Delapan Surga dan Golongan Manusia yang Akan Menghuninya - Kumpulan Info Unik

Delapan Surga dan Golongan Manusia yang Akan Menghuninya

Surga merupakan tempat terindah yang diinginkan setiap makhluk Allah SWT. Di dalamnya terdapat semua keindahan, kemegahan  dan kehidupan yang kekal abadi.

Dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwa jumlah surga tidak hanya satu. Namun terdiri dari beberapa pintu, dimana setiap satu pintunya memiliki nama berbeda. Setiap nama ini akan dihuni golongan tertentu yang melaksanakan amalan tertentu juga selama di dunia.

Kenikmatan setiap satu nama surga tersebut sangat banyak dan tidak terbayangkan. Bagi mereka yang beriman, mendapatkan surga-surga ini bukanlah perkara sulit. Dengan amalan tertentu, golongan manusia ini bisa menghuni surga-surga tersebut.

1. Surga Firdaus
Surga Firdaus merupakan surga tertinggi di akhirat kelak. Dalam Alquran dan hadist, surga ini akan dihuni oleh tujuh golongan manusia salah satunya adalah golongan manusia yang selalu menjaga salatya. Seperti dalam QS. Al-Mukminun: 9-11 yang artinya:

"Sesungguhnya orang-orang yang memlihara shalatnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya." (QS. Al-Mukminun: 9-11).

Golongan kedua yang juga akan masuk ke surga ini adalah manusia yang meninggalkan kebatilan dan sumpah yang tidak penting atas nama Allah.

Ketiga adalah golongan manusia yang membayar zakatnya. Zakat merupakan kewajiban yang harus dikeluarkan mukmin untuk membersihkan harta.

Golongan keempat yang akan memasuki surga ini adalah orang-orang yang menjaga kemaluannya. Saat ini, tindakan seperti ini seperti menjadi hal yang susah untuk ditinggalkan. Keimanan manusia diuji dengan keras untuk bisa memasuki pintu surga ini.

Golongan kelima yang bisa masuk ke surga ini adalah manusia yang bisa menahan pendengarannya dan penglihatannya. Karena biasanya, semua dosa bersumber dari dua indera ini.

Selanjutnya, golongan yang akan memasuki surga Firdaus adalah orang-orang yang memelihara amanah dan menepati janji. 

2. Surga 'Adn
Di dalam Alquran, Allah SWT emenyebur surga ADN sebanyak 11 kali. Kata Adn  sendiri berasal dari kata Adana-ya’dinu-Adnan yang berati menetap atau tinggal.  Salah satu surat dalam Alquran yang menjelaskan tentang surga Adn adalah At-Taubah: 72, yang artinya adalah sebagai berikut:

"Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin lelaki dan perempuan (akan mendapat) surga di bawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan mendapat tempat-tempat yang bagus di surga 'Adn." (QS. At-Taubah: 72).

Para Penghuni Surga 'Adn berdasarkan tafsir Al-Quran surah Thaha: 75-76 dan surah Ar-Ra'ad: 22-23:
  1. Golongan pertama yang menghuni pintu surga ini adalah mereka yang beriman dan selalu melaksanakan amal saleh.
  2. Selanjutnya mereka yang menepati selalu janjiorang
  3. Golongan selanjutnya yang akan dimasukkan ke dalam surga ini adalah mereka yang dihatinya selalu takut kepada Allah dan takut tertimpa hisab buruk.
  4. Orang yang selalu mencari keridhaan Allah SWT
  5. Golongan yang senang bersedekah dan memberikan sebagian hartanya ke jalan Allah.
  6. Oarang-orang yang senantiasa mencegah perbuatan keji dan munkar 
  7. Orang-orang yang selalu mendirikan salat. 
3. Surga Na’im
Nama surga selanjutnya adalah Surga Na’im. Surga ini diciptakan oleh Allah SWT dari perak putih. Na’im diperuntunkan bagi orang-orang yang benar-benar bertakwa dan beramal saleh. Banyak surat dalam Alquran menjelaskan tentang surga tersebut. Antara lain seperti berikut ini.

“Sesungguhnya bagi orang-orang yang bertakwa (disediakan) surga-surga yang penuh kenikmatan di sisi Tuhannya.” (Q.S. Al-Qalam [68]: 34)

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan” (Q.S. Luqman [31]: 8)

“Kekuasaan di hari itu ada pada Allah, Dia memberi keputusan di antara mereka. Maka orang-orang yang beriman dan beramal saleh adalah di dalam surga yang penuh kenikmatan.” (Q.S. Al-Hajj [22]: 56)

4. Surga Ma’wa
Surga berikutnya bernama Ma’wa. Tempat ini dicptakan dari zamrud hijau yang indah dan akan dihuni oleh golongan manusia seperti yang tertera dalam Alquran berikut ini.

“Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, maka bagi mereka surga-surga tempat kediaman, sebagai pahala terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (Q.S. As-Sajdah [32]: 19)

“Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya. Maka sesungguhnya surga tempat tinggal(nya).” (Q.S. An-Naazi‘aat [79]: 40-41)

5. Surga Darussalam
Surga Darussalam merupakan surga yang diciptakan Allah dari Yukut merah. Surga ini diperuntukan untuk mereka yang sangat kuat iman serta islamnya. Seperti yang tertera dalam surat Al-An’aam [6]: 127 yang artinya.

“Bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan.” (Q.S. Al-An’aam [6]: 127)

6. Surga Darul Muqamah
Surga ini diciptakan Allah dari permata putih yang begitu indah. Golongan yang akan menjadi penghuninya adalah mereka yang melakukan banyak kebaikan. Seperti yang diungkapkan Allah dalam qalamnya surat Faathir [35]: 34-35 yang artinya:

“Dan mereka berkata, ‘Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu.’” (Q.S. Faathir [35]: 34-35)

7. Surga Maqaamul Amin
Surga selanjutnya bernama Surga Maqaamul Amin yang diciptakan Allah dari emas. Surga ini diperuntukan bagi mereka yang benar-benar bertakwa kepada Allah Swt. Hal ini dijelaskan dalam firman Allah surat Ad-Dukhan [44]: 51 yang berarti:

 “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman.” (Q.S. Ad-Dukhan [44]: 51)

8. Surga Khuldi
Allah SWT juga menciptakan Surga Khuldi yang diperuntukan bagi golongan yang taat menjalankan perintah Allah Swt. dan menjauhi segala larangan-Nya.  \Hal ini dijelaskan dalam Alquran surat Al-Furqan [25]: 15 yang artinya:

“Katakanlah, ‘Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa? Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka.’” (Q.S. Al-Furqan [25]: 15).

Lantas bagaimana jika anda termasuk golongan manusia yang bisa memasuki semua surga tersebut? Niscaya pada hari kiamat, setiap pintu surga ini akan memanggil-manggil meminta manusia yang baik untuk memasukinya.
Tag : Islam
0 Komentar untuk "Delapan Surga dan Golongan Manusia yang Akan Menghuninya"

Back To Top