Enam Menu Sarapan Favorit Orang Indonesia - Kumpulan Info Unik

Enam Menu Sarapan Favorit Orang Indonesia

Sarapan pagi merupakan salah satu upaya pemenuhan nutrisi sebelum memulai aktivitas seharian. Menu yang dianjurkan adalah makanan yang ringan bagi kerja perncernaan. Biasanya menu saat sarapan dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kadar serat tinggi dengan protein yang cukup namun dengan kadar lemak rendah.

Indonesia dengan beragam kulinernya memiliki menu favorit yang diracik untuk menu sarapan pagi. Jika di berbagai negara terbiasa dengan roti yang diolesi selai, tidak demikian dengan orang Indonesia. Orang-orang di negeri ini menyukai bahan olahan beras yang merupakan makanan pokok untuk diracik menjadi menu sarapan, serta menu-menu yang berkuah. Apa saja menu sarapan favorit orang Indonesia? Berikut ulasannya.

1. Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan menu pilihan pada saat sarapan. Menu makanan ini merupakan racikan dari nasi biasa yang digoreng dan diracik dengan bumbu-bumbu pilihan seperti bawang merah, bawang putih, lada dan sayur mayur lalinnya. Biasanya menu sarapan ini akan lebih nikmat jika ditambah dengan telur ayam dan kerupuk.

Ternyata tidak hanya orang Indonesia saja yang menyukai nasi goreng. Pada tahun 2011 lalu, makanan ini dinobatkan sebagai makana terlezar kedua setelah rendang versi CNN International. Kini tidak hanya untuk sarapan, nasi goreng sekarang juga biasa dimakan pada waktu malam hari.

2. Soto 

Soto merupakan menu sarapan yang digemari masyarakat Indonesia. Panganan bekuah ini memang ada disetiap provinsi di Indonesia. Kelezatan masakan berkuah ini dapat dijumpai di hampir setiap sudut jalan. Beda daerah, beda pula jenis sotonya. Untuk wilayah Sumatera soto yang terkenal adalah Soto Padang, Soto Medan. Sedangkan di wilayah Jawa, ada soto Betawi, Lamongan, Soto Kudus, soto Banjar dll. Sementara di Sulawesi ada coto makasar yang sudah sangat terkenal.

3. Bubur Ayam

Bubur ayam juga masuk dalam jajaran sarapan yang menjadi favorit orang Indonesia. Menu ini merupakan olahan dari beras yang dimasak dengan jumlah air yang banyak sehingga teksturnya menjadi lebih lembut. Untuk rasa yang menggugah selera, maka ditambahkan kaldu ayam yang disajikan dengan irisan daging ayam. Menu sarapan ini juga dilengkapi dengan taburan daun bawang cincang, bawang goreng, seledri, tongcai (sayur asin), kedelai goreng, cakwe, dan kerupuk.

4. Pecel

Pecel adalah makanan yang menggunakan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan aneka jenis sayuran. Asal kata dan daerah pecel belum diketahui secara pasti, tetapi dalam bahasa Jawa, pecel dapat diartikan sebagai 'tumbuk' atau 'dihancurkan dengan cara ditumbuk'.

Pecel diperkirakan berasal dari Ponorogo, Jawa Timur, karena bumbu sambal kacang yang digunakan dalam campuran pecel mirip dengan yang digunakan sebagai bumbu sate Ponorogo. Makanan ini juga mirip dengan gado-gado yang dibedakan dengan campuran bahan dan tekstur bumbunya.

5. Lontong Sayur

Lontong adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari beras dibungkus dalam daun pisang atau dalam plastik. Penyajiannya dengan dipotong-potong menjadi bagian kecil dan ditambahkan dengan sayur. Penyebarannya pun cukup banyak. Bahan pelengkapnya juga bervariasi. Ada ayam, telur rebus, nangka, pakis, dan lain-lain. Yang membuat makanan ini lebih unik adalah adanya lontong malam. Jadi ketika kalian ingin makan lontong malam hari, kalian bisa menemukannya di kedai yang menjual lontong malam.

6. Nasi Uduk

Nasi Udul merupakan nasi putih yang diaron dan dikukus dengna santan dari kelapa yang diparut, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai, dan merica. Makanan ini dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar yang sudah diiris-iris, kering tempe, dan sambal dari kacang. Makanan ini juga menjadi pilihan masakan bagi kebanyakan orang Indonesia karena rasanya yang gurih dan nikmat.

Nah yang manakah menusarapan favorit Anda?
Tag : Info Unik
0 Komentar untuk "Enam Menu Sarapan Favorit Orang Indonesia"

Back To Top