Beginilah Gambaran Ketampanan Nabi Yusuf - Kumpulan Info Unik

Beginilah Gambaran Ketampanan Nabi Yusuf

Nabi Yusuf alaihissalam digambarkan sebagai sosok Nabi yang paling tampan. Menurut ulama, Nabi Yusuf secara khusus memiliki setengah ketampanan semua manusia. Sementara setengah ketampanan sisanya, terbagi pada semua manusia lainnya. Ketampanannya juga disebut menjadi penyebab dirinya di penjara oleh pemerintah Mesir.

Para petinggi negeri tersebut tidak mampu menahan kendali para istrinya yang begitu jatuh hati kepada Yusuf. Mereka menganggap Yusuf bukan manusia biasa, melainkan jelmaan Malaikat. Bahkan istri perdana menteri Mesir kala itu, Zulaikah, begitu tergila-gila kepadanya dan mencoba merayunya. Sehingga untuk meredam hal itu, mereka memenjarakan anak dari Nabi Yakub tersebut hingga bertahun-tahun.

Bagaimana sebenarnya ketampanan Nabi Yusuf sehingga Ia begitu menimbulkan huru-hara di kalangan wanita? Hal ini tentu menimbulkan banyak pertanyaan manusia saat ini tentang sosoknya yang dinilai paling tampan. Beberapa ayat Al-Qur’an dan hadist memberikan gambaran tentang bagaimana ketampanan Nabi Yusuf.

Zulaikah yang begitu tergila-gila dengan Nabi Yusuf kemudian disalahkan oleh para wanita karena mencintai pria yang bukan suaminya. Ia lantas mengundang para wanita tersebut ke rumahnya untuk dijamu  buah-buahan lengkap dengan pisau untuk mengupasnya.

Setelah itu, Nabi Yusuf diminta untuk berjalan ditengah-tengah para wanita yang tengah mengupas buah tersebut. Alhasil mereka bukan mengupas buah, namun tidak sadar melukai tangannya karena terpesona dengan ketampanan nabi ini.  Hal ini dijelaskan dalam Al-qur’an surat Yusuf: 31 yang artinya:

“Tatkala wanita-wanita itu melihatnya, mereka kagum dengan keelokan wajahnya, dan mereka melukai (jari) tangannya dan berkata: “Maha sempurna Allah, ini bukanlah manusia. Sesungguhnya ini tidak lain hanyalah malaikat yang mulia.” (QS. Yusuf: 31).

Inilah yang kemudian membuatnya dipenjara oleh pemerintah Mesir. Psalnya  berita itu telah menjadi perbincangan dan pemerintah merasa kewibawaannnya dipertaruhkan. Akhirnya pemerintah menangkap Nabi Yusuf as dan memasukkannya ke dalam penjara.

Nabi Muhammad SAW juga menggambarkan bagaimana ketampanan Nabi Yusuf. Hal ini terjadi saat baginda Rasulullah dijemput malaikat Jibril saat melaksanakan Isra’Mi’raj untuk menjemput perintah shalat. Saat itu Rasulullah bertemu dengan Nabi Yusuf AS saat berada di langit ketiga.  Komentar Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika ketemu beliau,

Di sana saya bertemu Yusuf  alaihis shalatu was salam, ternyata beliau diberi setengah ketampanan. (HR. Muslim 429).

Ibnul Qoyim menjelaskan makna hadis, bahwa dapat dipahami dari hadis bahwa Yusuf ‘alaihis salam secara khusus memiliki setengah ketampanan semua manusia. Sementara setengah setampanan sisanya terbagi pada semua manusia lainnya. (Badai al-Fawaid, 3/723)

Nabi Yusuf as (sekitar 1745-1635) adalah Nabi yang diutus setelah Nabi Ya’qub as. Beliau  adalah anak ke tujuh dari dua belas putera puteri Nabi Ya’qub as. Nabi Yusuf as merupakan cucu dari Nabi Ishaq as.

