Bacalah Al-Waqiah, Surat Pendatang Kekayaan - Kumpulan Info Unik

Bacalah Al-Waqiah, Surat Pendatang Kekayaan

Al-Waqiyah merupakan salah satu surat dalam Al-Qur’an yang memiliki keutamaan sebagai pembuka pintu rezeki. Surat ke-56 ini berisi kandungan iman dan tauhid, bukti kekuasaan Allah SWT serta  adanya hari kebangkitan. Rasulullah SAW pernah bersabda, bahwa siapa yang rutin membaca surat ini, akan terhindar dari kefakiran selama-lamanya.

Sebuah riwayat menceritakan kisah sahabat Nabi Muhammad SAW bernama Abdullah bin Mas’ud yang sangat miskin sedang menghadapi sakartul maut. Saat ditanya apa pemberian yang diinginkan untuk ditinggalkan kepada anak-anaknya, maka Abdullah menjawab, Ia tidak memerlukan hal tersebut karena sudah mewasiatkan mereka untuk membaca Surat Al Waqiah setiap hari agar terhindar dari kemiskinan. Menurutnya Rasulullah selalu mecontohkan hal tersebut sebagai amalan pembuka rezeki.

Al Waqiah memang menjadi surat yang terkenal dengan khasiatnya untuk mendatangkan rezeki. Hal ini berdasarkan banyak hadis Nabi Muhammad SAW. Sa’ad Al Mufti mengatakan, bahwa hadis-hadis tentang keutamaan Al Waqiah sebagai pembawa rezeki ini sahih. Berikut ini keutamaan dan khasiat Surat yang memiliki 96 ayat ini.

Keutamaan dan Khasiat Surat Al-Waqiah

1. Jika surat ini dibacakan setiap malam, maka Allah SWT akan menghindarkan manusia dari kefakiran dan kemiskinan selama-lamanya. Untuk itu Nabi Muhammad SAW menghimbau agar suami menyuruh istri dan anak-anaknya untuk membaca surat ini setiap malam.

 “Siapa yang membaca Surat Al Waqiah setiap malam maka dia tidak akan tertimpa kefakiran dan kemiskinan selamanya. Dan Surat Al Waqiah adalah surah kekayaan, maka bacalah ia dan ajarkan kepada anak-anakmu semua.”

“Ajarkanlah Surat Al Waqiah kepada isteri-isterimu. Kerana sesungguhnya ia adalah surah Kekayaan.” (Hadis riwayat Ibnu Ady)

2. Sebagian ulama memfatwakan bahwa dengan membaca surat ini setiap hari dan malam dalam satu majlis sebanyak 40 kali, selama 40 hari pula, maka Allah akan memudahkan rezekinya dengan tanpa kesukaran dan mengalir terus dari pelbagai penjuru serta berkah pula.

3. Siapa yang mengamalkan untuk membaca surat ini sebanyak tiga kali ba’da Subuh dan Isya, maja tidak akan berlalu masa setahun itu melainkan ia akan dijadikan seorang yang hartawan lagi dermawan.

4. Jika surat ini dibacakan di sisi mayat atau orang yang sedang nazak, Insya’Allah di permudahkan untuk roh keluar dari jasadnya.  Surat ini juga dibaik dibcakan ketika menjenguk orang sakit, maka aka diringankan sakitnya oleh Allah.  Baik juga dibacakan kepada orang yang akan melahirkan, agar proses persalinanya menjadi lancar.

5. Al Waqiah juga mampu mendatangkan rezeki yang sangat berlimpah bagai air bah, jika  dalam amalannya diawali dengan berpuasa selama satu minggu yang dimulai pada hari Jumat. Selama menjalani ini harus rutin membaca surah ini setelah habis shalat hingga Jumat berikutnya. Setelah selesai amalan ini maka hendak memperbanyak sedekah, kemudian jadikan surat ini sebagai amalan rutin dari pagi hingga malam, insyaallah rezeki mengalir seperti air bah.

