7 Perabotan Rumah Tangga Pemicu Rasa Lelah - Kumpulan Info Unik

7 Perabotan Rumah Tangga Pemicu Rasa Lelah

Rumah seharusnya menjadi tempat yang paling tepat untuk beristirahat. Setelah melakukan aktivitas di luar, suasana rumah pasti menjadi tempat impian untuk mendapatkan kenyamanan dan merenggangkan tubuh setelah bekerja seharian.

Namun, tidak semua harapan tersebut dapat terpenuhi jika di rumah masih menemukan 7 perabotan ini. Bukan sebagai tempat istirahat yang nyaman, rumah justru menjadi pemicu bertambahnya rasa lelah.Ternyata tanpa disadari dekorasi hingga perabotan dalam rumah dapat menyebabkan menurunnya mood.

Hal ini akan membuat seseorang sulit berfikir bahkan mengakibatkan kesulitan tidur nyenyak di malam hari. Akibatnya, tubuh yang seharusnya beristirahat, justru harus bergadang dan kelelahan. Apa saja perabotan tersebut? Berikut rangkumannya.

1. Tumpukan barang atau perabot

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti di Princeton University Neuroscience Institute menemukan bahwa ketika seseorang melihat barang yang menumpuk dan tidak tersusun dengan baik dan rapi, dapat mempengaruhi mental. Hal ini disebabkan ketika melihat tumpukan barang, maka seseorang akan lebih banyak mengelurkan energi.

Banyaknya energi yang dikeluarkan ini membuat pikiran menjadi mudah lelah sehingga dapat memicu stres. Tidak hanya itu saja hal tersebut juga akan mengurangi mood apabbila dibiarkan berlarut-larut. Agar hal tersebut tidak terjadi, susunlah perabotan rumah tangga anda dengan rapi untuk meningkatkan kesehatan mental yang juga bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh.

2. Layar TV

Untuk anda yang menginginkan beristirahat di rumah mulailah menghindari menonton televisi, bermain tablet ataupun laptop menjelang jam tidur. Itu dikarenakan layar pada eletronik memancarkan gelombang biru yang bisa menekan produksi melatonin pada otak kita.

Melatonin ini merupakan senyawa otak yang membantu untuk membuat kita merasa tenang dan akhirnya mengantuk. Berkurangnya produksi melatonin akibat layar elektronik ini dapat mengganggu jam tidur anda. Pada akhirnya membuat anda menjadi kurang nyenyak ketika tidur dan bahkan dapat memicu terjadinya insomnia. Jika hal ini terus menerus terjadi maka akan membuat amda merasa lelah pada hari berikutnya karena kurang istirahat.

3. Mesin pembuat kopi

Mesin pembbuat kopi menjadi salah satu perabotan rumah tangga yang dapat membuat kita merasa lelah ketika berada di rumah. Mesin yang satu ini bisa mempermudah kita dalam menikmati kopi, hasilya adalah kita jadi sering mengkonsumsi kopi di rumah. Apalagi kita kita sedang membutuhkan waktu lembur di malam hari.

Efek dari konsumsi kopi memang dapat menstimuasi tubuh utnuk meningkatkan energi dan membuat tetap terjaga pada malam hari walaupun tubuh sudah merasa kelelahan. Namun, apabila dilakukan secara terus menerus maka akibat buruklah yang akan anda peroleh. Anda jadi merasa cepat lelah tanpa sebab. Kecuali untuk anda yang mempunyai daya metabolisme yang sangat baik, kandungan kafein dalam kopi mungkin bisa membuat anda merasa rileks dan mengantuk.

4. Cat biru di ruang keluarga

Tidak hanya susunan dari perabot rumah tangga saja yang dapat memicu kelelahan. Namun ternyata cat dinding rumah anda juga berpengaruh terhadap mood orang yang melihatnya. Dalam sebuah studi, Travelodge mengamati cart di 2.000 rumah dan efek apa yang ditimbulkan dari warna tersebut. Ternyata ditemukan bahwa cat berwarna biru dapat memperlambat detak jantung, mengurangi tekanan darah, dan membuat mengantuk. Warna ini mungkin cocok apabila digunakan di ruang tidur, namun cat warna biru ini sangat tidak baik bagi ruang keluarga, ruang makan ataupun ruang kerja karena dapat memicu rasa lelah.

5. Suhu AC

AC ternyata bisa juga memicu kelelahan apabila kita salah memasang suhunya pada siang hari. Sebab salah memasang suhu AC akan membuat kita mudah mengantuk sepanjang hari. Studi menemukan bahwa suhu yang paling ideal untuk merasakan ngantuk dan akhirnya tertidur adalah sekitar 18-22 derajat celcius. Sehingga bila annda tidak ingin akhir pekan di rumah terganggu karena mata mengantuk, pasang AC dengan suhu antara 22-24 derajat celcius.

6. Tirai yang selalu tertutup

Cahaya alami dari matahari ternyata bisa membuat anda tidur lebih baik pada malam hari. Sebuah studi menemukan bahwa para pekerja yang terbiasa terpapar cahaya matahari di ruang kerjanya akan tidur 46 menit lebih lama dibandingkan mereka yang terbiasa terkena cahaya lampu. Jika tirai di rumah anda selalu tertutup itu akan menyebabkan cahaya matahari tidak bisa masuk. Jika hal itu terus terulang maka akan membuat anda cepat merasa lelah karena tidak dapat beristirahat dengan baik di malam harinya. mulailah untuk menerangi rumah kita dengan cahaya alami dari matahari pada siang hari dengan membuka tirai.

7. Aroma Lavender

Banyak orang yang berpendapat bahwa aroma lilin terapi dapat membuat pikiran rileks dengn cepat saat berada di rumah. Namun ternyata seorang psikolog dari Wesleyan University menemukan fakta lain. Bila terlalu sering menghirup aroma ini pada siang hari maka akan berpotensi membuat anda mengantuk dan tidak bergairah untuk bergerak dengan cepat.

Terlebih lagi anda menggunakan lilin terapi yang beraroma lavender. Itu akan lebih mempercepat rasa lelah, untuk itu mulailah untuk menghindari penggunaan pewangi ruangan, sabun mandi, sabun pel, dan pengharum kamar mandi dengan aroma lavender. Alangkah lebih baiknya, memilih aroma lemon dari pada aroma lavender untuk jenis pewangi apapun di rumah anda agar tetap merasa fresh dan tidak mudah mengantuk.

Itulah 7 perabotan rumah tangga yang justru dapat memicu rasa lelah saat berada di rumah. Ada baiknya anda melakukan konsultasi mengenai tata ruangan kepada ahlinya agar rasa nyaman dapat diperoleh saat berada di rumah.
Tag : Info Unik
0 Komentar untuk "7 Perabotan Rumah Tangga Pemicu Rasa Lelah"

Back To Top