Enam Buah dan Sayur Pelancar BAB - Kumpulan Info Unik

Enam Buah dan Sayur Pelancar BAB

Beberapa waktu lalu seorang anak di Inggris meninggal dunia karena selama dua bulan tidak Buang Air Besar (BAB). Akibat tindakannya ini, fungsi organ tubuh lain terganggu dan tidak berjalan norman sehingga berujung kematian. Peristiwa tersebut menunjukan begitu pentingnya salah satu proses ekskresi ini untuk menunjang kerja organ tubuh lainnya.

BAB merupakan proses normal yang lazim dilakukan setiap hari. Namun tidak semua orang bisa melakukan hal itu karena mengalami sembelit alias tidak bisa BAB dengan lancar. Akan tetapi hal ini bisa diatasi dengan konsumsi makanan yang benar dan melancarkan proses pencernaan. Berikut tujuah buah dan sayur pelancar BAB yang bisa anda konsumsi jika terjadi sembelit.

1. Pepaya
Buah pepaya kaya manfaat karena banyak mengandung zat-zat yang baik bagi tubuh. Kandungan seperti vitamin A, B, C dan beta karoten berkhasiat menyeharkan tubuh, sedangkan kandungan enzim papain dan serat dapat mengatasi gangguan lambung dan susah buang air besar serta efektif untuk mencegah wasir. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa enzim papain mampu membunuh parasit yang mengganggu aktivitas pencernaan dalam usus.

2. Melon
Buah yang mirip dengan semangka ini mengandung banyak air sehingga bagus untuk melancarkan pencernaan. Dengan banyaknya mineral dalam melon, maka dapat berfungsi untuk menghilangkan keasaman tubuh yang biasanya dapat mengganggu pencernaan. Selain kandungan mineral, melon juga kaya akan serat yang dapat memperlancar BAB. Proses buang air yang lancar akan menjamin pembuangan racun dari tubuh anda berjalan secara optimal. Jadi sangat tepat jika dikatakan buah melon dapat menyehatkan organ pencernaan.

3. Kubis
Kubis atau yang biasa disebut dengan kol atau kubis bulat juga kaya nutrisi yang dapat memperlancar proses BAB. Jenis sayuran ini begitu mudah didapat dan praktis untuk diolah. Kubis mengandung banyak vitamin seperti A, B,C dan E. Selain itu, kubis juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

4. Wortel
Selain banyak mengandung vitamin A yang berkhasiat untuk kesehatan mata, wortel juga kaya kandungan yang dapat memperlancar BAB. Wortel mengandung serat yang dapat menaikan volume feses  hingga 25% sehingga urusan ke belakang menjadi lancar. Salah satu cara mengkonsumsinya bisa dengan dibuat menjadi jus dan diminum pada pagi dan sore hari.

5. Bayam
Selain digunakan sebagai sebagai sayuran pelengkap hidangan, bayam memiliki banyak kandungan yang dapat menyehatkan tubuh.  Sayuran asal Amerika tropik yang satu ini sangat kaya akan serat sehingga dapat menyembuhkan sembelit.  Sehingga sangat baik digunakan saat BAB anda sedang tidak lancar.

6. Kacang-Kacangan
Jenis makanan dari kacang-kacangan sangat banyak ditemukan di berbagai wilayah Indonesia. Sebut saja pada makanan olahan seperti tahu dan tempe yang berasal dari kacang kedelai. Jenis kacang-kacangan banyak mengandung zinc yang berkhasiat untuk mengatasi sembelit dan memperlancar BAB.

Nah sudah tahukan apa saja makanan pelancar BAB. Pastinya selalu menambahkan untuk selalu mengkonsumsi air putih sehingga proses buang air besar bisa semakin lancar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia dan terimakasih sudah membaca.
Tag : Kesehatan
21 Komentar untuk "Enam Buah dan Sayur Pelancar BAB"

artikelnya bagus mbak, sangat bermanfaat.

Nice Blog and article. Thanks for sharing

Thanks for sharing your info. I really appreciate your efforts and I am waiting for your further write ups thank you once again.

Is Good
http://www.jualvimaxaslidibatam.com

Thanks for sharing here.
I am very happy to read your review.
I hope you give a useful topic for everyone.

Makasih Admin Sangat Membantu.

Materinya bagus, saatnya makan buah yg segar2 nih

for me this is a very very good information, because its contents make us become better know and learn more about the wide world, so it would greatly add insight for me, laneways that I say many thanks.

Back To Top