Inilah Dosa yang 1000 Kali Lebih Besar dari Berzina

Perilaku zina merupakan salah satu perbuatan dosa besar yang sangat dibenci Allah. Begitu banyak ayat dalam Alquran menjelaskan tentang hukuman yang akan diterima para pelakunya  baik saat di dunia maupun ketika di akhirat.

Jika dilakukan oleh orang yang belum menikah, maka pelaku zina harus dirajam di hadapan penduduk sebanyak seratus kali. Sementara bagi yang sudah menikah namun melakukan zina dengan yang bukan muhrimnya, maka hukumannya dirajam sampai mati.

Bahkan dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwa Nabi Musa as tidak memaafkan pelaku zina karena dianggap sangat hina. Ia mengusir wanita pelaku zina yang ingin bertaubat dan  meminta petunjuk darinya. Hal ini membuktikan bahwa zina merupakan dosa besar yang sulit diampuni.

Meski demikian besar ancaman dosa yang akan diterima oleh pelaku zina, namun ternyata ada dosa yang besarnya 1000 kali lebih besar dari dosa ini. Ancaman bagi pelaku dosa tersebut adalah hukuman dan kemurkaan Allah serta mendapatkan kehinaan di dunia dan akhirat. Apakah dosa yang 1000 kali lebih besar dibanding zina? Berikut ulasannya.

Ternyata dosa yang sedemikian besar tersebut adalah dosa orang yang sengaja meninggalkan salat lima waktu. Salat merupakan kewajiban utama umat Islam yang menjadi pondasi dasar agama Allah ini. Meninggalkannya sama dengan meruntuhkan tiang agama dan membuat Allah SWT menjadi murka. Tidak hanya saat di dunia, hukuman bagi orang yang meninggalkan salat, di akhirat juga sangat pedih.

Ibnu Qayyim Al Jauziyah –rahimahullah- mengatakan, ”Kaum muslimin bersepakat bahwa meninggalkan shalat lima waktu dengan sengaja adalah dosa besar yang paling besar dan dosanya lebih besar dari dosa membunuh, merampas harta orang lain, berzina, mencuri, dan minum minuman keras. Orang yang meninggalkannya akan mendapat hukuman dan kemurkaan Allah serta mendapatkan kehinaan di dunia dan akhirat.” (Ash Sholah, hal. 7)

“Rasulullah SAW, diperlihatkan pada suatu kaum yang membenturkan kepala mereka pada batu, Setiap kali benturan itu menyebabkan kepala pecah, kemudian ia kembali kepada keadaan semula dan mereka tidak terus berhenti melakukannya. Lalu Rasulullah bertanya: “Siapakah ini wahai Jibril”? Jibril menjawab: “Mereka ini orang yang berat kepalanya untuk menunaikan Sholat fardhu”. (Riwayat Tabrani).

Dalam riwayat yang lain juga dijelaskan bagaiamana kejamnya siksaan bagi mereka yang meninggalkan shalat. Ibnu Abbas r.a. berkata Jika langit sudah terbuka, maka malaikat akan datang dengan membawa rantai sepanjang 7 hasta. Rantai ini akan digantungkan kepada orang yang tidak melaksanakan shalat. Kemudian dimasukkan dalam mulutnya dan akan keluar dari duburnya. Kemudian malaikat mengumumkan, “ini adalah balasan orang yang menyepelekan perintah Allah.” (Ibnu Abbas r.a).

Nisbah dosa yang diterima oleh orang yang meninggalkan shalat adalah antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Jika satu kali meninggalkan shalat subuh, maka hukumannya adalah masuk neraka selama 30 tahun, sedangkan satu hari di neraka sama dengan  60.000 tahun di dunia. Artinya satu kali tidak melaksanakan salat subuh, maka kita akan mendekam 60 ribu tahun di neraka.
  2. Meninggalkan satu kali salat zuhur, sama dosanya dengan dosa membunuh  1.000 umat Islam
  3. Dosa satu kali meninggalkan shalat ashar sama dengan dosa meruntuhkan Ka’bah
  4. Dosa satu kali meninggalkan shalat maghrib sama dengan dosa berzina dengan ibunya (jika laki-laki) atau berzina dengan ayahnya (jika perempuan)
  5. Satu kali meninggalkan shalat isya, tidak akan di-ridhoi oleh Allah untuk tinggal di Bumi dan akan didesak mencari bumi atau tempat hidup yang lain.
Semoga kita menjadi orang-orang yang senantiasa mendirikan salat, melaksanakannya tepat waktu, serta mampu mengajak keluarga lainnya untuk salat tepat waktu. Semoga saja tulisan ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.
Tag : Islam
216 Komentar untuk "Inilah Dosa yang 1000 Kali Lebih Besar dari Berzina"
«Paling tua   ‹Lebih tua   201 – 216 dari 216   Lebih baru›   Terbaru»

yang bayak komentar berarti tanda2 masuk neraka

AKAN DATANG MASANYA,... KAPAN?? KETIKA AJAL TIBA MAKA DISITULAH SELURUH NASEHAT BAIK YANG TERABAIKAN AKAN DISESALI. TUNGGU SAJA YA...

