Lima Olahraga Ini Dipercaya Dapat Panjangkan Usia - Kumpulan Info Unik

Lima Olahraga Ini Dipercaya Dapat Panjangkan Usia

Usia seseorang memang sudah menjadi ketetapan Tuhan. Namun sudah selayaknya manusia menjaga kesehatan untuk menurunkan risiko serangan berbagai macam penyakit. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga. Kegiatan ini bermanfaat membakar lemak di dalam tubuh, yang menjadi penyebab timbulnya banyak penyakit sehingga dapat mempercepat kematian.

Bahkan beberapa olahraga dipercaya dapat memperpanjang usia seseorang. Tidak hanya spekulasi, namun hal ini dibuktikan dengan penelitian para ilmuan yang berhasil menemukan fakta tersebut. Beberapa diantaranya merupakan aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan. Namun karena banyak fasilitas yang mengutamakan kecepatan, membuat manusia memilih kemudahan tersebut dibanding melakukan kegiatan yang dapat mengeluarkan keringat. Lantas apa saja olahraga yang dapat memperpanjang usia? Berikut ulasannya.

1. Naik Turun Tangga

Naik dan turun tangga ternyata lebih baik dibanding naik lift atau eskalator. Berdasarkan hasil penelitian di Swiss pada 2008 lalu, kegiatan ini dapat menurunkan angka kematian hingga 15 persen dibanding mereka yang menggunakan lift atau eskalator. Ini artinya, naik turun tangga dengan jalan kaki memiliki dampak yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Nah apa masih mau mengeluh kalau ada lift mati dan harus menaiki tangga? 

2. Bersepeda

Kegiatan bersepeda biasanya dilakukan pada akhir pekan sebagai upaya berkumpul dengan keluarga. Ternyata, aktivitas yang biasa dilakukan satu minggu sekali ini juga bisa memperpanjang usia. Sebuah penelitian dari Copenhagen menyebutkan kalau bersepeda dengan cepat juga memiliki kesempatan hidup lima tahun lebih lama. Jika sudah tau manfaatnya, maka tidak ada salahnya ada pergi ke kantor dengan bersepeda bukan? Selain bisa menghindari stres karena macet panjang, bersepeda bisa membuat lebih cepat sampai ke kantor plus dan membuat usia anda lebih panjang.

3. Berenang

Berenang juga menjadi salah satu olahraga yang dapat memperpanjang usia.  Berdasarkan hasil penelitian, kegiatan berenang secara rutin mampu menurunkan risiko kesempatan meninggal sebesar 50 persen. Tidak hanya itu, jika dibandingkan dengan orang-orang yang memilih berlari dan jalan kaki sebagai olahraga mereka, perenang juga memiliki angka mati muda yang relatif rendah.

4. Jalan Cepat

Anda suka berjalan dengan lambat? Ada baiknya mulai sekarang anda mengubah kebiasaan tersebut. Pasalnya berdasarkan hasil penelitian pada tahun 2011, orang-orang yang berjalan dengan cepat memiliki usia yang lebih panjang. Namun menurut peneliti, jalan cepat ternyata lebih menunjukkan indikasi usia seseorang daripada memperpanjang umur. Sebab semakin cepat berjalan, semakin sehat seseorang.

Jadi keluar lalu jalan cepat tidak akan langsung memperpanjang usia, ungkap peneliti.Meskipun demikian, jika kebiasaan ini dilakukan secara rutin, tubuh pasti akan lebih terbiasa untuk berjalan cepat dan terasa lebih bugar.

5. Jalan Kaki

Berdasarkan hasil penelitian pada 2011 lalu, orang yang meluangkan waktu 15 menit sehari untuk berjalan kaki dapat memperpanjang usia hingga beberapa tahun. Selama ini, Banyak orang berpikir olahraga yang sehat harus dilakukan lebih dari 30 menit dan berkeringat setelah menjalaninya. Padahal olahraga sebentar saja dan tidak berkeringat juga tak kalah menyehatkan.

Namun semua aktivitas ini akan harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi pembaca setia. Terimakasih sudah membaca
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Lima Olahraga Ini Dipercaya Dapat Panjangkan Usia "

Back To Top