Ruh Orang Meninggal Selalu Kembali Ke Rumah Setiap Malam Jumat - Kumpulan Info Unik

Ruh Orang Meninggal Selalu Kembali Ke Rumah Setiap Malam Jumat

Kematian adalah sesuatu yang pasti dialami oleh semua makhluk yang hidup. Dunia menjadi transit bagi manusia untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya bekal  menjalani kehidupan di akhirat. Jika ruh keluar dari jasad, maka urusan dunia terhenti, tugas selanjutnya adalah mempertanggungjawabkan apa yang sudah dilakukan selama menjalani kehidupan.

Namun ada kalanya ruh-ruh orang meninggal akan kembali ke rumah. Menurut hadist Nabi Muhammad SAW, ruh-ruh ini turun ke langit dunia dan berhenti di rumah keluarganya  setiap malam Jumat. Di sana ruh  meminta belas kasihan keluarga yang masih hidup di dunia agar mengirim doa dan ayat-ayat Al-Qur’an. Hanya inilah satu-satunya bekal tambahan ruh tersebut untuk menjalani kehidupan di alam barzah.

Dalam hadist Rasulullah yang tercatat dalam kitab: Hadiyatul karya Abul Hasan Ali bin Ahmad bin Yusuf bin Ja’far Al-Hakkari menceritakan tentang bagaimana kondisi arwah-arwah ini ketika mendatangi rumahnya dan dan menjenguk keluarganya. Masing-masing mereka memanggil-manggil hingga 1000 kali dengan suara yang memelas dan meminta belas kasihan dari keluarganya yang masih hidup. Meski mereka sudah tiada, ternyata masih membutuhkan kasih sayang kita agar mau mengingat dan mendoakannya. Berikut ini hadist Nabi Muhammad SAW yang menceritakan bagaimana kondisi ruh-ruh saat datang pada malam Jumat.

Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya ruh-ruh orang mukmin datang setiap malam jumat pada langit dunia. Lalu mereka berdiri di depan pintu-pintu rumah mereka. Masing-masing mereka memanggil-manggil dengan suara yang memelas: “Wahai isteriku (suamiku), anakku, keluargaku, dan kerabatku! Sayangilah kami dengan sesuatu, maka Allah akan merahmati kalian. Ingatlah kami, jangan kalian lupakan! Sayangilah kami dalam keterasingan kami, minimnya kemapuan kami dan segala apa yang kami berada di dalamnya. Sesungguhnya kami berada dalam tempat yang terpencil, kesusahan yang yang panjang dan duka yang dalam. Sayangilah kami, maka Allah akan menyayangi kalian. Jangan kalian kikir kepada kami dengan memberikan doa, shadaqah dan tasbih. Semoga Allah memberikan rasa nyaman kepada kami, sebelum kalian sama seperti kami. Sungguh rugi!, Sungguh menyesal! Wahai hamba Allah! Dengarkanlah ucapan kami, dan jangan lupakan kami. Kalian tahu bahwa keutamaan yang berada di tangan kalian sekarang adalah keutamaan yang sebelumnya milik kami. Sementara kami tidak menafkahkannya untuk taat kepada Allah. Kami tidak mau terhadap kebenaran, hingga ia menjadi musibah bagi kami. Manfaatnya diberikan kepada orang lain, sementara pertanggungjawaban dan siksanya diberikan kepada kami”.

Rasulullah ketika menyampaikan hadist ini menangis sehingga membuat sahabat-sahabatnya ikut menangis. Dia hanya mengatakan bahwa ruh-ruh tersebut adalah saudara-saudara yang sebelumnya menikmati keindahan dunia. Saat sudah meninggal, mereka hanya menjadi debu padahal semasa hidupnya penuh dengan kenikmatan dan kegembiraan.

Dalam sebuah hadist lain, Nabi SAW juga berkata bahwa tidak ada seorang mayyit dikuburannya kecuali seperti orang yang tenggelam yang minta pertolongan dia menanti kiriman doa dari anaknya,saudaranya atau temannya, ketika ia mendapatkannya maka ia sungguh bahagia mengalahkan kebahagiaan dunia seisinya. Namun jika arwah-arwah tersebut tidak memperoleh apa-apa,  maka arwah-arwah tersebut memperoleh kerugian dan kembali dengan berduka.

Berdasar hadis tersebut diatas dan berdasar pernyataan dari kalangan Ulama’ diberbagai literatur dari kitab-kitab klasik yang mu’tabar diantaranya Imam Abu Bakar Ibnu Sayyid Muhammad Syata Al-Dimyati didalam Kitab karyanya I’anah Al-Thalibin, Imam Al-Qurthubi dan Ulama’-Ulama’ yang lain bahwa kepulangan arwah orang-orang mu’min pada hari-hari tertentu seperti yang diyakini oleh kalangan ahlus sunnah wal jama’ah adalah benar dan tidak diragukan lagi. Wallahu a’lam bis shawab.

