Benarkah Tinggi Nabi Adam AS Mencapai 30 Meter? - Kumpulan Info Unik

Benarkah Tinggi Nabi Adam AS Mencapai 30 Meter?

Nabi Adam AS adalah manusia pertama yang diciptakan untuk menjadi pemimpin di bumi. Ia dikeluarkan dari surga bersama Siti Hawa karena melanggar perintah Allah SWT untuk tidak memakan buah khuldi. Akhirnya keduanya diturunkan ke dunia untuk menjalani kehidupan seperti biasa, dan melahirkan keturunan. Sebagai manusia pertama, sosok Nabi Adam tentu sangat membuat penasaran manusia yang ada sekarang.

Namun tidak banyak literatur tentang gambaran sosok makhuk yang sudah membuat iri golongan malaikat dan iblis ini. Hanya sedikit fakta tentang bagaimana gambaran suami dari Siti Hawa tersebut. Salah satunya tentang tinggi badannya yang mencapai 60  hasta, setara dengan 90 kaki atau sekitar 30 meter. Hal ini tentu sangat berbeda jika dibandingkan dengan tinggi manusia saat ini yang rata-rata hanya 1,5 meter.

Tinggi Nabi Adam dijelaskan Nabi Muhammad SAW dalam hadist shahih riwayat Al-Bukhari. Nabi kala itu menjelaskan siapa saja golongan yang akan masuk ke surga. Dalam hadist ini Nabi mengungkapkan tentang Nabi Adam yang memiliki tinggi 60 hasta sehingga terlihat seperti menjulang ke langit.

“Sesungguhnya rombongan pertama yang masuk surga seperti rembulan yang bersinar di malam purnama, kemudian rombongan berikutnya seperti bintang yang paling terang di langit, mereka tidak buang air kecil, tidak buang air besar, tidak membuang ludah, tidak beringus….istri-istri mereka adalah para bidadari, mereka semua dalam satu perangai, rupa mereka semua seperti rupa ayah mereka Nabi Adam, yang tingginya 60 hasta menjulang ke langit” (HR Al-Bukhari)

Selain penjelasan di atas, dari Abu Hurairah RA, Nabi SAW bersabda bahwa Allah SWT menciptakan Nabi Adam dengan 60 hasta. Sabda Rasulullah SAW tersebut memiliki arti sebagai berikut.

“Allah telah menjadikan Adam dengan ketinggian 60 hasta kemudian (Allah) berfirman: Pergilah dan memberi salamlah kepada para malaikat itu, dan dengarkanlah mereka memberi hormat kepada engkau. Itulah kehormatan engkau dan keturunan engkau, lalu (Adam) mengucapkan: Assalamu ‘alaikum, maka (para malaikat) mengucapkan assalamu alaika wa rahmatullah, (para malaikat) menambahkan: warahmatullah, maka setiap orang yang masuk surga serupa dengan Adam (dalam hal perawakan/postur dan gambaran), dan manusia itu senantiasa bertambah kecil sampai sekarang”. (HR Al-Bukhari).

Manusia tertinggi di dunia yang tercatat dalam Guinness Book of Record  bernama Sultan Kösen, asal Turki dengan tinggi mencapai 2,465 meter. Sementara tinggi manusia dewasa pada umumnya hanya mencapai 1,5 meter. Hal ini tentu sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan tinggi Nabi Adam yang mencapai 20 kali lipat tinggi manusia saat ini.

Hal ini diperkuat dengan penelitian biologist dari dari Hebrew University, Dr. Shlomi Lesser. Dalam jurnal yang berjudul Ha-Mada Ha-Yisraeli B’Angleet V’Ivreet, Dr. Shlomi menyatakan, jika tinggi manusia rata-rata seperti saat ini, maka tinggi leluhur manusia dahulu seharusnya 90 kaki.

Pasalnya manusia mengalami penyusutan ukuran badan yang disebut dengan genetic bottleneck. Seandainya tidak ada terobosan di bidang gizi pada abad ke 17 dan 18, niscaya manusia yang ada sekarang lebih pendek lagi dari tinggi rata-rata sekarang ini.

Semoga informasi ini menambah pengetahuan baru bagi anda. Terimakasih sudah membaca
Tag : Islam
52 Komentar untuk "Benarkah Tinggi Nabi Adam AS Mencapai 30 Meter? "


سُبْحَانَ اللّهُ

Bayangkan aja klo nabi adam as cuma 2 meter kita yg skrng mgkin kaya kutu

Andaikan tinggi kita seperti nabi adam gimana ukuran rumah dan gadgetnya ya...

Ya disesuaikan aja dgn skala yg sama

Allah maha tahu jika kita masih 30 meter maka bumi akan gompal/bopaka

Kebanyakan Nonton Sinetron & Mengkhayal inilah jadinya suka buat karangan cerita mengada-ngada, besok-besok jadi strudaranya saja biar ada sinetronnya di TV swasta ditunggu ya ha.....................ha..........................ha............

Nanti juga pas di akherat selepasnya tinggi manusia rata seperti bapaknya manusia Nabi Adam A.S. Semakin banyak populasi gen semakin berubah seperti halnya beras yang awalnya panen 2x setahun sekarang bisa 4x setahun.

