Alasan Ilmiah Larangan Mencabut Uban - Kumpulan Info Unik

Alasan Ilmiah Larangan Mencabut Uban

Uban merupakan rambut yang berubah warna dari hitam menjadi putih dan dianggap sebagai sebagai konsekuensi dari usia tua. Dahulu, uban hanya muncul bagi mereka yang telah lanjut usia, namun kini orang yang masih berusia muda bahkan masih anak-anak ada yang rambutnya sudah beruban. Hal ini disebabkan karena faktor genetis ataupun asupan nutrisi dari makanan yang diperolehnya.

Munculnya uban kerap membuat tidak nyaman sehingga ingin segera mencabut  atau mengganti warnanya dengan warna lain. Tidak sedikit pula yang mencabut uban dengan alasan supaya tampak tetap muda.

Ternyata kegiatan mencabut uban dilarang dalam dunia medis. Menurut laporan terbaru dari Livescience.com, rambut abu-abu yang kemudian memutih ini bisa menjadi tanda yang baik sehat. Studi ini dilakukan oleh peneliti dari Museo Museo Nacional de Ciencias Naturales di Spanyol, Ismael Galvan pada tahun 2012 lalu.

Dalam studinya Ismael Galvan telah menemukan bahwa orang yang memiliki uban justru panjang umur dan sehat.  Uban muncul karena berkurangnya kadar melanin yang merupakan faktor utama yang menentukan warna kulit dan rambut seseorang. Kebanyakan melanin akan membuat kulit dan rambut tubuh menjadi gelap. Jika melanin berkurang, ini pertanda bahwa tubuh sehat dan kulit menjadi normal.

Ismael Galvan menambahkan, mencabut uban berbahaya bagi kepala karena akan merusak  kondisi folikel, akar rambut dan saraf-saraf kepala. Dengan mencabut uban akibatnya jumlah rambut akan menipis lalu uban akan terlihat lebih banyak meskipun jumlahnya sama. Selain itu, kerusakan folikel akan berdampak pada kesehatan selaput kepala.

“Jauh dari tanda terkait penuaan, uban mengindikasikan kondisi yang baik,” ungkap Ismael Galvan

Sudah dilarang sejak 1400 tahun silam
Jika sains modern baru menemukan sekitar tiga tahun lalu terkait bahaya mencabut uban, maka Agama Islam telah melarang umatnya sejak 1400 tahun lalu agar tidak mencabut rambut putih ini. Melalui Nabi Muhammad SAW, Allah memerintahkan agar tidak mencabut uban dengan alasan keimanan. Namun ternyata, tidak melulu soal iman, Allah memiliki alasan medis tersendiri terhadap larangan ini.

Muhammad bin Hibban At Tamimi rahimahullah, yang lebih dikenal dengan Ibnu Hibban, dalam kitab Shahihnya menyebutkan pembahasan “Hadits yang menceritakan bahwa Allah akan mencatat kebaikan dan menghapuskan kesalahan serta akan meninggikan derajat seorang muslim karena uban yang dia jaga di dunia.”

Selain itu, Ibnu Hibban membawakan hadits berikut. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah mencabut uban karena uban adalah cahaya pada hari kiamat nanti. Siapa saja yang beruban dalam Islam walaupun sehelai, maka dengan uban itu akan dicatat baginya satu kebaikan, dengan uban itu akan dihapuskan satu kesalahan, juga dengannya akan ditinggikan satu derajat,” (HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Penelitian yang umumnya dilakukan oleh non muslim kerap kali menjadi penguat terhadap kebenaran Islam. Pengetahuan ini didapatkan Nabi Muhammad pada saat zaman masih sangat jauh dari sains dan teknologi. Dimana perintah dan larangan yang Ia berikan, hanya dilakukan  oleh umatnya sebagai bentuk ketaatan atas keimanan kepada Allah SWT. Namun ternyata, perintah dan larangannya memang mengandung pengetahuan yang tidak dibayangkan sebelumnya. Subhanallah.
Tag : Islam, Kesehatan
35 Komentar untuk "Alasan Ilmiah Larangan Mencabut Uban"

ilmuwan sekarang ngontek aja ya wkwkwkwkw

kebanyakan emang gitu... wkwk

ilmuwan memberi penjelasan secara logika dari sains, tentang alquran itu adalah benar dan baik. maka dari itu gali setiap tafsir di dalamnya, nanti kalau ilmuwan non muslim yg menemukan penjelasannya secara lebih logis dibilangnya nyontek, padahal kita yg bermalasan

Semua bersumber dr Alqur'an....

Al-Qur'an memang diturunkan selain penunjuk jalan kebenaran, ternyata banyak manfaat untuk kehidupan kita dimuka bumi...

Sumber refrensi tentang penelitian Ismael Galvan bisa dicari dimana ya???

Alhamdulillah udh ubanan gua hehe

Allahu akbar...

Keren infonya
Ane juga udah ubanan hehe
Thanks infonya...

Thanks info nya gan.
Izin copas gan

subhanalloh

uban gue sudah banyak, modah - modahan panjang umur

ya memang kok barat selalu mengkaji ajaran Islam,dan menelitinya, jadi ilmuwan barat di pandu juga dr ajaran Muhammad SAW... :D

Saya sudah mencabut uban pertamaku 😭

sumpah nyesel gue nyabutin uban mulu,ternyata si kecil mungil nan putih itu luar biasa khasiat nya,subhanallah allahu akbar i love allah @michu foollevel...muachuach

asiiikk...udah ubanan...

Mantappp...bener sekali...dibalik larangan ada manfaat

semua isi yg terkandung di dalam alquran. semua ada benarnya...dan tidak di ragukan lagi..subhanallah

Klo mencabut uban kan bisa tambah banyak, berarti cabut aja tuh uban biar banyak, biar dosa banyak yg dihapus dan dinaikkan 1derajat/helai, wkwkw
#JanganDiLakukan

saya dah berumur 33 tahun dan rambut uban dikepala saya seperti berumur 47 tahun, namun dari kesemuanya penjelasan di atas mengenai hadits al'qurna tersebut benar atau tidaknya tergangtung dari penilaian dan tanggapan masing2 umat muslim

kalo saya pribadi bersyukur diberikan uban saat berumur sekarang karna, itu menandakan bahwa saya harus lebih mawasdiri untuk menjalani kehidupan serta akan selalu mengingat ajaran2 al'quran....

subbhanallah... ajaran Allah sungguh luar biasa...

and nơ my question had a answer, i'm 23 years old but i had gray hairs and i don't know why when i'm so young may be i got gen from my father , but in this post i more understand

Back To Top