Negara Pertama Pengguna Merah-Putih Sebagai Warna Bendera - Kumpulan Info Unik

Negara Pertama Pengguna Merah-Putih Sebagai Warna Bendera

Bendera merupakan salah satu lambang negara yang menjadi identitas suatu bangsa. Namun ada beberapa negara yang memiliki design bendera yang hampir sama sehingga sulit untuk dibedakan. Seperti bendera Indonesia Sang Saka Merah Putih yang memiliki kesamaan dengan bendera negara Monaco dan Polandia.

Ketiga negara ini memiliki desain dwi warna yang mendominasi yakni merah dan putih. Ternyata masing-masing negara juga memproklamirkan penggunaan corak tersebut sejak lebih dari 100 tahun lalu.  Tiap negara memiliki filosofi serta sejarah yang berbeda-beda. Lantas, negara mana yang terlebih dahulu memakai merah putih sebagai warna bendera?

Sejarah penggunaan merah putih di tiga negara
1. Monaco
Sekilas tidak ada yang berbeda dengan warna bendera Monaco dan Indonesia. Keduanya sama-sama berwarna merah putih dengan posisi merah di atas dan putih di bagian bawah. Namun jika diperhatikan lebih teliti, maka akan tampak perbedaannya dalam segi ukuran panjang dan lebar.

Corak dua warna ini memang menjadi favorit dari The House of Grimaldi sejak 1339. Namun penggunaan dua warna tersebut untuk menjadi bendera baru ditetapkan pada tanggal 4 April 1881 pada masa pemerintahan Pangeran Charles III. Bendera negara Monako tapi dengan gambar simbol negara versi sebelumnya di tengahnya) sudah digunakan sejak awal kerajaan ini berdiri, kecuali saat Monako di-aneksasi Perancis pada periode 1793-1814. Bentuknya kini yang lebih sederhana mulai digunakan sejak 4 April 1881.

2. Polandia
Polandia juga memiliki corak merah dan putih, bedanya warna corak tersebut terbalik dimana putih berada di atas dan merah berada di bawah. Dua warna ini menurut konstitusi pemerintahan Polandia merupakan warna nasional. Putih dan merah secara resmi diadopsi sebagai warna nasional pada tahun 1831.

Hal itu didasarkan atas tincture (warna) khas dari lambang dua negara konstituen Persemakmuran Polandia-Lituania, yaitu Elang Putih dari Polandia dan The Pursuer of Lituania, seorang ksatria berkulit putih yang menunggangi kuda putih lengkap dengan perisai merah. Sebelum itu, tentara Polandia memakai kombinasi berbagai warna.  Bendera nasional secara resmi diadopsi pada tahun 1919. Sejak tahun 2004, Polish Flag Day dirayakan pada tanggal 2 Mei.

3. Indonesia
Meski diperkenalkan sebagai bendera negara pada tahun 1945, namun Sang Saka Merah Putih memiliki sejarah panjang sejak abad ke-13 atau sekitar tahun 1293. Tepatnya sejak zaman Kerajaan Majapahit, merah putih ini sudah mewarnai nusantara.

Warna merah putih kemudian dihidupkan kembali oleh mahasiswa dan nasionalis sekitar abad 20 sebagai ekspresi nasionalisme melawan Belanda. Akhirnya pada tahun 1928, Bendera merah putih pertama kali berkibar di bumi pertiwi. Selama penjajahan Belanda, bendera Indonesia dilarang berkibar. Bendera ini pun kemudian diikrarkan sebagai salah satu simbol negara saat proklamasi 17 Agustus 1945.

Jika melihat dari sejarah, maka Indonesia lah yang terlebih dahulu menggunakan warna merah putih sebagai bendera. Dimana Polandia menggunakan corak bendera putih-merah pada tahun 1831, Monaco pada tahun 1339, sedangkan Indonesia sejak tahun 1293.  Warna merah putih pada bendera Indonesia tidak pernah berubah sejak awal penggunaan hingga saat ini. Sementara Kedua negara yang juga menggunakan warna merah putih sudah berkali-kali berganti perubahan design.
Tag : Fakta, Info Unik
3 Komentar untuk "Negara Pertama Pengguna Merah-Putih Sebagai Warna Bendera"

Indonesia, sebenarnya negara yg makmur lbh pertama..jika tidak dijajah oleh negara2 yg tidak beradab.

Back To Top