Lima Nama Makanan Indonesia yang Tidak Lazim - Kumpulan Info Unik

Lima Nama Makanan Indonesia yang Tidak Lazim

Makanan khas Indonesia menjadi salah satu hal yang bisa dibanggakan dari negeri ini. Sabut saja rendang, nasi goreng, bakso atau sate yang sudah mendunia. Dengan 33 provinsi yang ada, tidak heran jika kekayaan makanan khas nusantara begitu banyak dan beragam.

Diantara ribuan makanan khas yang ada, beberapa nama makanan berikut ini cukup aneh terdengar di telinga. Sebut saja nasi kentut, roti ketawa sampai makanan dengan nama rawon setan. Belum memakannya saja anda mungkin sudah membayangkan yang tidak-tidak. Namun nama tersebut murni makanan lezat yang bisa disantap.

1. Nasi Kentut

Nasi kentut merupakan makanan khas Medan yang menjadi favorit warga di sana. Meski bernama nasi kentut, namun makanan ini tidak beraroma bau layaknya namanya. Melainkan karena makanan tersebut diolah dengan tambahan dari daun yang bernama ‘daun kentut’ atau dalam bahasa jawa disebut dengan daun sembukan. Daun ini merupakan tanaman obat yang tumbuh liar dan bagus untuk pencernaan.

Berbeda dengan namanya yang cukup aneh, makanan ini justru memiliki cita rasa yang tinggi. Dengan diolah bersama rempah-rempah, membuat nasi ini terasa begitu gurih dan beraroma wangi. Biasanya nasi kentut disantap bersamaan dengan lauk pauk seperti ikan pepes, ayam goreng, tahu atau tempe goreng. Ada juga sambal untuk melengkapi cita rasa makanan tersebut, seperti sambal terasi, sambal goreng, sambal hijau dan pilihan sambal yang lain.

2. Roti Ketawa


Roti ketawa juga menjadi makanan yang memiliki nama tidak lazim. Mendengar nama ini, anda mungkin berpikir roti ini memiliki mulut sehingga bisa tertawa. Roti ketawa merupakan makanan khas yang juga masih berasal dari Medan dan sudah lama populer di Indonesia. Bentuknya seperti onde-onde dan memiliki belahan pada permukaan rotinya. Jajanan yang bisa ditemukan di toko atau warung-warung ini terasa keras saat pertama kali digigit namun renyah saat sudah dimakan. Biasanya roti ketawa dihidangkan untuk menemani kopi atau teh saat bersantai.

3. Kuku Macan

Mendengar nama ini mungkin anda akan takut untuk memakan kuku macan. Bagaimana tidak, pertama kali mendengarnya yang terbanyak adalah macan yang garang dan siap menerkam dengan kukunya. Namun jangan khawatir karena apa yang kamu santap bukanlah kuku macan asli, namun tak lain adalah hidangan sejenis kerupuk.

Makanan khas ini berasal dari Balikpapan, Kalimantan Timur ini memiliki bentuk yang melengkung sehingga terlihat mirip dengan kuku macan. Camilan tersebut terbuat dari ikan pipih dan ikan belinda yang kerap dijadikan sebagai hidangan sampingan ketika makan nasi karena rasanya yang sangat gurih.

4. Rawon Setan

Indonesia tidak lepas dari hal-hal mistis termasuk untuk urusan makan. Rawon Setan menjadi kuliner selanjutnya dengan nama yang tidak lazim. Rawon setan merupakan makanan khas Surabaya dengan rasa rawon pada umumnya. Namun restoran ini buka pada malam hari sekitar pukul 22.00 WIB sehingga dijuluki waktu untuk setan.

Akan tetapi filosofi tersebut mengalami pergerseran makna saat rawon setan berada di wilayah lain. Rawon setan diidentikan dengan tingkat kepedasan dari rawon tersebut sehingga setan dimaknai sebagai tingkat kepedasan.

5. Sate Kere

Kere dalam bahasa Jawa memiliki arti miskin, sehingga Sate Kere berarti sate miskin. Sate Kere merupakan makanan khas Kota Solo yang memiliki bahan dasar tempe gembus yakni resbusan ampas tahu dan jeroan sapi untuk mengganti daging. Pada zaman dahulu sate kere memang menjadi makanan khas wong cilik yang tidak mampu membeli sate daging yang harganya lebih mahal. Namun kini sate kere justru populer dan menjadi santapan semua kalangan. Bahkan penjualannya sudah masuk ke restoran-restoran besar.

Apakah ada nama makanan Indonesia yang tidak lazim lainnya? Jangan lupa di share ya, semoga informasi ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.
Tag : Info Unik
1 Komentar untuk "Lima Nama Makanan Indonesia yang Tidak Lazim"

Back To Top