Kehidupan Nabi Yusuf as diwarnai oleh suka dan duka. Banyak orang jahat yang berada di sekelilingnya bahkan saudaranya sendiri. Mereka berencana untuk membunuh Nabi Yusuf karena perasaan iri. Rencana tersebut mereka lakukan ketika Nabi Yusuf as masih kecil, saudara-saudara Nabi Yusuf memasukkannya ke dalam sebuah sumur.

Namun, nasib baik masih menghampiri NabiYusuf as. Setelah ia ditemukan oleh seseorang dan mengeluarkannya dari sumur dan menjualnya ke pasar. Nabi Yusuf dibeli dengan harga yang sangat murah kala itu. Cobaan lain di hadapi ketika harus menghindari rayuan dari Zulaikah yang merupakan isteri seorang pria yang mempunyai jabatan penting kala itu. Fitnah yang dilancarkan Zulaikah membuatnya harus mendekam di dalam penjara.

Ketika di penjara, beliau mampu mentakwilkan mimpi sang raja yang membuatnya berhasil dibebaskan. Bahakan setelah keluar dari penjara, dirinya justru menjadi menteri dari raja yang pertama.

Setelah beberapa waktu, akhirnya Nabi Yusuf as dapat bertemu kembali dengan seluruh keluarganya, termasik dengan ayahnya. Kemudian, Ia memulai aktivitas dakwahnya di jalan Allah Yang Maha Esa dari panggung kekuasaan. Ia melaksanakan rencana Allah dan menunaikan perintah-Nya.

Itulah sekilas mengenai Biografi Nabi Yusuf as yang memiliki ketampanan yang tidak dimiliki manusia saat ini.  Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan pembaca mengenai cerita dan biografi para Nabi. Terimakasih telah membaca.
Tag : Biografi, Islam
13 Komentar untuk "Beginilah Gambaran Ketampanan Nabi Yusuf"

Hati-hati mbak kalau menulis artikel. Sebagai seorang blogger, saya katakan bahwa Anda adalah blogger pemula.

Salah satu ciri khas blogger profesional adalah tahu apa yang ditulisnya. Dan jelas, artikel ini salah!

Ibnu Qoyim menjelaskan bahwa ketampanan Nabi Yusuf adalah setengah dari ketampanan Nabi Muhammad.

Sedangkan, ketampanan Nabi Muhammad SAW adalah setengah dari seluruh penduduk manusia yang ada di dunia.

Dengan persentase sebagai berikut...
1. 50% ketampanan mutlak untuk Nabi Muhammad.
2. Kegantengan Nabi Yusuf As adalah sebagain dari ketampanan Nabi Muhammad
3. 50% sisa kelebihan tersebut adalah untuk saya, untuk Anda, kehidupan, tumbuhan, dan makhluk hidup lainnya.

Istilah ini dikenal dengan keistimewaan dunia. Semoga apa yang saya katakan ini benar dimata Allah...

saya kurang setuju dgn pendapat kalian yg mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW dan Nabi yusuf AS sbg manusia yg paling tampan. Menurut saya pribadi, semua nabi dan rasul memiliki wajah yg rupawan dan suara yg merdu, tpi jika yg tertampan menurut saya adalah Nabi Adam As, karena beliau di ciptakan langsung oleh Allah Swt dgn tangannya sendiri, dan Allah membentuknya sendiri dgn bentuk yg paling sempurna. Tetapi terlepas dari itu semua, keindahan rupa tdk menjadi tolak ukur sbg manusia yg mulia, tpi yg paling penting adalah akhlak yg mulia, karena Allah tdk melihat dari rupa kita, melainkan hati kita. Jadi syukurilah pemberian Allah.

