Fakta Alam Semesta yang Membuat Manusia Lebih Bersyukur - Kumpulan Info Unik

Fakta Alam Semesta yang Membuat Manusia Lebih Bersyukur

Bumi adalah planet tempat hidup manusia yang merupakan bagian dari luasnya alam semesta. Planet yang kita anggap luas ini ternyata hanya bagian kecil dari miliyaran galaksi dan ratusan milyar bintang yang bertebaran di jagad raya.  Penelitian astronomi yang dilakukan sejak bertahun-tahun silam, menemukan fakta-fakta yang begitu mencengangkan tentang keagungan Tuhan dalam penciptaan alam semesta ini.

Fakta-fakta yang ditemukan seharusnya membuat manusia beripikir ulang ketika mulai sombong dan tidak bersyukur. ‘Manusia hanya seperti butiran debu dalam lingkaran semesta yang begitu luas’. Sang Penciptalah yang hanya boleh menyombongkan diri karena kreasi semesta yang diciptakan-Nya begitu sempurna. Namun begitu manusia tetap dijadikan Tuhan sebagai mahkluk paling sempurna ciptaan-Nya. Sehingga apapun kondisi saat ini, tidak selayaknya kita mengeluh dan tidak beryukur.

Berikut ini merupakan hasil karya para ilmuwan dari University Portsmouth yang membuat peta tiga dimensi alam semesta yang diberi nama 2MASS Redshift Survey (2MRS). Peta yang dipublikasikan pada 2011 lalu ini mencakup jarak 380 juta tahun cahaya, 45.000 galaksi tetangga selain Bima Sakti. Namun Itu pun belum semua.

1. Bumi tempat tinggal manusia

Inilah gambar bumi yang menjadi tempat kita hidup, tumbuh berkembang biak meneruskan keturunan. Selain menjadi tempat menjalin hubungan bumi juga menjadi tempat berperang dan saling menyakiti. Bumi, planet tempat manusia berpijak ini mengambang di semesta dalam sistem Tata Surya, di antara jutaan bintang, planet dan galaksi lain. Sejak manusia bisa ke luar angkasa, sejak itu pula wujud Bumi diabadikan.

2. Bumi jika disandingkan dengan planet lain

Manusia yang tinggal di bumi pastinya menganggap bahwa planet ini adalah tempat yang paling besar di alam raya. Namun tahukah anda inilah kecilnya bumi ketika disandingkan dengan semua planet dalam Tata Surya secara beraturan dan berjajar. Lihat betapa kecil Bumi kita.

Ini ukuran enam Bumi dibandingkan dengan Saturnus. Kalah besar!


Bumi bak noktah kecil warna biru jika dilihat dari belakang cincin Saturnus


3.  Satu komet setara dengan Kota Los Angeles di Amerika Serikat

Benda-benda angkasa yang terlihat dari bumi terlihat begitu Indah pada malam hari. Namun pernahkah anda berfikir kenapa bintang itu bisa terlihat meski jaraknya begitu jauh? Itu karena ukuran mereka juga sangat besar sehingga bisa dilihat dari jarak ber triliyunan mil dari bumi. Berikut ini adalah gambar komet. Manusia baru mendaratkan satelit di atas 'anak nakal' ini. Beginilah gambaran jika komet secara utuh jatuh ke bumi. coba bandingkan ukuran satu komet yang menyamai  Kota Los Angeles di Amerika Serikat ini.

4. Perbandingan Bumi dengan Matahari

Matahari merupakan sumber energi utama di bumi. Matahari ukurannya terlihat begitu kecil jika terlihat dari bumi. Namun ternyata ukuran Bumi hanya berupa sebuah “titik” dibandingkan Matahari karena menurut ahli Astronomi ukuran Matahari adalah 330.330 kali lebih besar daripada Bumi. Ini ukuran Bumi dibandingkan dengan besar Matahari. Benar-benar tak sebanding

5. Banyak bintang lebih besar dari pada matahari

Tidak sebandingnya bumi terhadap matahari, ternyata masih ada bintang yang besarnya miliaran kali dari matahari. Adalah VY Canis Majoris yang merupakan bintang terbesar di alam semesta. Bintang ini  ukurannya 1 miliar kali lebih besar dari Matahari. Lihatlah betapa kecilnya Sang Surya dibandingkan yang lain.

6. Galaksi Bima Sakti yang tidak sebanding dengan miliaran galaksi lainnya


Semesta terdiri dari milyaran galaksi dan bumi masuk dalam galaksi Bima Sakti. Galaksi ini meiputi planet-planet yang kita kenal serta miliyaran bintang lain. Namun tahukah anda bahwa ada milyaran galaksi yang lebih besar dari pada galaksi bima sakti? Ada ribuan galaksi, yang masing-masing memiliki jutaan bintang. Masing-masing memiliki planet-planetnya sendiri. Ukuran galaksi kita sangat kerdil jika dibandingkan yang lain. Ini perbandingan Galaksi Bima Sakti (Milky Way) dengan IC 1011, yang berjarak 350 juta tahun cahaya dari Bumi.

7. Jika bumi sekecil ini di semesta, maka seberapa besar arti saya dan Anda?

Jika kita merasa besar, ingatlah gambar ini. Ini adalah gambar dari satu bagian kecil yang sangat, sangat kecil dari alam semesta. Bagai bagian tak penting di langit malam. Ini Bumi jika dibandingkan dengan keseluruhan Tata Surya. Dan, seandainya alam semesta bisa diumpamakan seperti ini, Bumi sama sekali tak ada artinya. Pertanyaannya, seberapa besar arti saya dan Anda?
Tag : Fakta, Info Unik
0 Komentar untuk "Fakta Alam Semesta yang Membuat Manusia Lebih Bersyukur"

Back To Top