Benarkah Garam Dapat Mengusir Makhluk Halus? - Kumpulan Info Unik

Benarkah Garam Dapat Mengusir Makhluk Halus?

Garam merupakan bumbu masak yang membuat makanan semakin terasa enak. Namun beberapa kepercayaan tertentu menjadikan salah satu bumbu dapur yang penting fungsinya sebagai penambah rasa sebagai bahan untuk mengusir Makhluk Halus

Biasanya dengan cara menaburkan garam ke sekeliling ruangan pada waktu tertentu misalnya pada saat menjelang magrib. Kegiatan ini dipercaya membuat makhluk halus tidak mampu melewati lokasi yang ditaburi garam.

Orang yang percaya mitos ini mengatakan bahwa makhluk halus mengeluarkan sejenis muatan negatif dan elektromagnet. Hal inilah yang menyebabkan makhluk halus tidak berjalan di tanah karena tanah (Bumi) merupakan sumber elektron atau muatan negatif yang besar. Sementara itu kristal garam mengandung  ion positif, dimana jika ion ini mengenai ion negatif maka akan dinetralisir.

Lantas bagaimana jika garam disebar ditempat-tempat yang sering menunjukan penampakan makhluk halus? Berdasarkan kepercayaan tertentu, makhluk halus ini akan jarang menampakkan dirinya lagi ditempat itu. Karena muatan negatif dari hantu telah dinetralisir oleh muatan positif dari kristal garam yang kita sebarkan tadi. Dengan kata lain kita mempersempit wilayah penampakan hantu. Atas pengetahuan ini lah membuat orang percaya bahwa garam dapat mengusir makhluk halus.

Lalu bagaimana sebenarnya pandang Islam tentang mitos menyebar garam untuk pengusir makhluk halus ini? Rasulullah SAW tidak pernah melakukan tindakan menabur garam untuk mengusir makhluk halus. Cerita tentang garam memang pernah terjadi pada zaman Nabi Muhammad SAW, namun dalam kasus lain. Yaitu ketika sang Nabi SAW disengat kalajengking di jari tangan ketika sedang Shalat.

Setelah shalat Rasulullah keluar dan berkata, “Semoga Allah melaknat kalajengking, ia tidak membedakan antara nabi dan orang lain.”

Rasulullah saw lalu meminta diambilkan bejana berisi air dan garam lalu merendam  bagian yang disengat itu kedalam bejana tersebut sambil membaca Al-Kafirun dan muawwidzatain hingga sakitnya hilang.

Sementara itu, untuk membentengi rumah dari makhluk halus Nabi SAW menganjurkan agar membaca doa saja.

"Barangsiapa yang ketika sore membaca : “Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syaeun fil ardhi wa laa fis samaai wa huwas samii’ul ‘aliim ” tiga kali, maka tidak akan terkena musibah secara mendadak sampai pagi, dan barangsiapa yang membacanya ketika pagi tiga kali, maka tidak akan terkena musibah secara mendadak sampai sore." (HR. At-Tirmidzi dan selainnya, dan hadits ini derajatnya hasan sebagaimana dalam Shahih Sunan at-Tirmidzi.dan dishahihkan oleh   Al-Albany)

Adapun hadits yang kedua, Dari Abi Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah kamu jadikan rumah-rumahmu seperti kuburan, sesungguhnya syetan akan lari dari rumah yang di dalamnya dibaca surah Al Baqarah."(H.R Muslim).

Hadits yang pertama berkaitan dengan perlindungan untuk diri dan hadits yang kedua pembentengan rumah atau pengusiran syetan dari rumah dengan bacaan surat Al Baqarah. Itulah yang diajarkan Nabi SAW kepada kita.

Adapun memohon perlindungan dari  gangguan syetan dari rumah baru, kamar hotel, atau tempat yang dianggap seram adalah dengan membaca doa ini:

A'udzu Bikalimaatillaahit Taammaati min Syarri Maa Khalaq
"Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya." (HR. Muslim)

Nah belum ada penelitian ilmiah dan autentik terkait keterlibatan garam dalam mengusir makhluk halus. Sebaiknya terus menjaga diri dengan dekat kepada Tuhan yang Maha Kuasa agar terlindung dari godaan setan yang terkutuk. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda dan terimakasih sudah membaca.
Tag : Misteri
13 Komentar untuk "Benarkah Garam Dapat Mengusir Makhluk Halus?"

Alhamdulillah, inilah hasil rajin membaca dan mendapat ilmu bermanfaat bagi kita semua terutama Ummat Islam..... Subhanallah.

