Manfaat Unik Saus Sambal Selain Sebagai Penyedap Makanan - Kumpulan Info Unik

Manfaat Unik Saus Sambal Selain Sebagai Penyedap Makanan

Saus sambal atau saus tomat merupakan salah satu pelengkap untuk menyedapkan rasa makanan.  Misalnya bisa menjadi teman saat makan cemilan, burger, bakso dan makanan lain yang  pastinya memberikan cita rasa tersendiri.

Namun tahu kah anda bahwa ternyata bahan penambah rasa ini memiliki manfaat unik di luar untuk menyedapkan makanan. Mulai dari sebagai penghilang noda, hingga manfaat medis untuk meredakan rasa sakit karena luka. Seperti apa manfaat lainnya, berikut ulasannya.

1. Membuat Onderdil Mobil Lebih Berkilau
Saus sambal ternyata juga bisa digunakan untuk membuat onderdil mobil lebih berkilau. Hugo Pinksterboer, pengarang The Cymbal Book menuliskan bahwa beberapa orang telah membuktikan membersihkan onderdil mobilnya dengan saus sambal. Hasilnya, onderdil mobil kesayangan terlihat lebih berkilau.

Caranya pun cukup mudah, cukup dengan menggosokkan saus sambal ke onderdil mobil yang kotor. Saus sambal memang bisa menyamarkan noda, tetapi Anda butuh tambahan air dan sabun untuk membersihkan kotoran lainnya.

2. Mengkilapkan Bahan yang Terbuat dari Tembaga  
Saus ternyata bermanfaat untuk membuat bahan-bahan yang terbuat dari tembaga menjadi lebih mengkilap. Hal ini tentu akan membantu pekerjaan Ibu rumah tangga yang kesulitan membersihkan peralatan dapurnya yang terbut dari tembaga. Jika Anda ingin membuat peralatan itu terlihat lebih kinclong atau bersinar, Anda bisa menggunakan saus sambal. Daripada menggunakan pembersih logam yang mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya jika terkonsumsi, Anda bisa menggunakan saus sambal.

Caranya pun sangat mudah, cukup dengan mengoleskan saus tersebut ke peralatan tembaga anda. Biarkan nodanya menghilang dengan sendirinya. Untuk hasil masksimal, bisa ditambahkan dengan garam halus yang dicampur dengan saus sambal dan kemudian dioleskan.  Jika nodanya sudah hilang, barulah dibilas dengan sabun pencuci piring dan dibilas dengan air bersih.

3. Meredakan Rasa Perih Luka
Selain bermanfaat untuk menghilangkan noda, saus sambal juga berkhasiat medis yakni meredakan rasa perih karena luka. Anda bisa coba untuk menyimpan beberapa sachet saus sambal atau kecap di dalam freezer. Saus sambal atau kecap beku ini bisa digunakan untuk meredakan rasa perih luka atau memar yang Anda alami. Caranya? Anda bisa mengompres luka atau memar tersebut dengan saus sambal beku dalam sachet.

4. Memperbaiki Rambut yang Rusak karena Kaporit
Anda yang suka berenang pasti pernah mengalami risiko rambut berubah warna menjadi hijau karena kandungan kaporit atau klorin dalam air. Tapi jangan kuatir, karena saus sambal ternyata juga bisa mengembalikan kondisi rambut agar kembali seperti semula. Caranya cukup dengan mengoleskan saus sambal atau saus tomat ke rambut Anda dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu bisa langsung Anda bilas dengan air hingga bersih.

5. Membuat Darah Palsu
Warna saus tomat memang bisa terlihat sangat mirip dengan warna darah. Tak heran jika dalam pesta Halloween atau drama, saus tomat dijadikan properti untuk membuat darah palsu.

Nah sudah tahu kan keguanaan lain saus sambal selain menyedapkan rasa makanan. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa dipraktikan di rumah anda. Sampaikan kritik dan saran anda, dan terimakasih sudah membaca.
Tag : Fakta
0 Komentar untuk "Manfaat Unik Saus Sambal Selain Sebagai Penyedap Makanan"

Back To Top