Misteri Brigadoon, Kota yang Muncul Sehari dalam 100 Tahun - Kumpulan Info Unik

Misteri Brigadoon, Kota yang Muncul Sehari dalam 100 Tahun

Setiap negara memiliki cerita rakyat yang berkembang dari masa ke masa. Kisahnya menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat lokal maupun mancanegara. Terkadang legenda yang berkembang  justru menjadi ikon suatu bangsa. Seperti legenda Kota Brigadoon dari negara Skotlandia berikut ini.

Desa ini dikenal luas masyarakat karena kehadirannya yang misterius.  Konon Kota Brigadoon hanya muncul 100 tahun sekali, itu pun dalam waktu singkat yakni satu hari. Manurut masyarakat di sana, kota kecil ini terletak di dataran tinggi Bonny Scotland yang selalu tertutup kabut tebal setiap hari.

Dalam kisah yang berkembang, diceritakan bahwa pada tahun 1754 kota Brigadoon tiba-tiba menghilang secara misterius tanpa sebab. Setelah 100 tahun, Brigadoon kembali muncul layaknya satu abad silam, namun anehnya penduduknya hanya bertambah usia satu hari saja. Itu berarti  100 tahun perhitungan waktu normal, sama dengan satu hari menurut waktu Brigadoon.

Masyarakat di sana percaya legenda ini bukan isapan jempol belaka. Konon ada kawanan penggembala yang berhasil melihat kota misterius tersebut. Saat mencari makanan untuk ternak di dataran tinggi Skotlandia, para penggembala ini tiba-tiba merasakan suasana berubah menjadi terang dan sinar matahari masuk ke wilayah yang biasanya tertutup kabut itu.

Di salah satu sisi lembah, para penggembala melihat kota yang indah dengan jalan-jalan serta bangunan seperti dalam lukisan.  Mereka akhirnya pulang ke desa mereka dan memberi tahu warga. Sayang, Ketika warga desa berlari mengikuti penggembala tersebut, kabut sudah keburu datang dan kembali menelan Brigadoon.

Kedatangan kota misterius ini memang selalu ditunggu-tunggu. Konon siapa pun yang beruntung bisa memasukinya pada hari kemunculannya akan merasa begitu gembira, seolah masuk ke taman surga.

Fenomena ini dipandang masyarakat setempat sebagai sebuah berkah dan bukan kutukan. Misteri  Brigadoon dipercaya sebagai perjanjian antara manusia dengan Tuhan untuk melindungi kota ini dari pengaruh buruk dunia luar.

Namun seiring waktu berjalan, kota Brigadoon akhirnya hanya berakhir sebagai legenda masyarakat. Para pencari sejarah dan arkeolog yang mencari tahu tentang Brigadoon, hanya akan menemukan sebuah tempat yang bernamakan Brigadoon. Namun bukti adanya kota tersebut tidak pernah ditemukan hingga saat ini.

Namun pada tahun 1954, kisah yang melegenda di masyarakat ini mulai diadaptasikan menjadi sebuah film dengan judul Brigadoon.  Meski sebagian menganggapnya sebagai cerita rakyat biasa dan tidak pernah ada, namun sebagian lagi masih percaya  tentang keberadaan kota tersebut.

Mereka memperingati setiap tahun tahun sekali dengan parade pertunjukan seni dan tari di jalan-jalan. Hal ini yang membuat cerita kota Brigadoon tetap terwarisi tiap generasi yang ada disana.  Tidak jarang setiap perayaannya menjadi daya tarik turis mancanegara.
Tag : Misteri
0 Komentar untuk "Misteri Brigadoon, Kota yang Muncul Sehari dalam 100 Tahun"

Back To Top