Awas, 5 Hal Ini Dapat Merusak Fungsi Hati - Kumpulan Info Unik

Awas, 5 Hal Ini Dapat Merusak Fungsi Hati

Hati merupakan organ penting bagi tubuh agar sistem metabolisme berfungsi maksimal. Organ ini berperan besar dalam proses detoksifikasi atau penawar dan penetral zat-zat racun di dalam darah. Jika fungsi organ ini terganggu, maka manusia tidak akan lama bertahan hidup. Oleh karena itu banyak hal yang dilakukan orang untuk menjaga organ yang kerap disebut liver ini. Namun hati-hati, tindakan yang biasanya tidak berhubungan dengan hati terkadang malah bisa merusak organ ini. Berikut ini lima hal mengejutkan yang ternyata bisa merusak hati.

1. Membuat Tato yang Tidak Steril
Siapa yang menyangka bahwa tato ternyata berpotensi menyebabkan gangguan fungsi hati. Membuat tato atau body piercing di tempat yang tidak menjamin kebersihannya, dapat menyebabkan infeksi serius yaitu hepatitis C. Virus penyakit ini bisa menyebar melalui darah dari orang yang terinfeksi yang ditato sebelumnya. Untuk hepatitis C tidak ada vaksinasi untuk mencegahnya, hal ini yang menyebabkan penyakit hati yang akan sulit disembuhkan seumur hidup.

2. Suplemen Herbal
Umumnya orang menganggap bahwa herbal sebagai alternatif bahan alami untuk obat tradisional. Namun ternyata herbal alami tidak terjamin selalu aman. Beberapa obat-obatan herbal juga telah dilaporkan memiliki efek hepatotoksik. Itulah yang menyebabkan beberapa negara telah melarang atau membatasi rempah. Kelompok berikut disarankan menghindari penggunaan herbal secara umum kecuali diperintahkan oleh penyedia medis mereka, yakni wanita yang sedang hamil atau menyusui, anak-anak, penerima transplantasi organ, orang dengan sirosis hati dekompensasi, dan orang-orang dengan kondisi medis yang serius.

3. Terlalu Banyak Vitamin A
Vitamin A memang baik untuk memperbaiki penglihatan, menguatkan tulang, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun jika kebanyakan mengkonsumsi vitamin ini, maka berpotensi akan merusak hati. Hindari mengambil suplemen vitamin A sebagai kimia dan sebagai gantinya menggunakan vitamin A yang berasal  dari tanaman.

4. Gula Tambahan
Terlalu banyak mengkonsumsi gula tidak hanya menyebabkan sakit diabetes dan kerusakan pada gigi saja. Bahan ini juga berpotensi untuk merusak hati. Organ ini menggunakan satu jenis gula, yang disebut fruktosa, untuk membuat lemak. Terlalu banyak gula dapat menyebabkan penyakit hati. Bahkan, gula dinilai memiliki tingkat bahaya yang sama dengan alkohol dan obesitas.

5. Obesitas
Lemak yang berlebih pada tubuh dengan obesitas biasanya turut membangun sel di hati yang dapat menyebabkan NAFLD. Hal ini dapat menimbulkan pembengkakan hati. Seiring waktu, jaringan parut mengeras dan menggantikan jaringan sehat (dokter menyebutnya sirosis).

Nah sudah tahukan sekarang apa saja yang bisa merusak fungsi hati. Ternyata hal-hal yang tidak diduga sebelumnya berpotensi merusak hati. Semoga informasi ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.
Tag : Kesehatan
1 Komentar untuk "Awas, 5 Hal Ini Dapat Merusak Fungsi Hati"

Back To Top