Empat Keutamaan Melaksanakan Ibadah Qurban - Kumpulan Info Unik

Empat Keutamaan Melaksanakan Ibadah Qurban

Qurban atau Udh-hiyah merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT dengan cara menyembelih hewan ternak pada  pada hari raya Idul Adha. Hukum melaksanakan ibadah ini adalah sunnah muakkad atau yang amat dianjurkan. Tujuan terpenting dalam berqurban adalah mendekatkan diri kepada Allah, bukan semata-mata nilai hewan ternak yang di qurbankan.

Banyak diantara umat muslim yang berkecukupan tidak mampu menyisihkan harta untuk berqurban. Namun disisi lain, beberapa orang muslim yang hidup serba kekurangan justru menabung sedikit demi sedikit demi bisa menunaikan ibadah ini. Jadi berqurban bukanlah semata-mata permasalahan mampu atau tidak, akan tetapi tentang mau atau tidak.

Padahal banyak keutamaan yang bisa didapatkan ketika melaksanakan ibadah ini. Bahkan menurut mayoritas ulama, berqurban lebih utama dibanding sedekah yang nilainya setara dengan dengan harga hewan qurban. Dalam sebuah hadistnya Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa ibadah ini merupakan amalan yang paling dicintai Allah pada hari Nahr atau Idul Adha. Masih ada keutamaan lain yang akan didapatkan seorang hamba jika menunaikan ibadah ini. Berikut ini empat keutamaan beribadah qurban

1. Menambah Keimanan Terhadap Allah SWT
Keutamaan melaksanakan ibadah qurban adalah menambah keimanan kita kepada Allah SWT. Ibadah ini merupakan salah satu perintah Allah, jika kita melaksanakannya artinya ada ketaatan yang telah kita jalankan demi mengharapkan ridha-Nya. Salah satu dalil yang memerintahkan untuk melaksanakan ibadah ini  adalah Qur’an Surah Al Kautsar: 2 yang artinya

“Dirikanlah shalat dan berqurbanlah (an nahr).”  (Q.S Al-Kautsar: 2)

Bukankah keimanan merupakan tujuan hakiki dari hidup manusia di dunia yang hanya sementara ini. Hal ini juga dilakukan Nabi Ibrahim AS ketika diperintahkan Allah SWT untuk menyembelih putra kesayangannya Nabi Ismail AS. Sebagai bentuk keimanan, beliau rela menyembelih putranya tersebut. Inilah bentuk pengorbanan terbesar yang dilakukan Nabi Ibrahim demi mendapatkan keimanan tertinggi di sisi Allah. Namun Allah menggantinya dengan hewan ternak.

Jika Allah SWT dalam Al-Quran hanya memerintahkan umat Islam menyembelih hewan ternak dan bukan anak kita, bukankah itu juga sama setaranya ketika Dia memerintahkan Ibrahim AS untuk mengorbankan Ismail?

2. Allah akan Menambah Nikmat yang Lebih
Ibadah Qurban merupakan wujud dari kesyukuran kita kepada Allah SWT karena sudah diberikan rezeki lebih. Sebagai balasannya, Allah akan menambahkan nikmat yang lebih dari seekor hewan ternak yang sudah kita qurbankan.

Bukankah sudah menjadi janji Allah bahwa seseorang yang bersyukur akan ditambahkan lagi rezekinya. Seperti Quran Surah Ibrahim: 7 yang artinya.

”Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah nikmat kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku),maka pasti azab-Ku sangat berat.”(QS.ibrahim [14]: 7).

Jadi tidak perlu takut uang habis jika melakukan ibadah di jalan Allah. Sebaliknya Allah akan mengganti berkali-kali lipat bagi mereka yang berkurban dengan penuh keimanan dan keikhlasan.

3. Mendapatkan Pahala yang Berlimpah
Dengan berqurban berarti kita sudah menjalankan salah satu perintah Allah dan ajaran Nabi Muhammad SAW. Disamping itu, menyembelih qurban lebih menampakkan syi’ar islam dan lebih sesuai dengan sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Hal ini tentu akan dibalas dengan pahala yang berlimpah dari Allah. Hari pelaksanaannya juga sangat istimewa yakni bertepatan dengan ibadah haji. Pahala ini akan menjadi bekal untuk kita diakhirat kelak saat hari perhitungan.

4. Mengajarkan Indahnya Berbagi
Daging ternak yang kita qurban kan nantinya akan dibagi-bagikan kepada orang yang membutuhkan. Seperti diketahui bahwa harga daging dari dulu memang selalu lebih mahal dibanding dengan harga makanan lain. Sehingga pada hari biasa hanya orang tertentu saja bisa menikmati olahan makanan ini. Namun ketika datang hari raya qurban, maka semua golonga bisa menikmati makanan dari daging sapi, kambing, kerbau atau domba yang kita qurbankan.

Perasaan bahagia tentu akan menyelimuti diri kita saat bisa membagi kebahagiaan kepada mereka yang membutuhkan. Secara psikologis, perasaan bahagia bisa menyebabkan seseorang menjadi lebih sehat. Inilah salah satu keutamaan qurban, seseorang bisa merasakan nikmatnya bisa berbagi dengan orang lain.

Masih banyak waktu untuk bisa berqurban tahun ini. Semoga menjeleng hari raya Idul Adha, Allah SWT senantiasa melimpahkan rezekinya agar kita bisa menyisihkan untuk berqurban. Sehingga kita bisa merasakan keutamaan yang dijanjikan Allah SWT dengan berqurban. Semoga informasi ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.
Tag : Islam
2 Komentar untuk "Empat Keutamaan Melaksanakan Ibadah Qurban"

sungguh info yg bermanfaat. makin semangat buat qurban, makasih ...blog nya kereeen bangaet sangat bermanfaat. udah bnyak orang yg bertambah ilmu dari blog ini. insyaalloh manfaat dunia akhirat , fahala yg trus mengalir juga buat yg ngasih ilmunya

Global Qurban bisa anda coba lihat merupakan lembaga yang menyediakan jual hewan qurban beserta membantu pelaksanaan dan pembagian qurban ke lokasi lokasi masyarakat dhuafa

Back To Top