Waspadai Hal Ini Saat Mudik Lewat Jalan Tol - Kumpulan Info Unik

Waspadai Hal Ini Saat Mudik Lewat Jalan Tol

Lebaran tinggal menghitung hari, Umat Islam kini disibukkan dengan kegiatan untuk menyambut Idul Fitri. Salah satu agenda wajib saat menyambut hari kemenangan ini adalah mudik ke kampung halaman. Kegiatan pulang kampung ini biasanya dilakukan dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Keselamatan tentu menjadi hal penting yang harus diperhatikan saat melakukan perjalanan mudik. Selain faktor kendaraan  yang aman, stamina saat membawa kendaraan, para pemudik juga harus waspada terhadap jalan yang dilalui ketika akan mudik. Terlebih dengan akses jalan tol yang biasanya menunjukan peningkatan tingginya kecelakaan saat arus mudik. Lantas apa saja yang harus diwaspadai saat mudik lewat jalan tol? Berikut ulasannya.

1. Waspada Jalanan Lurus dan Mulus yang Memicu Kecepatan Tinggi
Pemudik sebaiknya menjaga kecepatan ketika sedang berkendara melewati jalan tol. Kondisi   jalan tol yang lurus dan mulus biasanya memicu pengendara untuk menambah kecepatan tanpa memperhatikan rambu-rambu lalu lintas. Batas kecepatan di jalan tol hanya 80 km/jam, namun karena kondisi jalan yang lurus dan mulus, biasanya pengendara memacu kendaraan sampai 120 km/jam. Hal ini tentu berpotensi besar menyebabkan kecelakaan.

2. Muatan yang Melebihi Kapasitas
Pemudik sebaiknya memperhatikan barang bawaan jangan sampai melebihi kapasitas kendaraan. Semakin berat barang bawaan yang dibawa, maka akan semakin besar risiko kecelakaan yang bisa terjadi. Kondisi ban juga harus  menjadi perhatian ketika barang yang dibawa cukup banyak. Ban menjadi satu-satunya komponen kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalananan, sehingga harus diperhatikan dengan teliti.

3. Waspadai Hewan Liar
Hati-hati juga dengan kehadiran hewan liar yang bisa saja melintas saat mobil melaju kencang. Pengendara yang tidak siaga akan mudah oleng terhadap apa yang ada di hadapannya. Beberapa kecelakaan terjadi karena supir menabrak hewan liar yang tiba-tiba saja menyebrang jalan tol.

4. Faktor Alam
Kondisi Alam seperti hujan bisa membuat jalanan menjadi licin. Jika sudah begini, maka pengendara harus lebih hati-hati dan membawa kendaraan dengan kecepatan rendah. Kondisi ban juga harus diperhatikan agar daya cengkram saat hujan lebih tinggi dan tidak mudah terperosok.

5. Kondisi Fisik Pengendara
Jangan membawa kendaraan disaat kondisi tubuh tidak fit. Sebaiknya berhenti sejenak untuk beristirahat sebelum melewati jalan tol. Pasalnya di jalanan ini anda membutuhkan stamina yang bagus dan konsentrasi yang tinggi. Ada baiknya saat sahur mengkonsumsi makanan bergizi dan vitamin agar stamina tetap terjaga.
Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang sudah bersiap untuk mudik lebaran. Kami doakan perjalanan anda bisa lancar, dan terhindar dari segala macam bahaya. Terimakasih sudah membaca.
Tag : Fakta, Info Unik
0 Komentar untuk "Waspadai Hal Ini Saat Mudik Lewat Jalan Tol"

Back To Top