Terimakasih pada Infoyunik.blogspot.nl dan yang memberi linknya.

Salam

tai besi, garam, bambu kuning, tebu ireng,daun kelor, buah apel, buah pear, apu/enjet/kapur sirih dll...adalah benda2 ya tdak disukai makluk halus.... ....
ini bersadarkan pengalaman..... dan praktek dilapangan...

Konon benda2 yg disebutkan oleh anonim tsb memang benda2 yg tidak disukai makhluk halus dan tampak nyata. Tp jgn lupa bahwa syaiton tdk ubahnya spt manusia yg berusaha memenuhi segala keinginan seseorang demi meraih kepercayaan bahkan menguasai seseorang tsb (contoh: pria merayu wanita: si pria akan berusaha nemenuhi keinginan si wanita agar si wanita percaya pd si pria,anak buah kpd bos,caleg ataupun calon kepala daerah kpd pemilih dlm pemilu,dll). Begitu jg syaiton akan berusaha membuat sesuatu tampak nyata demi menggiring manusia padanya. Salah satunya garam, syaiton memperlihatkan seolah mereka takut pd garam sehingga manusia lebih percaya pd garam ketimbang kalimat2 Allah SWT. Contoh lain diantaranya pesugihan,berdoa ke keramat,dll. Syaiton akan membuat harapan manusia menjadi nyata sehingga manusia masuk dalam naungan syaiton tsb.
Semoga bermanfaat.

Apa salah nya kita berdoa dan juga berusaha,dan lagian mana ada 1 manusiapun yg menTuhan kan garam?berfikir pakai otak bro,jgn pakai selangkangan

Sebuah versi "Dongeng" dari kisah nabi Ibrohim as., in brief: beliau suka menjamu tamu-tamunya, utk lebih dpt membahagiakan tamu yg datang, beliau berdoa, lalu terkabul, malaikat mengambil serbuk dari surga dan menaburkannya ke lautan, malaikat mberitahu kpd Ibrohim as. cara mengolah/mendpt serbuk tsb dari laut yg akhirnya mnjadi serbuk utk ditambahkan pd tiap jamuannya (masakan bagi tamu) menjadi lebih lezat (serbuk tsb = GARAM). Jd, ksimpulannya, GARAM bs 'mengenyahkan' mahluk/roh jahat krn asal-usulnya yg dari (salah satu) surga Allah SWT. Wallahu a'lam...

Bedakan antara setan dengan hantu (devil & ghost)...setan lebih merujuk kepada sifat & kelakuan yang buruk/negatif, sedangkan hantu ya hantu...yang diusir pakai garam tadi

Pertanyaannya adalah, menurut hadist apakah Rasullulah SAW melaknat kalajengking yg tidak punya akal dan bertindak selayaknya binatang?

Pake logika aja masbro,hadist itu buatan manusia...bisa di bulak balikan fakta...al quran aja yg udah pasti dan jelas...banyak perdebatan dan perselisihan gara gara hadist mau sahih soheh sohoh ke...tetep aja buatan manusia hasil telaah manusia yg ilmunya terbatas,walaupun itu hasil telaaham alquran,,,yg pasti pasti aja sekarang mah al quran

Alhamdulillah, namun tolong berhati-hatilah, karena manusia juga memiliki keterbatasan (BEP), kenalilah BEP saudara dan mudah-mudahan tidak melenceng dari yang hakikatnya, Aamiin...

Apakah ada yang merasa pendapatnya paling benar?

Hadits buatan manusia jadi bisa dibolak balikkan... hadits itu juga dijaga bos, makanya ada namanya ahli hadits yg meneliti kesahihan hadits dari sejarah periwayatnya... dikit aja ada cacat misalnya pernah ngibul sekali maka derajat hadits lanhsung turun.... gak mungkin cuman megang Al Quran doang lhawong Rasulullah aja merintahnya megang Al Quran dan Al Hadits... tapi ya mesti hati2 dalam membaca hadits....gitu aja

@goni.... bahasan ini dalam sudut pandang Islam.... dalam Islam gak ada istilah setan dan hantu... adanya jin, malaikat, manusia.... lalu setan itu apa? Setan dan Iblis berasal dari golongan Jin (ada di Al Quran salah satunya Al Kahfi 50 atau 51 saya lupa)... Lalu hantu itu apa? Hantu itu jin yang menyamar jadi arwah manusia yg udah meninggal buat biki sesat manusia... Apakah garam bisa mengusir jin? Kalo emang bener kenapa ada cerita soal kerajaan jin di lautan? Bukannya laut banyak garamnya?

Back To Top