Alasan Penggunaan Awalan 'i' Pada Produk Apple - Kumpulan Info Unik

Alasan Penggunaan Awalan 'i' Pada Produk Apple

Apple merupakan perusahaan yang bergerak dibidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Produknya selalu ditunggu-tunggu oleh pecinta gadget di seluruh dunia.

Namun diantara kita pasti pernah bertanya kenapa setiap produk yang diluncurkan Apple selalu berawalan dengan huruf ‘i’? Sebut saja seperti iPad, iMac, iPod, iPhone, serta iTunes. Lalu apa sebenarnya makna dari awalan huruf ‘i’ dari perusahaan besutan Steve Jobs tersebut?

Dikutip Quora, huruf 'i' pada produk-produk Apple sebenarnya diawali oleh iMac. iMac sendiri adalah hasil persilangan antara internet dan Macintosh, sehingga jadilah iMac. Jadi, ‘i’ mewakili internet dan ‘Mac’ mewakili Macintosh. Internet merupakan kata yang paling sering dikira diwakili ‘i’. Namun, internet bukanlah satu-satunya arti ‘i’ yang dimaksud Jobs.

Penamaan dengan huruf ‘i’ pada iMac pertama kali dicetuskan pada tahun 1998. Saat itu, Apple masih di bawah kepemimpinan Steve Jobs. Jobs juga mengungkapkan bahwa huruf 'i' juga memiliki makna lain, yaitu individu. Artinya, mengacu pada sifat pribadi dari komputer, yaitu menginstruksikan, juga bertujuan untuk pendidikan, informasi, serta inspirasi.

Lahirnya iMac menjadi cikal bakal produk Apple dengan nama awalan 'i' yang selanjutnya digunakan untuk iPhone, iPad, iPod, iWatch, dan lain sebagainya.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino ini sampai-sampai membuat geger dunia IT lantaran mengambil langkah untuk mengamankan domain-domain yang memiliki nama mirip seperti iTunes. Sebanyak 16 domain berhasil diamankan demi mengantisipasi salah ejaan para pengguna internet yang dapat merugikan pihaknya. Di antaranya adalah irtunes.com, itiunes.com, itrunes.com, itubnes.com, itumnes.com, itunbes.com, ituneas.com, ituneds.com, itunesa.com, itunesl.com, itunres.com, itunwes.com, ituynes.com, iutunes.com, iytunes.com, dan oitunes.com.

Hingga kini, seluruh produk yang memiliki nama dengan awalan huruf 'i' akan identik dengan produk Apple.
Tag : Teknologi
1 Komentar untuk "Alasan Penggunaan Awalan 'i' Pada Produk Apple"

emang konsepnya steve jobs itu seperti biasa tpi jadi luar biasa, salut dah buat steve jobs,...

Back To Top