Rahasia di Balik Tangan Manusia - Kumpulan Info Unik

Rahasia di Balik Tangan Manusia

Tangan adalah anggota tubuh yang multi fungsi. Jika bagian tubuh lain hanya biasanya mempunya satu atau dua fungsi saja, maka tangan bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu. Meskipun teknologi modern mampu membuat tangan robot layaknya manusia, namun tidak bisa menandingi kehebatan rancangan Tuhan pada penciptaan tangan.

Bahkan seorang pakar yang berhasil merancang tangan robot, Insinyur Hans J. Schneebeli mengakui, semakin banyak Ia membuat tangan robot, Ia semakin takjub dan kagum tangan manusia. Memang, tangan robot buatannya memiliki kekuatan yang sama dengan tangan manusia. Namun tidak memiliki kepekaan sentuhan, kesempurnaan daya gerak, dan kemampuan melakukan beragam pekerjaan.

Rancangan tangan manusia memiliki seluk beluk yang begitu terperinci sehingga bisa melakukan berbagai aktivitas secara bersamaan.  Bagian ini dilengkapi dengan otot dan syaraf yang begitu banyak. Dengan bantuan lengan, tangan bisa memegang benda dengan erat atau longgar yang menyesuaikan dengan daya benda yang dipegangnya.

Ketika kita ingin memegang benda seberat 50 kg atau kertas yang hanya sepersepuluh milimeter, maka kita tidak perlu repot-repot memikirkan berapa daya yang harus kita gunakan. Misalnya saat mengangkat ember, kita tidak pernah berpikir mengeluarkan daya sebesar 40 kg, dan saat memungut kertas  maka menerapkan kekuatan sebesar 500 g.  Namun tangan dengan rangsangannya akan langsung melakukan kegiatan tersebut tanpa berpikir panjang tentang matematika ini.

Kini coba perhatikan jari-jari tangan anda. Masing-masing jari memiliki panjang, letak dan kesesuaian yang pas satu sama lain. Misalnya kekuatan kepalan yang dibentuk tangan dengan ibu jari normal itu lebih besar daripada kekuatan kepalan yang dibentuk tangan dengan ibu jari pendek. Ini karena, dengan panjang yang sesuai, ibu jari dapat menutupi jari-jari lainnya dan membantu menambah kekuatan dengan mendukung jari-jari yang lain.

Perhatikan juga kuku pada ujung jari anda. Bagian ini bukanlah hiasan sepela dalam rancangan penciptaan tangan. Permukaan kasar pada ujung jari dan kuku membantu kita memungut benda kecil. Misalnya Ketika memungut jarum dari lantai, kita menggunakan kuku maupun jari.

Kuku memiliki peranan sangat penting dalam mengatur tekanan amat lemah yang dikerahkan jari pada benda yang dipegangnya. Keistimewaan khusus tangan lainnya adalah tangan tidak pernah kelelahan.

Biasanya, tangan manusia bekerja bersama-sama dengan mata. Sinyal yang sampai ke mata diteruskan ke otak dan tangan bergerak menurut perintah yang diberikan otak. Tentu saja, ini berlangsung dalam waktu sangat singkat dan tidak diperlukan usaha khusus untuk melakukannya.

Sementara  tangan robot tidak dapat bergantung pada penglihatan dan sentuhan. Untuk setiap gerakan diperlukan perintah yang berbeda-beda. Selain itu, tangan robot tidak mampu melakukan bermacam fungsi. Contohnya, tangan robot untuk bermain piano tidak dapat memegang palu, dan tangan robot untuk memegang palu tidak dapat memegang telur tanpa memecahkannya.

Beberapa tangan robot yang terakhir dibuat Hans J. Schneebeli  hanya mampu melakukan 2-3 gerakan bersamaan, tetapi ini masih sangat sederhana jika dibandingkan dengan kemampuan tangan manusia. Ketika Anda memikirkan kedua tangan yang bekerjasama secara selaras, kesempurnaan tangan ini akan lebih gamblang lagi.

Allah merancang tangan sebagai alat tubuh khusus bagi manusia. Dengan segala bagiannya, tangan manusia memperlihatkan kesempurnaan dan keunikan mahakarya ciptaan Allah.
Tag : Info Unik
2 Komentar untuk "Rahasia di Balik Tangan Manusia "

Allah Menciptakan sgala sesuatu tak ada yg sia2...,hanya manusia itu sendiri saja yg sering menyia-nyiakannya.

Back To Top