAL DLM KEADAAN BELUM BERTEMU JODOH APA ITU DISEBUT HINA??? PAHAM GAK ENTE..

Sip dech...kl blm ketemu sm jodoh.lbh usaha lg sm lbh dekatin diri sm allah.
Pasti nanti akan bertemu dg org yg tepat di wktu yg tepat.

jaman sekrang jodoh lewat hp...!!!!! hamil dulu baru jodoh

wkwkwkkk

nangudzuu Billah

Back To Top