Minuman Alami yang Berkhasiat Jadi Penawar Racun - Kumpulan Info Unik

Minuman Alami yang Berkhasiat Jadi Penawar Racun

Racun merupakan bahan kimia yang bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan, minuman, polutan atau benda-benda lainnya. Zat ini tentu saja membahayakan bagi kesehatan karena akan merusak fungsi organ dalam tubuh. Jika racun yang masuk dalam jumlah kecil, mungkin saja tidak langsung berdampak bagi tubuh. Namun jika hal ini dibiarkan, racun tersebut akan menumpuk sehingga berpotensi lebih besar menyebabkan penyakit berbahaya.

Racun di dalam tubuh sebaiknya dikeluarkan agar tidak berdampak buruk. Detoksifikasi atau proses pengeluaran racun  kini tren di kalangan masyarakat. Prosesnya bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti puasa, konsumsi obat hingga mengkonsumsi makanan tertentu. Sebenarnya ada proses aman dan alami yang dapat membuang racun-racun di dalam tubuh. Caranya dengan mengkonsumsi minuman alami yang bisa diperoleh di alam. Selain mudah mendapatkannya, lima jenis minuman ini  juga tidak memiliki efek samping.

1. Air Putih

Air putih merupakan cairan yang penting dan sangat diperlukan tubuh setiap hari. Pakar kesehatan Nutrisi  Dr Poonam Rathod mengatakan, mengonsumsi air putih secara teratur serta sesuai dengan kebutuhan dapat membersihkan sistem pencernaan. Biasanya sisa-sisa makanan akan menempel pada usus  hingga akhirnya mengendap menjadi racun. Air putih berfungsi untuk melarutkan unsur-unsur kimia dan membantu memperbaiki jaringan tubuh dan pertumbuhan.

Dalam satu hari manusia dianjurkan untuk minum delapan gelas air putih. Ada baiknya air putih saat pagi merupakan air yang hangat. Karena segelas air hangat setiap pagi ini akan membantu membuang semua racun berbahaya dari tubuh dan juga membersihkan sistem pencernaan.

2. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda juga menjadi bahan alam untuk detoksifikasi. Jika racun sudah menyatu dengan darah, maka air nyiru ini akan mengencerkannya sehingga racun akan keluar melalui urin. Selain itu, air kelapa muda juga bisa mengatasi orang yang keracunan karena salah makan atau minum. Biasanya makanan beracun yang masuk ke lambung akan dibilas oleh air ini dan membuat penderita muntah sehingga racun ikut keluar.

3. Jus Labu

Labu merupakan buah atau sayuran yang menjadi salah satu kegemaran bagi masyarakat Indonesia. Selain untuk bahan makanan, labu yang diolah menjadi jus ternyata berakhasiat mengeluarkan racun di dalam tubuh. Biasanya jus ini diberikan kepada penderita gangguan pencernaan dan asam lambung karena terjadinya penumpukan racun. Jus Labu bersifat basa dan banyak mengandung serat sehingga baik membersihkan pencernaan.

4. Teh Hijau

Minuman lain yang juga berfungsi mengeluarkan racun adalah teh hijau. Teh hijau adalah merupakan antioksidan alami yang mengandung polifenol, sehingga membantu meregulasi glukosa dalam darah. Polyphenol merupakan zat yang menghambat pergerakan glukosa ke dalam sel-sel lemak, dan mencegah mereka memasuki aliran darah.

5. Jus Jeruk

Selain enak jika dikonsumsi langsung, jeruk yang dibuat jus ternyata berkhasiat membuang racun di dalam tubuh.  Buah yang satu ini merupakan kaya akan vitamin C yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, jeruk juga kaya dengan flavonoid, antioksidan, yang melindungi sistem kekebalan tubuh manusia dengan bertindak melawan kuman dan bakteri yang menyebabkan penyakit. Jus jeruk akan baik diminum sebelum sarapan pagi. Cara ini akan membuat proses detoksifikasi di dalam tubuh berjalan lebih baik.
Tag : Fakta, Kesehatan
2 Komentar untuk "Minuman Alami yang Berkhasiat Jadi Penawar Racun"

wah emang yang alami itu lebih baik dah...

Setiap kali saya melakukan wisata kuliner, baik bersama anggota keluarga maupun rombongan wisata, saya selalu memesan wedang jeruk atau air jeruk hangat. Wedang ini ternyata salah satu dari minuman alami yang berkhasiat jadi penawar racun. Saya begitu yakin bahwa air jeruk hangat memiliki kemampuan melakukan reduksi terhadap kandungan lemak yang ada di nasi soto, nasi rawon, sate, dan sebagainya.

Back To Top