Misteri Sidratul Muntaha, Pohon yang Tumbuh di Atas Langit - Kumpulan Info Unik

Misteri Sidratul Muntaha, Pohon yang Tumbuh di Atas Langit

Sidratul Muntaha merupakan sebuah pohon bidara yang sangat tinggi, tumbuh di langit ke enam dan menjulang hingga langit ke tujuh. Di pohon ini lah Nabi Muhammad bertemu Allah SWT saat menjemput perintah shalat pada peristiwa Isra’ Mi’raj.

Konon pohon inilah yang menandai akhir dari langit dan menjadi penanda batas dimana makhluk tidak dapat melewatinya. Dinamakan sidratul muntaha (pohon puncak), karena ilmu malaikat puncaknya sampai di sini. Tidak ada yang bisa melewatinya, kecuali Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Mengenai Sidratul Muntaha, banyak ulama yang menyodorkan berbagai pendapat. Hadist dari Ibnu Abbas (Radi Allah Anhu) mengatakan bahwa beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan tentang Sidratul Muntaha.

Nabi Muhammad mendeskripsikan bagaimana perjalalannya ke Sidratul Muntaha yang ditemani oleh Malaikat Jibril. Ia menceritakan bagaimana keadaan Sidratul Muntaha namun tidak bisa menggambarkan keindahannya dengan rinci karena hanya Allah SWT yang maha tahu. Pandangan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak melebihi batas yang diizinkan. Ini menunjukkan bagaimana adab beliau saat menjadi tamu Allah SWT.

Di sana Nabi Muhammad melihat berbagai kejadian yang luar biasa. Beliau melihat surga, melihat neraka dan melihat kejadian gaib pada malam isra miraj. Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

Ketika saya dimi’rajkan ke langit ke tujuh, saya diajak ke sidratul muntaha,… ketika pohon ini diliputi perintah Allah, dia berubah. Tidak ada seorangpun manusia yang mampu menggambarkannya, karena sangat indah. (HR. Abu Ya’la Al-Mushili 3450 dan dishahihkan Husain Salim Asad).

Nabi Muhammad SAW menggabarkan sekilas dalam beberapa hadist yang jika dirangkum menyebutkan bahwa Sidratul Muntaha  adalah pohon yang terbuat dari emas seluruhnya. Beberapa dahan yang terbuat dari zamrud,  ada juga yang dari ruby. Dari akarnya keluar dua sungai luar dan dua sungai dalam, Adapun dua yang dalam itu ada di surga sedangkan dua yang di luar itu adalah Nil dan Eufrat. Pohon ini mengukur jarak seratus lima puluh tahun perjalanan dari kaki ke puncaknya.

Nabi Muhammad SAW juga menggambarkan bahwa daun Sidratul Muntaha menyerupai telinga gajah, dan mereka sangat besar: Satu dahan saja dari mereka akan menutupi seluruh dunia. Buahnya berbentuk seperti kendi air. Seluruh pohon yang ditelan oleh cahaya. Pohon ini dikelilingi dan dipeluk oleh banyak malaikat di atasnya. Malaikat Jibra'il juga memiliki tempatnya pada cabang-cabang pohon ini, dan itu adalah cabang yang terbuat dari zamrud hijau

Selain itu, juga tersembur sebuah pegas di bawah pohon itu. Malaikat Jibril mengatakan kepada Nabi Muhammad SAW bahwa pegas tersebut itu bernama Salsabil. Ini adalah sumber dari dua air,  satu adalah Kawthar (Kelimpahan);    yang lain adalah Rahma (rahmat). Kedua sungai mengalir sebelum gerbang Garden. Musim semi Salsabil adalah sumber dari perairan ini.

Dikatakan pula bahwa Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam telah melihat Allah yang berupa cahaya. Di Sidratul Muntaha ini Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam mendapatkan perintah salat 5 waktu.