Iya mungkin yang dimaksud ketampanan nabi yusuf blm tentu fisiknya,
Tapi hati nya atau something we never know

wah.. komentar anda begitu sarkasme ya.. bukan masalah jika Anda berbeda pendapat. yang jadi masalah adalah cara penyampaian anda serta keterangan Anda yang tidak mencantumkan dalil.. masih lebih baik si penulis dia mencantumkan landasan dari Ibnul Qoyim menjelaskan makna hadis (Badai al-Fawaid, 3/723). Terimakasih

Koment nya pada bener smua.mgkin akan lbih baik nya nggk usah di lanjutin lagi krn takut nanti kslahpahaman tentang ketampanan dari seorang nabi dan Rasul.yg jelas.. Kebenaran itu hanya Milik Allah semata.jadi. nggak usah terlalu difikirkan siapa yg paling Tampan.alqu'an dan hadist kan sudah ada.. Tinggal baca dan fahami aja.biar nggk ada perbedaan pendapat lgi. Islam itu bukan untuk di perdebatkan tapi diimani.

Apa pun yang ku dapat baik dari bentuk tulisan "buku"maupun dari kata orang bahwa nabi yusuf as.adalah orang tertampan di dunia sepanjang masa,ketampanannya bahkan setengahnya dari seluruh umat manusia,Nah pertanyaannya adalah jika nabi yusuf as.manusia tertampan di dunia,dan separuhnya dari semua manusia,bagaimanakah bentuk wajahnya yang sebenarnya,apakah seperti berbie atau yang lainnya kita tidak tahu,yang pasti berita tentang ketampanan nabi yusuf adalah hanya pemberian allah dan itupun hanya sementara karena kesempurnaan hanya milik allah dan kesalahan hanya milik kita sesama.

yg digambar kan bukan ketampanan tapi keimanan.. biar pun tampan tapi tidak cantik ke imanan tiada guna di mata ALLAH .. jgn kerana hal ini kita bercanggah pendapat.. terima kasih

Udah tercatat Di dalam Al - quran kalo Nabi Yusuf yg paling Tampan Bukan Nabi Adam / Nabi Muhammad,, Liat tekhnologi Zaman sekarang Aja,, Yg Paling Keren & Canggih bahkan Palinv Bagus Bukan Karya Yg Pertama tapi pengembangan Dari karya tersebut, Sperti Speda Motor Dulu dg Yg sekarang Coba Gantengan Mana,,?

Semua nabi adalah manusia yang paling tampan dan sempurna pada zamannya berbanding manusia biasa.saya pernah mendengar ceramah seorang ustaz,antara nabi yusuf dan nabi muhamad siapa yang lebih tampan..?ustaz beritahu,nabi muhamad lebih tampan dari sesiapa manusia yang pernah ada cuma allah simpan separuh dari ketampanan nabi muhamad kerana kalau allah berikan separuh lagi maka manusia lain akan jadi gila bila terpandang wajah nabi muhamad.sebab itu nabi muhamad layak jadi kekasih allah..wallahuaklam

Assalamu 'alaikum wa rohmatullah
saudaraku seiman setanah air
singkat kata, begitu gamblang Allah berfirman tentang Nabi-Nya (yusuf) untuk menjadi pelajaran bagi kita. Ketabahan sang ayah (Nabi Ya'kub), kesabaran sang anak kesayangan (Nabi Yusuf). begitu tebal keimanan beliau berdua. semoga Allah SWT. menjadikan kita termasuk orang-orang yang sholeh. Aamiin

Assalamu'alaikum rohmatullah saudara2, klo yg paling tampang itu benar karena alquran yg bicara,, selepas dari nabi2 lain seperti nabi mngkn karakter ketampanannya berbeda seperti nabi muhammada yg digambarkan oleh bbrp hadist. Sprti jaman skrng ada yg ganteng macho. Gagah, tampan, maskulin, dll jd sprtinya gak ada masalah buat saya untuk mengimanni nya!

Bagi saya setiap Kitab ianya tidak ada beda. Setiap syarat agama ia adalah mutlak..amin

Back To Top