Malas Sikat Gigi Sebabkan Sakit Jantung - Kumpulan Info Unik

Malas Sikat Gigi Sebabkan Sakit Jantung

Menyikat gigi merupakan tindakan yang sangat sederhana namun sering dilalaikan. Padahal sebuah studi yang dikembangkan American Academy of Periodontology dan American Journal of Cardiology menunjukan bahwa kebiasaan malas menyikat gigi berisiko menyebabkan penyakit jantung. Dalam studi tersebut diketahui bahwa ada hubungan antara penyakit gusi yang menjadi faktor risiko penyakit jantung. Lalu bagaimana hubungan malas menyikat gigi dengan jantung?

Malas menyikat gigi adalah penyebab timbulnya plak di gigi. Penumpukan plak ini berasal dari sisa-sisa makanan yang mengandung bakteri, lendir dan juga virus. Jika plak sudah menumpuk maka akan menyebabkan peradangan gusi dan dari peradangan gusi inilah yang akan menyebabkan penyakit jantung.

Ketika Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula atau pati, bakteri akan melepaskan asam yang menyerang enamel gigi. Plak yang begitu lengket akan membuat asam kontak dengan gigi, dalam waktu lama akan merusak enamel dan kerusakan gigi pun terjadi. Akibatnya, jaringan gusi menarik diri dari gigi, yang memungkinkan bakteri untuk menghancurkan tulang yang mendasari pendukung gigi.

Menurut peneliti bakteri yang ditemukan dalam penyakit gusi dapat masuk ke aliran darah dan menyebabkan peradangan.  Peradangan ini telah dikaitkan dengan pembentukan bekuan darah dan penebalan arteri. Akibatnya, hal ini dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung. Mulut Anda memiliki banyak bakteri di dalamnya, tetapi tidak semua dapat mempengaruhi jantung Anda. Para peneliti menemukan bahwa bakteri tertentu saja di mulut Anda benar-benar terkait dengan penyakit jantung.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa kehilangan gigi akibat penyakit gusi mungkin menjadi tanda bahwa arteri Anda penebalan. Dalam sebuah penelitian, pasien dengan gigi yang hilang menunjukkan dinding tebal di arteri mereka. Hal ini terutama berlaku pada pria dengan penyakit gusi.

Lalu bagaimana jika saya sudah memiliki penyakit jantung?
Jika sudah memiliki penyakit jantung atau baru saja menjalani operasi jantung, Anda harus memastikan dokter gigi Anda tahu. Jika ada pendarahan di mulut Anda, bakteri dari gusi Anda dapat masuk ke aliran darah Anda lebih mudah. Bakteri kemudian dapat berhenti pada katup jantung yang abnormal atau jaringan lainnya di dalam hati Anda. Hal ini dapat menyebabkan kondisi jantung yang disebut endokarditis bakteri, infeksi selaput jantung atau katup. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan hati dan katup. Endokarditis bakteri sangat serius dan bisa berakibat fatal.

Adalah penting bahwa dokter gigi Anda tahu tentang penyakit jantung Anda, sehingga ia benar dapat memperlakukan Anda sebelum perawatan gigi dilakukan. Dokter gigi bahkan mungkin ingin memberikan antibiotik untuk mencegah infeksi di mulut Anda. Ini mungkin diperlukan sebelum membersihkan gigi, ekstraksi, insisi dan drainase jaringan yang terinfeksi di mulut Anda, beberapa jenis suntikan, dan beberapa operasi gigi.
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Malas Sikat Gigi Sebabkan Sakit Jantung"

Back To Top