Dari beberapa hadist bisa menyimpulkan gambaran Sidratul Muntaha :
  1. Sidratul muntaha bentuknya pohon, layaknya pohon bidara. Sama nama, namun beda hakekat.
  2. Pohon ini berada di atas langit ketujuh.
  3. Pohon ini sangat besar, hingga ketika penunggang kuda hendak melintasi bayang-bayangnya, dia membutuhkan waktu 100 tahun baru bisa sampai ke ujung.
  4. Sidratul muntaha memiliki duan dan buah
  5. Daun sidratul muntaha seperti telinga gajah, dan buahnya seperti kendi yang sangat besar.
  6. Terdapat laron-laron dari emas di sana.
  7. Diliputi dengan perintah Allah, hingga warnanya berubah.
  8. Pohon sidratul muntaha sangat indah, hingga tidak ada manusia yang mampu menggambarkan keindahannya.
  9. Di dekat sidratul muntaha terdapat surga
Deskripsi tentang Sidratul Muntaha dalam hadits-hadits tentang Isra Mi’raj tersebut hanyalah berupa gambaran (metafora) sebatas yang dapat diungkapkan kata-kata. Hakikatnya hanya Allah yang Maha Tahu. Ya Rab, berikan kami kekuatan istiqamah dan masukkan kami ke dalam surga-Mu dengan rahmat-Mu. Aamiin
Tag : Fakta, Islam
58 Komentar untuk "Misteri Sidratul Muntaha, Pohon yang Tumbuh di Atas Langit"

Allahumma ij'alna min ahlil jannah..
#Aminn

Allahuma ij'alna min ahlil jannah..
#aminn

SUBHANALLAH

Sepertinya saya baru baca tulisan seperti ini

Allah itu bukan cahaya
Laisakamitslihi sai'un

Tidak ada contohnya

Allah maha besar.jangan sesekali menyombongkan diri atas kepunyaan kita di dunia.akhirat lah yg maha indah

Allah maha besar.tiada seorang pun yang layak untuk menyombongkan diri.karna harta dan jabatan di dunia bukanlah sesuatu yg luar biasa dan kekal abadi

Uraian tentang pohon serupa juga ada dalam Kitab Suci Veda, namun di atas pohon ini masih terdapat angkasa membentang yang didiami makhluk-makhluk yang lebih tinggi dari pada malaikat.

" Dikatakan pula bahwa Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam telah melihat Allah yang berupa cahaya " kenaapa setelah membaca ini saya menjadi tidak enak hati !!!

Selagi Allah & RasulNya tidak memberikan penjelasan yang pasti; jangan merasa pintar dan berani untuk merekayasa penjelasan yang justru bisa menyesatkan umat. Untuk itu, cukup kita imani sekedar yang telah dijelaskan Rasul kepada kita & yang penting adalah pembuktian atas agama yang telah kita proklamirkan,..

Subhanallah,,,,sungguh agung ciptaanmu ya robbi...

Darwin Nasution
delete

Subhanallah Walhamdulillah Walla Illahaillalah Wallohuakbar.

Muhammad Zuchry Nur
delete

Aku sudah pernah pergi kesana.............

Subhanallah...Subhanallah...Subhanallah.

Nabi muhammad saja tidak sampai mendeskripsikan begitu rinci tentang Sidratul Muntaha. APAKAH ANDA YAKIN LEBIH TAU. Sampaikan kebenaran yang anda yakini karena anda lakukan. Jangan justeru membodohi umat dengan halusinasi dan tafsir subjektif.

allah itu bukan cahaya, pernyataan ini salah paham.
tolong diralat artikel ini

Pemikiran Kerdil. Sumbernya dari mana? Dari berita-berita palsu, kitab-kitab yang sudah terNODA oleh pikiran2 SOMBONG SOK PINTER. Dengan membaca itu kita jadi dikerdilkan...padahal sesungguhnya besar, hebat, sampai tidak terbayang.... Jangan sok pinter bung !! Sekolahmu sampai mana???

Islam is not about "we are better than you", Isalm is about "let me show something better for you"

Suhannallhu,,, Tak ada yang bisa tau rupa allah,,,,, karna cahaya tak mewakili dirinya,,,,, intinya kita jalankan saja apa yang ia kehendaki dan jauhi larangannya,,,,,

Iya..Bener....Masa Allah Yang Maha Agung, Maha Besar disamakan dengan CAHAYA.... Mohon diralat..

wah seandainya terkuak rahasia kehidupan seperti dimensi waktu..seru juga berpetualang ke sidratul muntaha....kalo aku sih pengen memetik daun kehidupan sama catatan amal gw...biar ntar nggak kena hisab..LOL...pokoknya subhanallah ,....allahu akbar...semua yg jadi rahasia kehidupan biarlah tetap menjadi rahasia....