Sungguh Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.. mari kita sama-sama belajar menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi apa yang dilarang-Nya..

"Ya allah,tolonglah kami untuk dapat berzikir,bersyukur dan beribadah secara baik kepada-mu"

Bagi kaum muslim sholat 5 waktu itu wajib di laksanakan tepat waktu, ketika kita sakit bahkan separah apa sakit kita juga tidak ada alasan untuk meninggalkan sholat wajib, tidak ada toleransi untuk meninggalkannya dgn alasan apapun. (kalau tidak bisa shalat dengan berdiri, maka bisa dengan duduk. Kalau tidak bisa duduk, maka bisa dengan tiduran. Kalau tiduran tidak bisa, maka bisa dengan cara berkedip. Intinya tetap harus shalat ). Selagi kesadaran itu masih ada pada pribadi manusia, maka dia wajib untuk shalat). Semoga Allah selalu mengistiqomahkan ibadah kita. AMIN

Subhanallah merinding bacanya.. Artikel ini cmn ngingetin aja sama kita sbg umat islam.. :) makasih

Sungguh sangat mengerikan sekali.

Yang penting ibadahnya rajin saja

ALHAMDULILLAH ada saudara muslim yg menginggatkan ku. Dari sekarang mari kita rapat barisan, teratur 5 wKtu. Insa'Allah kita muslimin dan muslimat bersama2. Ada dalam barisan penggikut nabi yg di cintai oleh Allah SWT. junjungan agung Nabi Muhammad SAW.
Amin ya Robbal A'lamin.

Sudahkah kalian sholat hari ini

saya percaya Allah SWT, Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang, Maha Pengampun dan Maha penerima Taubat. Kasih dan sayang Allah SWT, Sangat tidak sebanding dengan Kasih nya Manusia kepada manusia walaupun dibanding Kasihnya Ibu kepada Anak nya,,,karena Allah SWT Maha pengasih dan Maha penyayang. tiada batas kasih dan sayang nya. saya mau mendongeng.." pada suatu hari ada ada anak nakal bermain hujan hujanan, Ibu si anak melarang dengan nada mengancam..jika ia pulang nanti ia akan di gebukin pake sapu, di jewer, di kurung di kamar + nggak dikasih uang jajan, banyak nada ancaman dari sang Ibu, supaya anaknya berenti main hujan hujanan yang bisa menyebabkan si anak sakit, demam, bahkan ke tingkat yang lebih parah.." si ibu kian marah dan murka, melihat anaknya cuek bebek dan tetap bermain. alhasil..beberapa waktu selang berlalu,,maka Hujan berhenti.. si anak datang ke rumah dengan tubuh menggigil kedinginan, wajah pucat, dan bibir biru bergetar,, si ibu yang tadinya akan memukuli si anak...kemudian dengan bergegas mengambil handuk, dengan wajah yg sedikit kesal ia menyelimuti anak nya.. kemudian memandikan nya, menggosoknya dengan sabun, dan mengusap sekujur tubuhnya dengan penghangat. itulah kasih sayang ibu... apalagi kasih sayang dari yang maha Penyayang.

Allah juga menjanjikan keutamaannya sholat 5 waktu kok
“Tahukah kalian, seandainya ada sebuah sungai di dekat pintu salah seorang di antara kalian, lalu ia mandi dari air sungai itu setiap hari lima kali, apakah akan tersisa kotorannya walau sedikit?” Para sahabat menjawab, “Tidak akan tersisa sedikit pun kotorannya.” Beliau berkata, “Maka begitulah perumpamaan shalat lima waktu, dengannya Allah menghapuskan dosa.” (HR. Bukhari no. 528 dan Muslim no. 667)

Gak ada dosa kalo rajin sholat bossqu

“Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.” (HR. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651)

Bayangin boss diganjar apa sampe mau merangkak ke masjid, 1 miliar? Gua sih ogah punya harga diri. Tapi di hadist itu kalo kita tau keutamaanya maka setiap hari kita akan merangkak demi mendapatkan ganjarannya

tolong dengar ya anonim ... orang lain bilang benar km salahkan ustad pun km anggap salah dan anda koment yg isinya berilmu serasa anda yg paling benar dan akhirnya loe ngajak semua keneraka dalam hadist itu namanya dajal seperti mengajak baik tapi malah menjerumuskan

«Paling tua   ‹Lebih tua   201 – 216 dari 216   Lebih baru›   Terbaru»

Back To Top