Pembaca setia, mungkin saat ini kita masih sehat walafiat, maka doakanlah mereka dan kirim meski hanya Al-fatiha. Karena pastinya nanti, kita akan melalui hal yang sama jika tidak membekali diri dari sekarang. Semoga informasi ini menambah ilmu baru untuk anda. Menambah keimanan di dalam diri, serta selalu mengingat orang yang telah mendahului dengan doa.  
Tag : Islam
34 Komentar untuk "Ruh Orang Meninggal Selalu Kembali Ke Rumah Setiap Malam Jumat"

Ya Allah berikanlah hamba keturunan yg shaleh Dan shaleha...amiin

Ya Rabb,berilah k2 ortuq nikmat kuburMu,,,

semoga hamba selalu menjadi anak yg sholihah selalu berbakti pada ke dua orangtua.

Ya Robb jadikan hamba tetap menjadi anak yg solihah.

Hadist nya shoheh g tuh, he he he...orang yang sdh meninggal ya urusannya dgn malaikat, kok enak sekali bisa jalan2 plng ke rumah tiap jumat,..

ilham "BEGO" apa susahnya kirimin Doa untuk orang tua atau saudara kita yg sudah meninggal kalo memang itu bisa membuat bekal tambahan diakhirat,Dasar lo anak durhaka...lo lahir ke dunia keluar dari lobang semut kali ya...!!?? "SOMPRET LO"

Yaalloh terimalah bpk dissmu yaalloh ampuni segla dosa" selama hidupnya...
Yaalloh jdikn lah hmba ank yg berbkti terhdp ortu..tmptkn bpk dr golongan org" yg beriman dr tamn" surga ..kusnul khotima..aminnn

Ya Allah... ampunilah segala dosa ibu hamba... lapangkanlah kuburnya....tempatkanlah ia disebaik baik tempat disisimu... bersama dg orang2 yg sangat engkau cintai... jdikanlah ia penduduk surgamu ya Allah... kumpulkanlah kami kelak bersamanya ditempatmu yg membhagiakan... amien YRA

Emang loe sudah pernah merasakan meninggal? Sehingga tau arwah orang yang meninggal tidak bisa pulang ke rumah.

Bersyukurlah hamba yang iman di dalam hatinya benar-benar condong pada Alquran dan Hadits. Doa tidak hanya diperuntukkan kepada sesama muslim yang masih hidup saja tetapi juga buat mereka yang telah mati.

Ya Tuhan,berilah tempat terindah utk Ayah,,,ampuni smua dosa2nya,lapangkan jlnnya mnuju rumahMu disurga, kelak nanti kami akan bertemu lagi dirumahMu disurga,Amin.
Ayah,,,kami kangen dan sayang slalu kepada Ayah.

admin...beri pencerahan donk..cantumkan teks arab haditsnya..biar mantap itiba'nya he he

Ya allah, jaga ibu,kaka,nene dan suamiku di sana, aku sangat sayang mereka, ke 4 buah hatinya rindu, semoga nanti kami bisa berkumpul di surgamu nanti...papa sayang mama kangen, aku akan slalu menjaga k4 buah hati kita, dan mendidik menjadi anak yg soleh dan soleha, berbakti kpd orng tua dan slalu mendoakan mu...love u bams i misd u so much...harus kuat dan tegar untk masa depan anak2 kita yg masih pd kecil

Ilham...ini orang wahabi ya...jgan2 ilham ini g pernah mendoakan sodara ato leluhurnya yg udah meninggal

iya doain mah udah pasti, cuman permasalahannya hadits itu shahih, dhaif, atau maudu. itu hadits mutawatir (bisa dipercaya) ga? yang lain jangan asal ngejudge, di riwayatkannya hadits itu sama siapa lengkap ga urutan sanad nya, soalnya yang belajar ilmu hadits pasti bakal mencari keshahihan hadits ini, sejauh yang saya tau orang yang sudah meninggal sudah jelas ada dinding pembatas yang tidak bisa di lewati oleh orang yang sudah meninggal, jadi tidak bisa ruh datang ke dunia manusia, itu sudah beda alam. jadi menurut saya cantumkan lah periwayat hadits ini dan tentang kebenaran hadits ini. Soalnya banyak hadits-hadits palsu yang salah di pahami oleh masyarakat awam. So kita yang berilmu harus mencari kebenaran yang sebenar-benarnya

bagus banget tambah wawasan.. cuma saya ingin tau di hadis mana??? d bokhori klo ada saya pengen ngecek k sohehannya...

