Bahaya Lanjut Tidur Setelah Sahur - Kumpulan Info Unik

Bahaya Lanjut Tidur Setelah Sahur

Sahur merupakan salah satu agenda rutin yang dilakukan umat muslim saat menjalani ibadah puasa. Dengan makan sahur, kita memberi suplemen bagi tubuh agar bisa bertahan hingga tiba saat berbuka. Biasanya sahur dilakukan pagi buta menjelang subuh. Sehingga kerap kali setiap usai melakukan aktivitas ini, maka akan dilanjutkan dengan shalat subuh dan kembali tidur.

Kebiasaan ini mungkin dianggap wajar mengingat pada siang hari tetap harus bekerja meski dalam kondisi berpuasa. Kembali tidur juga dianggap sebagai cara untuk mencegah agar tidak mengantuk pada siang hari karena kurangnya waktu tidur pada malam hari.

Akan tetapi kebiasaan ini berdampak negatif terhadap tubuh. Ada bahaya kesehatan yang mengintai jika Anda langsung tidur tepat setelah makan sahur. Hal ini diungkapkan Dr dr Ari Fahrial Syam dari FKUI-RSUPN Cipto Mangunkusumo.

Menurutnya, kebiasaan langsung tidur setelah sahur bisa memberikan efek buruk terhadap penceranaan. Kebiasaan ini akan menimbulkan kondisi yang disebut dengan refluks esofagus, yakni posisi tubuh saat tidur yang membuat makanan kembali ke atas yaitu ke tenggorokan dan mulut.

Hal ini mengakibatkan asam lambung terbawa oleh makanan tersebut. Akibatnya, kerongkongan akan terasa kering, panas, kadang membuat orang merasa mual, mulas dan ingin muntah. Kondisi ini semakin diperparah jika orang tersebut menderita penyakit mag.

Dalam kondisi kronis, asam lambung yang berbalik arah juga bisa mencapai ke saluran pernafasan. Inilah yang menyebabkan gastroesophageal reflux disease (GERD) yakni kondisi peradangan, kerusakan pada kerongkongan, paru-paru dan laring.  GERD ternyata berpotensi menyebabkan penyakit komplikasi mulai dari kangker kerongkongan hingga kematian.

Beberapa cara sehat yang disarankan untuk tetap bisa bertahan hingga pagi adalah tidur tidak terlalu larut malam dan bangun mendekati waktu akhir makan sahur. Sehingga tidak akan mengantuk jika harus bertahan hingga pagi hari.  Aktivitas menikmati udara pagi juga akan membuat tubuh semakin sehat, pasalnya pada pagi hari oksigen masih segar dan tidak bercampur dengan polusi udara.

Semoga informasi ini bermanfaat dan kita bisa belajar untuk tidak langsung tidur setelah sahur demi kesehatan tubuh. Terimakasih sudah mampir pembaca setia dan terimakasih sudah membaca.
Tag : Islam, Kesehatan
1 Komentar untuk "Bahaya Lanjut Tidur Setelah Sahur"

tidur setelah makan memang sangat tidak baik bagi kesehatan, jadi kita harus memiliki jeda setidaknya dua jam untuk tidur setelah makan. terimakasih infonya

Back To Top