Deretan Perpustakaan Terbesar Dunia - Kumpulan Info Unik

Deretan Perpustakaan Terbesar Dunia

Meski telah masuk era internet yang memudahkan dalam pencarian ilmu pengetahuan, namun keberadaan perpustakaan tidak pernah ditinggalkan. Terlebih dengan beragam fasilitas disediakan, membuat pengunjung betah berlama-lama membaca dan membuat mereka ingin kembali lagi ke bangunan yang disebut gudang ilmu ini.

Seperti pada perpustakaan-perpustakaan terbesar di beberapa negara berikut ini. Tidak hanya karena banyaknya buku yang disediakan di sana, namun juga karena ada berbagai sumber pengetahuan lainnya seperti manuskrip, peta, lukisan, koran, literatur serta dekorasi yang menarik.

Tidak heran jika perpustakaan tersebut selalu ramai dikunjungi, tidak hanya untuk membaca tetapi juga untuk menikmati suasana tenang yang ada di dalamnya.  Apa dan di mana saja perpustakaan tersebut? Berikut ulasannya.

1. British Library – London, UK (170 Juta Item)

Jumlah koleksi buku di British Library ini memang membuatnya menjadi perpustakaan terbesar di dunia. Perpustakaan nasional United Kingdom (UK) ini setiap tahun selalu bertambah  sebanyak 3 juta itemyang berasal dari berbagai negara. Saat ini perpustakaan tersebut sudah mengoleksi 170 juta item.

Perpustakaan Nasional ini dikelola oleh Departemen Kebudayaan, Media dan Olahraga Inggris dan berlokasi di sisi utara Euston Road di St. Pancras, London. Siapa pun bisa berkunjung ke perpustakaan ini untuk melihat koleksi dan layanan yang ada di sana. Ada sebuah fakta unik tentang British Library. Jika kamu melihat 5 item koleksi setiap harinya, dibutuhkan 80.000 tahun untuk melihat keseluruhan koleksi perpustakaan terbesar dunia ini.

2. Library of Congress – Washington, D.C., US (151,8 Juta Item)

Library of Congress memiliki koleksi koleksi buku yang diperkirakan mencapai 151,8 juta item. Tidak mengherankan jika pustaka ini menjadi perpustakaan nasional Amerika Serikat. Perpustakaan ini menempati 3 buah gedung di Washington, D.C dan berdiri pada 24 April 1800 pada masa pemerintahan Presiden John Adams

Meski sering disebut sebagai perpustakaan terbesar di bumi, namun koleksi buku dari perpustakaan ini masih kalah dengan jumlah buku di British Library.  Perpustakaan ini memang terbuka untuk umum, namun hanya para pejabat tinggi Amerika yang dapat meminjam buku di dalam perpustakaan tersebut.

3. New York Public Library – New York, US (53,1 Juta Item)

Perpustakaan ini memiliki koleksi buku sebanyak 53,1 juta item. New York Public Library cukup unik karena dikelola secara pribadi  sebagai organisasi nonprofit dengan dana dari publik. Para pengunjung dapat meminjam buku yang diinginkan namun ada beberapa cabang riset yang tidak diperbolehkan untuk dipinjam.
Meski dikelola secara pribadi, namun arsitekturnya tidak kalah dibandingkan perpustakaan-perpustakaan nasional negara lain. Tidak heran jika lokasi ini sering masuk dalam film-film Hollywood seperti The Day After Tomorrow dan Ghostbusters.

4. Russian State Library – Moscow, Rusia (44,4 Juta Item)

Russian State Library terletak di terletak di Moscow dengan koleksi buku sekitar 44,4 juta item. Setiap tahunnya, jumlah pengunjung mencapai 1,17 juta orang, sedangkan  jumlah pendaftar mencapai 200 orang setiap harinya. Usia perpustakaan nasional rusia ini cukup tua yakni dibangun pada pada tahun 1795. Di Rusia, perpustakaan ini memang paling populer.

5. National Library of Russia – Saint Petersburg, Rusia (36,5 Juta Item)

Perpustakaan ini merupakan perpustakaan terbesar kedua setelah Russian State Library. Perpustakaan yang berdiri pada tahun 1795 ini memiliki koleksi buku mencapai 36,5 juta item. Di sini pengunjung bebas datang dan membaca koleksinya. Di sini tersimpan koleksi-koleksi berisi  sejarah, warisan nasional, riset, kebudayaan, dan masih banyak informasi lain khususnya tentang Rusia.

6. National Diet Library – Tokyo, Jepang (35,6 Juta Item)

National Diet Library menjadi perpustakaan terbesar di Asia. National Diet Library menjadi satu-satunya perpustakaan nasiona di Jepang. Terdiri dari dua cabang utama di Tokyo dan juga Kyoto, serta 27 cabang lain yang tersebar di negeri matahari terbit ini.  Sedikitnya mengoleksi 35,6 juta item koleksi buku dan banyak sekali mengoleksi dokumen resmi terkait Perang Dunia dan juga literatur kuno Jepang, asli dari perpustakaan kerajaannya.

7. National Library of China – Beijing, Cina (31,2 Juta Item)

Total koleksi di National Library of China ini sekitar 31,2 juta item. Informasi yang disediakan sangat beragam, mulai dari agama, politik, hukum, peta, musik, pengetahuan dan masih banyak lagi. perpustakaan ini juga berisikan koleksi item berbahasa asing dengan jumlah terbesar, yakni lebih dari 115 bahasa.

Awalnya, tujuan pembangunan dari National Library of China adalah untuk melakukan riset terkait kebijakan umum. Kini perpustakaan tersebut dikunjungi sekitar 1 juta pengunjung  setiap tahunnya.  Hal lain yang menjadi daya tarik perpustakaan ini adalah karena literatur-literatur kuno yang ada tidak hanya dituliskan secara biasa. Sebagian ditulis atau diukir secara langsung pada tengkorak atau cangkang kura-kura.
Tag : Info Unik
0 Komentar untuk "Deretan Perpustakaan Terbesar Dunia"

Back To Top