Inilah Pertanda Datangnya Malam Lailatul Qadar - Kumpulan Info Unik

Inilah Pertanda Datangnya Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar menjadi salah satu hal yang dirahasiakan Allah SWT. Malam yang hanya bisa ditemui pada bulan Ramadhan ini memiliki banyak keistimewaan, bahkan lebih baik dari seribu bulan. Namun tidak semua orang mengetahui kapan datangnya malam tersebut. Allah SWT hanya memberikan sedikit informasi tentang kapan datangnya malam mulia ini.

Rasulullah SAW pernah bersabda dalam hadist yang diriwayatkan Bukhari. Hadist tersebut menjelaskan bahwa malam ini hanya datang pada 10 malam terakhir Ramadhan dan pada malam-malam ganjil saja. Namun Dia tidak memberitahukan secara jelas kapan datangnya malam tersebut. Hal ini mengandung  hikmah agar umat Islam tetap memperkuat level ibadahnya dan berharap bertemu Lailatul Qadar. 

Meski tidak dijelaskan secara pasti, namun Nabi Muhammad SAW memberi gambaran bagaimana ciri-ciri datangnya malam istimewa ini. Berikut ini pertanda datangnya malam Lailatul Qadar.

1. Udara dan suasana pagi yang tenang
Salah satu tanda akan datangnya nalam Lailatul Qadar adalah udara dan suasana pagi yang begitu terlihat tenang. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Rasullah SAW bersabda yang artinya “: “Lailatul Qodar adalah malam tentram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah.”

2. Sinar matahari cerah namun tidak terasa panas
Ciri kedua adalah matahari yang bersinar cerah, namun tidak terasa panas menyengat seperti biasanya. Dalam sebuah riwayat yang dikisahkan oleh Ubay bin Ka’ab radliyallahu’anhu, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa pada Keesokan hari malam Lailatul Qodar matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar bak nampan.

3. Malam yang terang, tidak dingin, tidak berawan, tidak hujan, tidak panas, dan tidak ada angin kencang
Pertanda lain yang menjadi ciri malam Lailatul Qadar yang dijelaskan Nabi Muhammad SAW adalah malam tersebut sangat terang, namun tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi setan).

4. Orang yang sedang melakukani ibadah dimalam tersebut akan merasakan kelezatan beribadah
Meski tidak diketahui kapan datangnya, namun ternyata umat muslim yang melakukan ibadah pada malam tersebut bisa merasakan datangnya Lailatul Qadar. Disebutkan bahwa pada malam itu orang yang sedang melakukan ibadah pada malam tersebut akan merasa kenikmatan beribadah yang tidak pernah Ia rasakan pada malam sebelumnya.

5. Bulan terlihat separuh bulatan
Rasulullah juga pernah menggambarka bahwa salah satu ciri malam Lailatul Qadar adalah bulan yang terlihat separuh bulatan. Hal ini dikisahkan oleh Abu Hurairoh ra yang pernah berkata bahwa mereka pernah berdiskusi tentang lailatul qadar disamping Rasulullah SAW lalu beliau bersabda; "Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan."

Apakah kita termasuk hamba-Nya yang bisa mendapatkan malam kemuliaan ini?  Semoga kita termasuk golongan yang bisa merasakan nikmatnya malam seribu bulan. Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.***
Tag : Islam
2 Komentar untuk "Inilah Pertanda Datangnya Malam Lailatul Qadar"

nice artikel
lanjutkan berbagi ilmu, semoga ilmunya berkah and manfaat

terima kasih infonya
tentang keutamaan malam yang penuh hikmah ini
sangat bermanfaat

Back To Top