Allah Maha Adil. Postur Nabi Adam AS disesuaikan dg kondisi saat itu. Bayangkan kl posturnya spt kita sekarang sementara binatangnya besar2 spt dinosaurus.

klo tingginya 30 m berarti klo megang android yang ukurannya selebar bioskop kali ye

masuk akal...dulu ada dinosaurus,,ada fosilnya...kalo manusia ukurannya seperti sekarang, habis dimakan dinosaurus...manusia akan punah lebih dulu dibanding dinosaurusnya..

Sungguh anda telah menolak bukti nyata kebesaran Allah SWT

Hanya orang2 yg tak berimanlah yg berkomentar seperti Anda.

Bumi sesek mas...

Agama situ apa?kl muslim brarti anonim menolak bukti allah
Tp kl situ non muslim g usah komen cak....

Kagum dengan ciptaan Tuhan . . semuanta indah . .

BOHONG! yang jadi buktinya dari Hebrew University ... ini kan universitas Yahudi

Ini pembodohan masal. Bukti dalilnya berasal dari hebrew university, ini kan universitasnya tapir si wahyudi

Mas Bro Sudah ada Dalil Sahih Dan Firman Allah SWT.. Sblum Hebrew melakukan penelitian Hadits dan Firman sudah ada.. Makanya baca dulu baru koment coeg...

Mas Bro Sudah ada Dalil Sahih Dan Firman Allah SWT.. Sblum Hebrew melakukan penelitian Hadits dan Firman sudah ada.. Makanya baca dulu baru koment coeg...

Lihat aja makam Nabi Adam, panjangnya lebih dari 30 meter

Lihat aja makamnya Nabi Adam, panjangnya lebih dari 30 meter

Adam hidup pada era 17rb tahun yl sedangkan dinosaurus hidup pada era 60jt tahun yl, jd keduanya ga pernah bertemu. Adam hidup memulai era manusia modern di bumi.

dimana makam nabi adam cak...
mau liat lah saya

Kebanyakan nonton jurassic park..bawa2 dinosaurus sgala..

manusia kan semakin lama semakin banyak. kalau manusia tidak menyusut tentu bumi tidak akan muat.

Udh mas ga ush di komentarin.. ini org cuma ga seneng dgn hadist & firman Allah swt yg nyata, benar & meyakinkan

Nnti kita akan mengetahuinya kelak, spekulasi sih syah" aja selama tidak lari dari dalil sahih, hadist & firman. Pro n kontra pastinx akan bermunculan. Yg pasti pemikiran" kyk gini perlu di pertahankan untuk menambah ilmu pengetahuan dan kadar keimanan kita pada Maha Pencipta.

anonim tdk beragama dasar bego lu

Heh anjing anonim..binatang lue..dasar kafir..tnggu diakhirat nnti hbis loe di azab..kfir sialan

mana bukti makam nya? haha.. tipu-tipu aja. kalo kalian tau tinggi nabi kalian, berarti kalian pernah bertemu dong dgn nabi kalian? brarti nabi kalian manusia dong bukan Tuhan? hahaha

Untuk @Anonim
1.Pertama Nabi itu manusia bukan tuhan.
2.Quran itu sudah ada sejak 14 abad yang lalu,
3.Cukup bagi kami (muslim) bahwa quran adalah bukti nyata. Kami yakin firman yang maha kuasa adalah benar.
Baca sejarah saja,
Klau ingin serius tau tanyalah kpda Ahlinya jgn berdebat dgn orng orng yg sedang belajar.

@anonim,
Nabi kan memang manusia, yang bilang Tuhan siapa?

Anonim bego nabi adam emang bukan tuhan dia itu manusia,klo mau liat makamnya liat di google ada kok,orng emng udh di ceritakan dalam hadist n al quran!

Udah diem tu makhluk kafir...mungkin baru sadar di sesat speerti kaumnya yg tidak beriman.

Udah diem tu makhluk kafir...mungkin baru sadar di sesat speerti kaumnya yg tidak beriman.

emang tau sendiri dinosaurus hidup 60 juta tahun yg lalu? baru baca buku karangan manusia biasa aja udah kayak ngerti semua nya ckckck...

perdebatan gak akan ada habisnya, maka dari itu mendingan kita baca al quran dan hadist beserta artinya? ok para muslimin wal muslimat!!!!!

Makam Nabi Adam? weleh weleh cuk.... mosok gak bisa bedain fakta ma hoak, be smart-lah. Sains bukan sesuatu yang haram kok... Sumbangan Islam untuk sains luar biasa lho... mari membaca kitab suci dengan bijak dan smart

Dari artikel artikel dan berita yang saya cari di internet, memang tidak ada bukti dan kepastian mengenai makan nabi Adam as. Gambar makam berukuran raksasa di internet juga masih banyak perdebatan apa benar makam itu adalah makam nabi Adam. Jika benar, seharusnya lebih besar. Namun jika kita pakai logika, makam nabi Adam akan sangat susah untuk ditemukan, bahkan mustahil. Jika manusia yang tingginya kurang dari 2 meter dibuatkan lubang sedalam 120 cm, maka jika kita aplikasikan kepada tubuh nabi Adam, jasadnya akan berada sekitar 15 meter lebih di bawah permukaan tanah. Sangat dalam untuk dideteksi. Ditambah ketika zaman nabi Nuh terdapat banjir besar yang mungkin telah menghilangkan jejak dan makamnya akan semakin tenggelam dari permukaan tanah. Wallahu A'lam.

Jika Nabi Adam Alaihissalam Setinggi itu Maknanya....Nabi Adam Neutral dengan dainosourus bahkan membelanya lagi!!!!!!!!Subahanallah

Back To Top