Lima Kebiasaan Pagi yang Tidak Baik untuk Tubuh - Kumpulan Info Unik

Lima Kebiasaan Pagi yang Tidak Baik untuk Tubuh

Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk mempersiapkan tubuh menjalani aktivitas seharian penuh. Idealnya waktu yang sedikit ini dimanfaatkan untuk melakukan berbagai kebiasaan menyehatkan agar memberi energi postif bagi tubuh. Awal hari memang menjadi  penentu seseorang untuk dapat sukses beraktivitas di jam berikutnya.

Namun waktu yang sedikit ini jarang dimanfaatkan dengan baik oleh sebagian orang. Justru terkadang tanpa disadari seseorang melakukan kebiasaan buruk yang bisa berdampak negatif untuk kesehatan tubuhnya. Kebiasaan buruk ini terus dilakukan dan membuat kualitas hidup menjadi menurun. Tidak hanya itu, hal ini juga bisa menyebabkan terjadi masalah kesehatan.

1. Mengecek email dan online messenger segera setelah bangun
Salah satu kebiasaan buruk yang dilakukan tanpa anda sadari adalah membuka email atau  online messenger  sesaat setelah terbangun. Selain bisa menyebabkan asik mengobrol, kebiasaan ini juga bisa mengganggu mood jika ada berita buruk yang diterima.

Menurut psikolog spesialis keseimbangan kerja dan kehidupan, Susan Bartell, PsyD, membalas email atau online messenger  saat baru bangun tidur jika berpotensi besar membuat kesalahan dalam membalas atau memberikan respon. Pasalnya ketika bangun tidur kondisi tubuh masih dalam keadaan mengantuk.

Sebaiknya membuka email atau online lainnya dilakukan ketika tubuh dalam kondisi segar. Menurut hasil studi University of British Columbia , orang yang menentukan kapan membuka email memiliki risiko stres lebih kecil, dibanding yang membuka email dan pesan-pesan lain di sembarang waktu. Pagi hari menjadi waktu yang penting untuk membangun mood yang baik sepanjang hari.  Itulah sebabnya mengapa menjaga mood pagi agar tetap baik sangat penting.

2. Menunda sesi olahraga
Biasanya keasikan tidur-tiduran atau menonton tv saat pagi membuat seseorang menunda olahraga dipagi hari. Hal ini merupakan cerita klasik yang sering terjadi sehingga seseorang tidak berolahraga. Padahal olahraga dipagi hari sangat penting untuk menunjang kebugaran tubuh seharian penuh. Pasalnya pagi hari inilah satu-satunya waktu yang tepat bagi anda untuk menggerakkan tubuh. Karena pada sore hari tubuh sudah lemah karena aktivitas bekerja seharian. Biasanya jika menunda olahraga pada pagi hari maka berkemungkinan besar tidak akan berolahraga sepanjang waktu. Kecuali bagi mereka yang telah memprogramkan diri dengan sungguh-sungguh agar tetap sehat.

3. Mandi dengan air hangat
Mandi air hangat menjadi salah satu pilihan untuk seseorang ketika menghadapi udara dingin dipagi hari. Air hangat ini juga menyebabkan tubuh menjadi lebih nyaman. Namun ternyata kebiasaan ini tidak baik jika dilakukan diwaktu pagi. Pasalnya kenyamanan karena hangatnya air mandi membuat tubuh menjadi rileks dan malas untuk bergerak.

Hal ini tentu akan berdampak buruk jika berada di kantor. Dimana anda harus menyelesaikan banyak pekerjaan sementara tubuh anda ingin tetap bermalas-malasan.  Sebaiknya mandilan dengan air dingin pada pagi hari.Selain menyegarkan, juga dapat mengaktifkan produksi hormon endorfin sehingga Anda jadi semangat beraktivitas.

"Air hangat juga akan mengirim sinyal ke pusat syaraf untuk mengatakan pada tubuh bahwa ini waktunya untuk beristirahat, sehingga detak jantung melambat dan Anda mengantuk lagi," jelas Jared Heathman, MD, seorang psikiater di Texas.

4. Sarapan sarat karbo
Kebiasaan lain yang buruk bagi kesehatan adalah menyantap sarapan yang sarat karbo. Sayangnya makanan jenis ini justru banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia untuk sarapan. Misalnya saja Nasi uduk, lontong sayur, roti tawar putih dengan selai. Meskipun tetap mengandung sayuran dan protein namun jumlahnya masih sedikit dan tidak memadai untuk tubuh. Riset mengatakan, sarapan dominan karbo dapat membuat Anda cenderung mengonsumsi junk food sepanjang hari.

Menurut penasehat nutrisi Men's Health, Alan Aragon, sebaiknya pagi hari makan sarapan yang kaya protein sebagai sumber energi dan serat yang akan menjaga Anda kenyang lebih lama. Misalnya roti gandung dan selai kacang rendah gula, atau  mencoba sepiring tumis kacang panjang sehat yang  ditambah irisan satu atau dua butir telur rebus.  Ini akan membuat anda kenyang lebih lama.

5. Menyikat gigi sesudah makan
Ternyata menggosok gigi setelah makan tidak baik untuk kesehatan. Terutama saat setelah makan buah atau minum kopi pagi hari. Hal ini bisa menyebabkan gula yang tersisa di mulut naik ke permukaan gigi. Menurut pemilik klinik dokter gigi Tischler Dental di Woodstock, New York, Michael Tischler, DDS, kegiatan ini justru menyebabkan risiko gigi berlubang semakin besar.  Pada akhirnya bisa menyebabkan sakit gigi yang berkepanjangan.

Menyikat gigi sebaiknya dilakukan 30-60 menit sebelum makan atau minum. Berdasarkan hasil penelitian,  orang yang menyikat gigi 30-60 menit sesudah minum kopi atau makan makanan manis, lebih rendah risikonya untuk kehilangan enamel gigi dibanding yang menyikat gigi 20 menit setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang sama. Semoga informasi ini menambah pengetahuan kita dan terimakasih sudah membaca.
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Lima Kebiasaan Pagi yang Tidak Baik untuk Tubuh"

Back To Top