Alat Doraemon yang Berhasil Diciptakan Manusia - Kumpulan Info Unik

Alat Doraemon yang Berhasil Diciptakan Manusia

Siapa yang tidak tahu Doraemon? Cerita kartun asal Jepang ini  ada dalam sejarah masa kecil hingga anda dewasa. Dalam kisahnya, Doraemon adalah Robot kucing dari abad 21 yang dikirim ke bumi untuk menolong Nobita. Hal yang terunik dari Doraemon adalah kantong ajaibnya yang bisa mengeluarkan berbagai macam alat untuk menolong Nobita dalam berbagai kondisi.

Tokoh Doraemon sendiri diciptakan oleh Fujiko F Fujio sejak tahun 1969. Pada tahun tersebut cerita tentang alat-alat dari kantong ajaib Doraemon tentu hanya khayalan semata. Sebut saja baling-baling bambu, satelit pribadi Doraemon, pintu kemana saja dan banyak alat lainnya yang bisa keluar dari kantong ajaibnya.  Namun pada era kini, berbagai alat Doraemon sudah mulai dibuat di dunia nyata. Mungkin saja para pakar tersebut terinspirasi dari alat kucing Robot penyuka kue Dorayaki tersebut. Apa saja alat Doraemon yang sudah berhasil diciptakan manusia? Berikut ulasannya.

1. Baling-Baling Bambu vs Jetpack dan Copterpack

Baling-baling bambu merupakan gadget yang paling populer dari alat-alat Doraemon. Baling-baling bambu bisa membuat Nobita dan kawan-kawan terbang menyusuri kota dan gunung di belakang sekolah. Dalam kisah Doraemon, alat ini berbentuk kitiran yang dipasangkan diatas kepala.

Saat ini para ilmuan sudah menemukan alat yang mirip dengan fungsi baling-baling bambu. Adalah Jetpack dan Copterpack yang bisa membawa orang terbang dengan bantuan alat. Sayang alat ini tidak sepraktis balig bambu dan memiliki kelemahan. Jika Baling-baling bambu bisa terbang kapanpun mereka mau, maka Jetpack dan Copterpack terbatas waktu. Alat ini hanya bisa digunakan untuk terbang dalam waktu beberapa menit saja. Namun mungkin saja seiring perkembangan zaman maka Jetpack dan Copterpack bisa sepraktis baling-baling bambu milik Doraemon.

2. Satelit Pribadi 

Gadget yang satu ini merupakan alat Doraemon yang cukup fenomenal. Kalau biasanya satelit hanya dimiliki perusahaan atau negara, maka Doraemon sudah memilikinya secara pribadi. Nobita yang kerap kali merengek ingin melihat keberadaan Sizuka bisa menggunakan alat ini. Caranya mereka hanya tinggal menandai targetnya terlebih dahulu. Dengan demikian, mereka dapat mengetahui keberadaan seseorang tanpa diketahui oleh orang tersebut.

Tidak ingin kalah dengan Doraemon, para ilmuan dan penemu juga bersaing untuk menciptakan alat yang serupa dengan satelit pribadi tersebut. Sekarang kita bisa melakukan hal yang hampir sama dengan dengan bantuan perkembangan teknologi, coba simak google latitude, google map, google earth atau facebook. Ketiganya mampu melacak orang bahkan bukan hanya posisi tapi juga kesukaan, hobi, status hubungan dan informasi pribadi lainnya Salah satu perbedaan utama adalah untuk memata matai harus seijin target, seperti halnya dalam facebook atau latitude, orang yang kita “mata matai” harus menyetujui kita sebagai teman terlebih dahulu.

3. Konyaku Penerjemah

Dalam kisahnya, Doraemon, Nobita dan kawan-kawan sering melakukan perjalanan ke planet asing yang tidak mereka ketahui. Alhasil mereka akan kebingungan jika bertemu dengan makhluk lain di luar sana. Namun tenang, bukan Doraemon jika tidak memiliki alat untuk mengatasi hal tersebut. Konyaku penerjemah merupakan alat yang yang mampu menerjemahkan semua bahasa dalam waktu seketika. Sepotong jelly konjak yang memungkinkan seseorang untuk memahami dan berbicara bahasa yang dikenal di alam semesta.

