Awas, Konsumsi 6 Hewan Ini Dapat Sebabkan Kematian - Kumpulan Info Unik

Awas, Konsumsi 6 Hewan Ini Dapat Sebabkan Kematian

Di dunia ini terdapat banyak jenis hewan yang dapat dikonsumsi dan diolah menjadi hidangan menggugah selera. Namun ternyata tidak semua jenis hewan tersbut dapat dimakan oleh manusia. Itu dikarenakan ada hewan yang mengandung racun mematikan bahkan dapat menularkan berbagai penyakit kepada yang memakannya.

Namun di beberapa negara, makanan dari hewan-hewan beracun tersebut justru dianggap sebagai makanan lezat dan menjadi hidangan nasional. Bahkan di beberapa negara maju di Asia sudah banyak penduduk yang terbiasa atau bahkan senang mengkonsumsi hewan yang berbahaya ini. Tanpa  mereka sadari resiko yang akan mereka peroleh setelah mengkonsumsinya. Hewan apa sajakah yang ternyata dapat menyebabkan kematian ini? Berikut adalah 6 hewan yang ternyata berbahaya untuk dikonsumsi.

1. Bull Frog

Hewan mematikan pertama yaitu Bull Frog atau kenal dengan sebutan Kodok Lembu. Jenis kodok yang satu ini berukuran sangat besar dan mempunyai suara yang keras. Anda bisa menjumpai olahan makanan dari Bull Frog ini di Asia dan Afrika. Bahkan olahan makanan dari hewan yang satu ini menjadi makanan favorit bagi bangsa Afrika. Mereka mengkonsumsi hampir seluruh bagian kodok tersebut kecuali bagian organnya.

Namun, sebenarnya olahan makanan dari bahan kodok jenis ini sangar berbahaya. Karena Bull Frog ini mengandung racun di dalam tubuhnya. Jika kodok ini dimakan, maka orang yang mengkonsumsinya akan mengalami gagal ginjal dan pembengkakan saluran kemih. Jika dikonsumsi dalam jumlah besar, makan akan beresiko menyebabkan kematian.

Di Namibia, kodok ini hanya boleh dipanen setelah hujan ketika atau lebih tepatnya setelah memasuki dewasa. Pada saat ini, racun dari bull frog Namibia sudah mulai melemah. Warga di sana biasanya memotong kaki kodok dan memasaknya dengan berbagai jenis tumbuhan tradisional yang dipercaya dapat menetralkan racunnya. Akan tetapi, metode tersebut belum terbukti kebenarannya. Untuk itu, lebih baik menghindari konsumsi olahan apapun dari hewan jenis ini.

2. Fugu (Pufferfish)

Fugu (Pufferfish) atau yang lebih dikenal dengan sebutan ikan buntal ini juga menjadi hewan yang ternyata dapat mematikan ketika dikonsumsi. Meskipun ikan yang satu ini terlihat lucu karena bisa menggelembungkan tubuhnya, namun siapa sangka jika ia sudah pernah menyebabkan 44 orang mengalami luka-luka dan 5 orang meninggal dunia setelah mengkonsumsinya.

Ikan yang banyak terdapat di Jepang ini ternyata mempunyai racun yang dapat menyerang liver orang yang mengkonsumsinya. Tidak hanya itu, ikan Fugu in juga dapat memicu pendarahan bagian dalam. Racun tetrodotoxin yang terdapat di dalam tubuhnya ini berguna untuk mempertahankan diri dari bahaya. Racun ini terkonsentrasi di bagian-bagian tubuh yang berbeda-beda seperti di insang dan kepalanya. Setelah mengkonsumsinya maka racun tersebut akan bereaksi dengan melumpuhkan otak dan gangguan pada saluran pernapasan.

Belum ditemukan penawar dari racun ini. walaupun dalam dosis yang kecil, namun mengkonsumsi olahan ikan yang satu ini bisa saja mengatarkan ada menuju kematian. Namun anehnya, daging dari
tubuh yang berbeda pula. Ada yang terkumpul di insang atau kepala.

3. Sannakji

Sannakji atau lebih dikenal sebagai cumi-cumi kecil ternyata juga merupakan hewan yang bisa mematikan jika dikonsumsi. Olahan makanan dari hewan ini termasuk sajian yang biasanya disajikan mentah dan populer di Korea. Cara pengolahan hewan ini cukup dipotong-potong saja dan ditambahkan wijen. Karena masih hidup,tentakelnya masih bergerak-gerak saat makan.

Menurut sebuah data, ada sekitar 6 orang yang meninggal dunia setiap tahunnya karena mengkonsumsi olahan makanan Sannakji. Untuk itu, memakan sannakji membutuhkan teknik tertentu. Karena apabila tidak dikonsumsi dengan benar maka akan mengakibatkan tentakelnya tersangkut di tenggorokan dan menghisap dinding tenggorokan. Hal tersebut tentu saja dapat membuat orang yang memakannya akan mengalami sesak napas karena tersedak.

4. Blood Clams

Blood Clams atau lebih terkenal dengan nama Kerang Darah ini banyak ditemukan di daerah China. Banyaknya jumlah hewan ini membuat penduduk suka untuk mengkonsumsinya. Mereka mengolahnya menjadi berbagai jenis makanan yang terlihat menggugah selera. Namun, meskipun sudah direbus beberapa waktu, tetap saja kerang ini bisa menyebabkan serta menularkan penyakit hepatitis, Thypoid serta disentri bahkan karenanya dapat menyebabkan kematian.

5. Echizen Kurage

Echizen Kurage ini merupakan jenis ubur-ubur raksasa yang banyak tersebar di perairan Jepang. Untuk mempertahankan hidupnya, ia harus memakan ikan tuna yang sedang terperangkap dengan racun di seluruh tubuhnya yang dilepaskan. Itulah yang menyebabkan orang yang memasak olahan makanan dari hewan ini harus benar-benar pandai dalam membersihkan racun-racun tersebut. Karena jika tidak, racun itu akan ikut termakan oleh orang yang mengkonsumsinya dan dapat menyebabkan kematian.

6. Lutefisk

Lutefisk ini merupakan olahan makanan ikan yang disiram dengan Iye yang berasal dari Norwegia. Iye sendiri merupakan soda yang memiliki citarasa tajam. Dibuat dari ikan cod yang diasap ataupun diasinkan, kemudian direndam dalam Iye atau air selama beberapa hari sampai dagingnya mengembang dan lunak seperti agar-agar.

Namun, pada titik ikan tersebut mempunyai Ph antara 11 dan 12 maka mengkonsumsi olahan ini akan menjadi berbahaya. Namun, dengan pengolahan yang baik lebih pada proses selanjutnya dapat membuat luterfisk relatif aman untuk dimakan. Jenis olahan ini biasanya disajikan sebagai hidangan khas Natal.

Itulah enam jenis hewan yang ternyata dapat menyebabkan kematian bagi yang mengkonsumsinya. Untuk menghindari segala kemungkinan yang terjadi, alangkah lebih baiknya apabila kita tidak memakan olahan makanan dari hewan tersebut. Pilihlah jenis hewan yang lebih menyehatkan dan lazim untuk dikonsumsi.
Tag : Info Unik
0 Komentar untuk "Awas, Konsumsi 6 Hewan Ini Dapat Sebabkan Kematian"

Back To Top