iya saya juga merasa ga enak hati, ini perlu diteliti sumber beritanya dari mana apakah hanya penafsiran pribadi atau dari ulama. Jika dilihat di buku "Kisah Para Nabi Untuk Anak" karya Dr. Hamid Ahmad Ath-Thahir, tidak mendefinisikan bahwa "Allah berupa cahaya" tetapi didefinisikan sebagai "cahaya Allah" jadi bukan berarti Allah itu cahaya (2 penafsiran berbeda). Wallahu'alam......

penunggang kuda 100 tahun dikatakan besar? 100.000 tahun cahaya saja baru sebesar galaxi !!??!

Ngarang abisss

Jgn mengira2 malah jd syirik nanti,Allah tidk bs di gambarkan dgn apapun termasu para utusaNYA. Hanya Allahlah yg tau.

Allah tdk bs d gambarkan dgn apapun.....

Sidratul muntaha tidak bisa digambarkan karena Hanya Allah yang Maha Tahu, kita cuma bisa berimajinasi atau membayangkannya

yang dimaksud dari bacaan di atas adalah allah yang berwujud cahaya... pahami dulu baru berkomentar

yang dimaksud dari bacaan ini adalah allah berbicara kepada rasul dengan wujud sebuah cahaya... tapi bukan berarti allah adalah cahaya karena allah bisa berubah wujud sesuai dengan yang dikehendakinya.

Allah berkehendak sesuai kemampuan perangkat mahkluk nya. Misal nabi musa as, bukankah allah jg mengambil wujud sbg api untuk bertemu. Dan bnyak misal2 yg lain. Tp yang pasti api, cahaya, ataupapun itu hnya mahkluk. Dan allah takkan pernah sama dgn mahkluknya."Qs al ikhlas". Hakekat allah hny milik allah. Salam rakhmatan lil alamin.

Allahumma ij'alna min ahlil jannah..
#Aminn Ya Allah,Ya Rahman ,Ya Rahim Ya Zaljalali walikram .

di salah satu artikel yang pernah saya baca juga tentang kejadian Isra' Mi'raj, dikatakan kalau Nabi Muhammad SAW bertemu dengan Allah dan dibatasi oleh cahaya.. jadi Rasulullah hanya dapat melihat cahaya ketika bertemu Allah..
itu aja sih yang bisa saya tangkap...
jadi mungkin artikel di atas, salah ungkapannya dalam mengetik,
mohon maaf kalo salah

@Anonim, wah ente yg bener saja klo komen cb baca dan pelajari lebih jeli lagi dan tanggalkan nalar/akal tentang memahami ilmu ketauhidan hakikat dari wujud, sifat dan asma Alloh SWT yg mana Rabbi Izzati, ingat cahaya itu makhluk ciptaan NYA bro, sedangkan Alloh SWT tidak bisa disamakan atau digambarkan dgn apapun yg mana itu adalah suatu penciptaan, “Dan mereka menyembah selain daripada Alloh SWT apa yang tidak dapat mendatangkan kemudharatan kepada mereka dan tidak (pula) kemanfa'atan, dan mereka berkata: "Mereka itu adalah pemberi syafa'at kepada kami di sisi Allah". Katakanlah: "Apakah kamu mengabarkan kepada Allah apa yang tidak diketahui-Nya baik di langit dan tidak (pula) dibumi?" Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dan apa yang mereka mempersekutukan (itu).” (QS. Yunus10: 18)

subhanallah..,hidup di dunia ni hanyalah fana, batas umur manusia hanya sampe 60tahun jadi perbanyaklah ibadah, amal ibadah yang di bawa bukan harta

subhanAlloh, aammiiinnn ya robal'alammiiiinn...

Kalau saya sih memami suatu hal harus dgn riwat yang jelas, Al-qur'an & Hadist. "selain drpd itu bonus ilmu aja"

Subbehanalloh,, tiada yg bsa menandingi kekuasaan dan kebesaran GustiAlloh yg menciptakan alam semesta beserta isinya,,

smoga qt bsa mrsakn mkna ALLAHUAKBAR stlh mngtahui bsar2 mkhluk2 ALLAH yg tentu tdk ada apa2ny dibanding ALLAH sbg Sang Pencipta

Back To Top