Tiga Waktu Terlarang untuk Mandi - Kumpulan Info Unik

Tiga Waktu Terlarang untuk Mandi

Mandi adalah aktivitas rutin yang dilakukan untuk menjaga kebersihan tubuh.  Kegiatan di luar ruangan, penat karena polusi udara, atau kondisi badan yang letih-lesu dapat seketika hilang ketika air membasuh seluruh anggota tubuh.

Menurut dr Irma Bernadette Tiorita Simbolon dari Fakultas Kedokteran UI, frekuensi Ideal untuk mandi  adalah dua kali sehari.  Namun frekuensi mandi bergantung dari aktivitas dan kebutuhan dari masing-masing orang.  Akan tetapi  ada waktu-waktu terlarang untuk melakukan kegiatan membersihkan tubuh ini.

Biasanya karena aktivitas pekerjaan yang begitu padat, orang akan mandi pada waktu yang tidak diperbolehkan. Padahal, pola ini jangka waktu lama akan menyebabkan kebiasaan yang berakhir pada penyakit yang mematikan. Dari pada anda harus sakit karena salah menentukan waktu mandi, sebaiknya menghentikan kebiasaan mandi pada waktu-waktu berikut ini.

1. 30 Menit Setelah Solat Ashar
Shalat Ashar dilaksanakan sekitar pukul 15.30 WIB. Waktu ini adalah saat dimana suhu udara sedang panas. Tidak hanya di luar, namun juga suhu yang ada di dalam tubuh.

Jika mandi pada jam ini, bukan membuat tubuh menjadi bersemangat, namun justru menyebabkan  kondisi badan menjadi lemah dan letih serta malas dalam melakukan suatu pekerjaan.

2. Setelah Maghrib
Aktivitas pekerjaan membuat seseorang terlambat pulang kerumah. Alhasil seseorang terpaksa mandi setelah Magrib. Ternyata kebiasaan ini tidak baik untuk tubuh, pasalnya saat Magrib paru-paru manusia sudah mulai melemah dalam melakukan pekerjaannya. Kajian menunjukan jika tetap mandi pada waktu ini maka paru-paru akan mudah dimasuki air, sehingga menyebabkan paru-paru basah.

3. Setelah Isya' sampai jam 12 malam
Terkait gaya hidup, seseorang kini lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah dan hanya kembali menjelang tidur malam. Dalam kondisi lelah dan penat, mandi menjadi alternatif untuk kembali menyegarkan tubuh. Meski dengan air hangat, ternyata kebiasaan mandi pada malam hari ini berbahaya untuk tubuh.

Pasalnya pada jam-jam tersebut fungsi organ jantung sudah mulai melemah dan seharusnya melakukan istirahat. Jika mandi ketika ini akan menyebabkan kerusakan jantung akibat kemasukan air, meskipun mandi dengan air hangat sekalipun. Lebih baik Anda mandi setelah jam 12 malam yakni sekitar pukul 02.00 atau subuh  karena akan memberikan lebih banyak dampak positifnya.

Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk pembaca setia dan membuat anda tidak lagi menyepelekan kebiasaan mandi.
Tag : Islam, Kesehatan
2 Komentar untuk "Tiga Waktu Terlarang untuk Mandi"

Back To Top