Inilah Bahaya Terlalu Sering Makan Ayam - Kumpulan Info Unik

Inilah Bahaya Terlalu Sering Makan Ayam

Olahan Ayam menjadi salah satu menu makanan yang sangat disukai oleh semua kalangan. Tidak jarang, lauk pauk berbahan dasar ayam selalu ada setiap hari di meja makan. Menu ini menjadi favorit karena enak dan mudah diolah menjadi beragam varian. Namun  makan ayam setiap hari ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh. Makanan olahan berbahan dasar ayam berpotensi meningkatkan kolesterol tubuh hingga menyebabkan kanker payudara dan prostat. Berikut ini bahaya yang bisa diderita bagi anda yang sering makan olahan ayam.

1. Mengandung Bakteri  E.Coli
Ayam juga mengandung bakteri E.Coli yang berdampak buruk untuk tubuh. Jika tidak dimasak dengan benar, mengkonsumsi ayam dengan kuantitas yang sering bisa menyebabkan tingginya gas dalam perut, kram perut, dan terasa mual dan ingin muntah. E.coli biasanya masuk dalam sirkulasi darah, menginfeksi berbagai jaringan melalui luka pada usus atau saluran pernapasan. Bakteri ini paling parah jika menyerang anak-anak dan orang dewasa dengan sistem imun tubuh yang lemah. 

2. Mengandung Kolesterol Tinggi
Daging ayam ternyata mengandung kolesterol tinggi, terutama dibagian pada bagian kulit yang berlemak. Penumpukan kolesterol ini bisa menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung. Tidak hanya jantung, kolesterol dalam jumlah berlebihan di dalam tubuh juga berpotensi menyebabkan penyakit berbahaya lainnya seperti stroke, diabetes dan hipertensi.

3. Mengandung Bakteri Salmonela
Ayam juga mengandung bakteri salmonela, yang sempat menghebohkan warga Amerika karena mengakibatkan 300 orang sakit beberapa tahun lalu. Bakteri ini memang kerap ditemukan dalam produk unggas, seperti daging ayam dan telur. Salmonela bisa  mengakibatkan diare, sakit perut, muntah, pusing, hingga demam. Salah mencegah perkembangan bakteri ini adalah dengan memaksak ayam hingga suhu 80 derajat dan menyimpan ditempat yang tepat.

4. Penyebab Kanker
Sering makan ayam juga bisa menyebabkan penyakit kanker. Daging ini jika diproses dalam suhu yang sangat panas bisa menghasilkan heteroclyclic amines, zat berbahaya kelompok senyawa mutagenik (memungkinkan mutasi gen). Zat inilah yang berpotensi besar dalam pertumbuhan kanker payudara dan prostat/dubur. Sialnya jika dimasak pada suhu dibawah 80 derajat, makanan ini bisa menyebarkan bakteri salmonela. Jadi agar ayam aman dikonsumsi maka proses memasaknya harus sesuai.

5. Kandungan Arsenik Tinggi
Arsenik merupakan bahan beracun yang bisa menyebabkan serangan akut seperti kanker kulit, muntah, diare, dan bisa berakhir kematian walaupun dikonsumsi dalam kadar yang rendah. Bahayanya zat ini ternyata terkandung pada ayam yang menjadi makanan paling populer didunia.

Itulah lima bahaya yang akan dialami jika terlalu sering makan ayam. Idealnya makan lah ayam sekedarnya dan tidak terus-terusan. Sebaiknya menyertakan ikan dan sayur sebagai pelengkap nutrisi makanan sehari-hari anda.
Tag : Kesehatan
1 Komentar untuk "Inilah Bahaya Terlalu Sering Makan Ayam"

Mau box makanan yang aman dan cocok untuk digunakan berbagai macam makanan?
Ya Greenpack solusinya :)
Box makanan ramah lingkungan juga aman untuk makanan. Informasi lebih lanjut tentang Greenpack dapat anda temukan di sini : http://www.greenpack.co.id/

Back To Top