Enam Jenis Rempah yang Bisa Dijadikan Obat Pertolongan Pertama - Kumpulan Info Unik

Enam Jenis Rempah yang Bisa Dijadikan Obat Pertolongan Pertama

Rempah-rempah merupakan bahan yang sering digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan. Biasanya bahan ini berasal dari biji, akar, daun, bunga, kuncup, kulit atau pun buah suatu tanaman. Ternyata selain sebagai penyedap rasa alami, rempah-rempah juga dapat digunakan sebagai obat pertolongan pertama.

Sayangnya hal ini jarang diketahui sehingga tidak pernah digunakan untuk obat. Masyarakat cenderung untuk langsung ke dokter jika menderita suatu penyakit. Padahal beberapa rempah di dapurnya bisa digunakan untuk menyembuhkan jenis penyakit tertentu. Berikut ini enam jenis rempah yang dapat dijadikan sebagai obat pertolongan pertama pada suatu penyakit.

1. Jahe

Tumbuhan rumpun berbatang semu ini ternyata tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai penyedap masakan saja. Sebuah penelitian yang dilakukan di California State University menemukan fakta bahwa  tumbuhan jahe   mampu membantu menenangkan rasa sakit ketika kita mengalami sakit gigi.

Selain itu juga, jahe juga dapat mengurangi rasa mual dan muntah, mulai dari saat hamil hingga sakit akibat ketinggian. Caranya cukup mudah, hanya perlu merebus jahe ini dan meminum airnya ketika masih hangat.

2. Kunyit

Kunyit berasal dari suku yang sama dengan jahe. Tumbuhan yang berwarna kuning ini selain dapat dijadikan sebagai pewarna makanan alami juga dapat dijadikan sebagai obat pertolongan pertama. Kunyit mempunyai manfaat bagi kesehatan di antaranya sebagai obat anti gatal, anti kejang serta dapat mengurangi pembengkakak selaput lendir mulut serta terkilir.

Tidak hanya itu, khasiat kunyit untuk kesehatan ternyata juga dapat mengatasi diabetes melitus (DM), usus buntu, disentri, tifus, memperlancar ASI, menstruasi yang tidak lancar, perut mulai ketika haid, amandel dan lain sebagainya.

3. Kencur

Khasiat kencur di dunia kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Tumbuhan yang satu ini merupakan salah satu rempah yang sudah terkenal sejak zaman dahulu. Kencur sering digunakan sebagai obat sakit tenggorokan. Selain itu, tumbuhan yang satu ini juga dapat dijadikan sebagai obat lambung. Caranya cukup mudah, hanya perlu menumbuk ataupun mengunyah tumbuhan ini.

Selain itu, kencur juga dipercaya dapat menjadi obat penghilang rasa capek setelah beraktivitas. Rempah ini juga dapat dijadikan penambah nafsu makan, infeksi bakteri, obat batuk, disenteri, tonikum, ekspekatoran, masuk angin serta sakit perut.

4. Ketumbar

Ketumbar dikenal sebagai bumbu makana yang dapat memberikan rasa sedap pada masakan. Namun, tidak hanya itu saja tumbuhan yang dimanfaatkan bijinya ini ternyata mempunyai banyak khasiat untuk pertolongan pertama. Ketumbar dikenal karena mempunyai sifat anti-spasmodik yang bermanfaat untuk mengatasi diare. Selain itu, rempah yang satu ini juga dapat dijadikan sebagai obat sembelit, sakit pencernaan, dan gangguan pencernaan pada umumnya. Untuk anda yang suka mengalami insomnia atau kesulitan tidur juga bisa menjadikan ramuan ketumbar sebagai solusinya.

5. Cengkeh 


Tumbuhan yang menjadi rempah incaran Belanda ini ternyata mempunyai manfaat yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi. Cengkeh mengandung eugonol yakni senyawa yang banyak digunakan sebagai obat bius analgesik dan lokal terutama dalam kedokteran gigi. Untuk yang sedang mengalami sakit gigi, dapat mengunyah cengkeh selama setengah jam untuk mengurangi nyeri. Selain cengkehnya, olahan minyak cengkeh juga memiliki manfaat yang sama. Cukup mencelupkan bola kapas dalam minyak tersebut dan letakkan pada gigi yang sakit.

6. Kayu Manis

Kayu manis tidak hanya bermanfaat untuk bumbu masakan saja. Namun, ternyata rempah yang satu ini juga dapat digunakan untuk mengatasi infeksi kandung kemih, menurunkan kolesterol, mengatasi demam, mengatasi luka pada perut, batuk kronis, sinus, meredakan perut kembung, menurunkan berat badan, mengatasi kanker, bau mulut, serta berbagai khasiat lainnya.

Nah, ternyata keenam jenis rempah di atas dapat dijadikan sebagai obat pertolongan pertama. Selain itu, bisa juga digunakan untuk mengobati berbagai penyakit pada tubuh lainnya. Akan tetapi, bukan berarti penggunaan dari rempah atau pun olahannya secara serta merta tanpa terlebih dahulu dibicarakan dengan dokter. Penggunaan rempah-rempah ini alangkah lebih baik apabila digunakan sebagai penunjang kesembuhan namun harus tetap berdasarkan arahan dari dokter yang ahli di bidangnya.
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Enam Jenis Rempah yang Bisa Dijadikan Obat Pertolongan Pertama"

Back To Top