Bagaimana di dunia nyata? Saat ini beberapa raksasa IT seperti google atau yahoo telah menciptakan layanan seperti google translator atau yahoo babelfish untuk melakukan hal yang sama dengan cara yang sedikit berbeda

Sekarang baru bahasa manusia yang bisa diterjemahkan, dan belum sempurna betul. Oya untuk bahasa anjing, perusahaan di jepang dan amerika membuat beberapa gadget yang bernama bow-lingual

4. Pembaca Mimpi

Nobita yang pemalas tentu punya banyak kesempatan bermimpi. Suatu saat Doraemon yang kesal tentu memanfaatkan gadgetnya untuk mengerjai Nobita yang sedang tidur.

Alat ini sudah mulai diteliti dan dikembangkan di dunia nyata. Ilmuwan amerika Dr Jack Gallant dari University of California at Berkeley, mengatakan bahwa hasil percobaan mereka memperkirakan bahwa dalam waktu dekat akan dimungkinkan untuk merekonstruksi pengalaman visual dari sesorang dari aktvitas otaknya saja.

5. Sarung Tangan Super

Diganggu Giant? Oh tidak masalah, sarung tangan super punya Doraemon bisa bikin Nobita super kuat. Saat ini umat manusia mempunyai exoskeleton suit yang ditujukan untuk membantu tugas manusia atau sebagai mesin perang. Saat ini eksoskeleton belum diproduksi secara massal dan masih dalam tahap riset serta pengembangan. Tapi banyak ahli merasa bahwa masa depan dari alat ini sangat cerah serta mempunyai banyak pilihan penggunaan.

6. Printer 3 Dimensi

Suneo sering sekali memamerkan gadget mahalnya, tentu saja Nobita tidak akan kalah dengan bantuan Doraemon. Tinggal gambar modelnya, masukkan ke mesin dan semua yang digambar akan menjadi bentuk asli atau 3 dimensi

Sekarang banyak pabrik yang menggunakan acuan dari model komputer untuk memproduksi komponen dalam bentuk presisi dan massal Tentu saja komponen yang diproduksi tidak langsung bisa dipakai, tapi masih dirakit dengan komponen lain. Di masa mendatang tentunya proses akan semakin canggih dan semakin memudahkan untuk membuat alat baru.

7. Pass Kemana Saja

Ingin bayar taxi atau masuk ke MRT ? mudah saja kan ada Pass kemana saja. Pass ini digunakan Nobita pada saat naik taxi dan bertemu dengan artis pujannya.  Pass ini mempunyai masa berlaku yang terbatas dan harus diperbaharui.

Saat ini banyak sekali alat yang mempunyai prinsip bekerja sama seperti pass tersebut (khususnya di luar negeri /di kampus-kampus).

8. Ensiklopedia Segala Tahu

Jika ingin tahu tentang segala sesuatu Doraemon punya alat yang mewujudkannya. Ensiklopedia masa depan adalah mesin yang dijalankan menggunakan perintah suara yang mampu menjawab  segala pertanyaan.

Di dunia nyata alat ini juga sudah dibuat. Sebut saja Google, Bing, Wikipedia dan Yahoo yang mempunyai fungsi seperti gadget Doraemon. Saat ini bahkan mesin pencari sudah mempunyai fitur pencarian berdasarkan suara. Asal menggunakan gadget gadget berbasis Android, Blackberry atau Smartphone Lainnya.

Nah semuanya hanya berawal dari sebuah mimpi bukan? Jadi mulai saat ini jangan remehkan mimpi dan khalayan seseorang. Karena bisa saja apa yang hanya dikhayalkan tersebut pada akhirnya akan menjadi kenyataan. Terimakasih sudah membaca.
Tag : Fakta
0 Komentar untuk "Alat Doraemon yang Berhasil Diciptakan Manusia"

Back To Top