6. Jika menjadikan surat ini menjadi wirid, maka Allah SWT memberikan kemudahan dan kesenangan selama-lamanya.

Sudah siapkah Anda untuk mempraktikkan? Ayat-ayat Allah memang selalu memberikan keberkahan. Khusus untuk   Al Waqiah sudah banyak orang yang mempraktikan memperoleh kebenaran dari hadis-hadis yang menjadi sabda Nabi Muhammad ini.  Bacalah Surat Al Waqiah ini dengan hati yang ikhlas memohon rezki dari-Nya. Dalam niat kita dengan rezeki yang banyak kita dapat beribadat kepadaNya dan membuat amal jariah. Insyaallah Allah SWT memperkenankan doa-doa kita.
Tag : Islam
24 Komentar untuk "Bacalah Al-Waqiah, Surat Pendatang Kekayaan"

Insya Allah semoga bisa selalu mengamalkan ...

bukan nya ini do'if.?? dalil yg di gunakan lemah... (salahkan/hapus komentar saya jika saya salah) :)

Syeton ada dimana - mana

waduh sy orang awam jd bingung mana yg di percaya..gak ngerti apa itu doif ato apalah namanya..ksh penjelasan dong..

InsyaaAllah...Ya Allah..permudahkanlah rezekiku..aamiin

Baca dlu baik" semuanya bacaannya dri awal smpe akhir, disitu ada banyak hadist" yg menyebutkannya dan ini shahih mnurut sa'ad al mufti

selama hanya memohon kepada Allah, semua ayat alquran atau pun surah waqiah adalah baik untuk di baca atau di amalkan kuncinya yakin Allah akan menolong...

jng cuma d baca tapi d amalkan apa yg terkandung d dlmx, tdk ada rejeki yg dtang tanpa kita berusaha dan bekerja..

Hadistnya dhoif ya? Mgkin bisa membawakan dalil yg lbh masyur atau kuat?

Insyaallah...akan selalu menjadi amalan kami sekeluarga.agar kami terlepas dari kefakiran&dpt berbagi dengan sesama.amin...allahuma amin.

lebih jelasnya cermati aja arti dari surat al waqiah

lebih jelasnya cermati aja arti dari surat al waqiah

Niat yg akan jadi penentu sebuah usaha.surat al waqiah adalah salah satu surat dalam al quran.al quran adalah mukjizat yg allah.swt berikan kepada nabi muhammad.saw..jd tetap allah.swt yg menentukan hasilnya..semoga usaha kita d kabulkan allah.swt.amiin..

Masya Allah.. Subhanallah....

Tidak ada hadis atau dalil yg bisa dijadikan hujjah , jadi ini suatu kesalahan dlm pemahaman surat.

Yg mengomentari dalil mungkin belum memahami ini, atau memang berbeda pendapat.
Dalam perkara fadha'ilul a'mal (keutamaan/faidah suatu amal ibadah) hadits dho'if boleh dan dapat dijadikan dalil. Artinya hadits yg berisi tentang keutamaan/fadilah sebuah amal ibada boleh diamalkan walaupun haditsnya dho'if..
Yang tidak boleh adalah menggunakan hadits dho'if sebagai dalil dlm perkara hukum, dgn kata lain tidak boleh mengamalkan hadits dho'if yg berbicara masalah hukum..

Kita pasti sepakat apa hukum membaca al-Qur'an dan berdzikir dengannya, sedangkah di atas sudah jelas, yg dibahas adalah fadilah/faidah/keutamaan yg didapat dari membaca surah al-Waqi'ah,,
Artinya yg jadi perdebatan bukan boleh tidak nya membaca al-Qur'an tapi apakah benar akan fadilah atau berfaidah seperti di atas (memperlancar & memperlular rizki)?
Jika ternyata fadhilah itu tidak benar, tidak ada dosa bagi yg mengamalkannya karna pada dasarnya membacanya saja sudah merupakan sebuah ibadah dan sudah jelas nilainya..
Mohon dibedakan antara hukum berbuat/beramal dengan faidah perbuatan/amal terserbut..
Wallaahu a'lam..

Banyak sekali keutamaan yang bisa kita dapatkan membaca sholawat nariyah, simak juga ulasan kami tentang sholawat nariyah Sholawat Nariyah dan cara mengamalkannya

semoga bermanfaat bagi pembacanya n pahala yg melimpah buat adminnya... aamiin Ya rabbal'alamiin

Back To Top