Moga arwah orang tua kita yg udah meninggal
ditempatkan oleh Allah ditempat yg mulya disisiNya, diampuni dosa2nya, diterima amal ibadahnya, dilindungi dari azab siksa kubur, dijauhkan dari siksa api neraka, Aamiin.

pda ribut asal marah" aj,
Saya tau crita itu
Tp saya jg prnah bca Arwah orang yg sudah meninggal itu tdak bsa datang ke dunia, sudah gk ada urusan duniawi, (di alam barzah) ya klo do'a si ttp nympe, asal bukan pelaku sirik aj (musrik) yg blm taubat

(Demikianlah Keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, Dia berkata: “Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia), ( ) agar aku bisa berbuat amal yang saleh yang telah aku tinggalkan. sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah Perkataan yang dia ucapkan saja. dan di hadapan mereka ada dinding sampal hari mereka dibangkitkan. (QS. Al-Mukminun: 99 – 100)
Jadi Ijma'(pendapat) para ulama , Orang yang sdah meninggal Tdak bisa kembali ke dunia karena ada dinding pemisah antara alam dunia dan akhirat , Setelah meninggal mereka sibuk dgn balasan amalan selama didunia , Ruh yg baik akan Mendapatkan Tempat yg baik dan ruh yang buruk akan mendapatkan tempat yg buruk Sampai mereka dibangkitkan kembali . . jadi itulah kenapa pentingnya kita mendoakan Ibu bapak atau sanak keluarga kita yang sdah tiada . Dan bagi yang beranggapan Ruh dpat menemui keluarga nya itu sdh termasuk akidah yg menyimpang , Dari Dalil2 pun tdk ada yang menunjukkan demikian . . Wa Allahu'allam bishowab

aq punya bpk yg sangat kucintai yg dah wafat,sayangnya beliau beragama kristen,tp tetep kudoakan alfatihah tiap abis sholat,apakah itu bener ?

Ingat lah. Kita yg masih hidup tidak akan pernah tau dunia kematian. Yang mati sudah punya bekal selama hidup nya, keburukan atao kebaikan. Itulah yg menentukan sorga ato neraka. Justru yg lebih tau dunia ghaib itu setan dan iblis. Mereka bisa menjelma dan menyerupai roh rupa siapapun. Maka hati2 dengan tipu muslihat iblis.

Bagaimana dgn fitnah kubur soal malaikat Munkar dan Nakir, himpitan kubur dan balasan Allah sama ada roh itu ditempatkan di dalam taman syurga atau dimasukkan ke dalam lubang seperti lubang neraka? Kesemua perkara ini ada diperjelaskan dalam Hadis-hadis yang sahih.

Lah apakah km juga sudah meninggal sehinggal tau ruhnya orang itu kembali ke rumah bukankah allah cuma memberitahu sedikit tentang ruh dan hadis yang di atas itu daif....

Bagi yg tidak percaya akan hadist diatas, mati aja dulu nanti ku kirimkan doa. Kalo ga nyampe balik aja lg heh.

ya allah aku bukanlah istri yang soliha aku akui begitu besar dosa ku terhadap almarhum suamiku begitu besar cinta hidup matinya dia korbankan demi aku ya allah setelah kehilanganya bru aku sadar pengorbananya ijinkan aku berbakti kepadamu kini hanya doa dan fatihah wabil khusus untukmu suamiku ya allah jadikan aku sebagai bidadari surganya aminn ya allah labulkan doa ku ini

Perlu dibedakan antara ruh (arwah) dengan jiwa.
http://quran-et-sains.blogspot.com/2007/03/perbedaan-jiwa-dan-ruh.html
6:122 Dan apakah orang yang sudah mati kemudian dia Kami hidupkan dan Kami berikan kepadanya cahaya yang terang, yang dengan cahaya itu dia dapat berjalan di tengah-tengah masyarakat manusia, serupa dengan orang yang keadaannya berada dalam gelap gulita yang sekali-kali tidak dapat keluar daripadanya? Demikianlah Kami jadikan orang yang kafir itu memandang baik apa yang telah mereka kerjakan.

Baca al an'am 111 , jgnkan untuk kembali ke rumah ,untuk berbicarapun dgn mereka yg msh hidup bisa terjadi bila Alloh mengijinkan

Baca al an'am 111 , jgnkan untuk kembali ke rumah ,untuk berbicarapun dgn mereka yg msh hidup bisa terjadi bila Alloh mengijinkan

Baca al an'am 111 , jgnkan untuk kembali ke rumah ,untuk berbicarapun dgn mereka yg msh hidup bisa terjadi bila Alloh mengijinkan

Back To Top