Sakit karena Lidah Tergigit? Atasi dengan Cara ini - Kumpulan Info Unik

Sakit karena Lidah Tergigit? Atasi dengan Cara ini

Aktivitas mengunyah makanan sering kali membuat orang tidak sengaja menggigit lidahnya sendiri. Walaupun terlihat sepela, namun hal ini akan berdampak pada timbulnya rasa sakit dan nyeri sehingga terkadang menghilangkan selera makan. Sebenarnya kondisi ini tidak berbahaya, namun tak jarang   lidah yang tak sengaja di gigit bisa menyebabkan sariawan yang cukup menggaggu.

Rasa sakit akibat lidah tergigit memerlukan waktu untuk penyembuhannya. Anda cukup memeriksa lidah  untuk mengetahui apakah luka yang ditimbulkan besar atau tidak. Luka ini lah yang akan menyebabkan sariawan. Umumnya sariawan lebih mudah terjadi jika daya tahan mukosa rongga mulut sedang mengalami penurunan. Trauma fisik seperti lidah tergigit lebih cepat memicu sariawan. Berikut ini cara mudah untuk mengatasi rasa sakit saat lidah tergigit dan cepat sembuh sehingga tidak berdampak pada sariawan.

1. Minum Air Dingin
Minum air sesaat setelah lidah tergigit, usahakan minum dengan air dingin untuk menghentikan rasa sakit.

2. Kompres dengan Es Batu
Kompreslah bagian lidah yang tergigit dengan menggunakan es batu secukupnya. Hal ini bertujuan menghilangkan rasa sakit dan menghentikan pendarahan pada bagian lidah yang tergigit. Es batu ini memiliki efek yang nantinya akan membuat mati rasa pada bagian yang tergigit.

3. Kumurlah dengan Air Garam
Jika tiba-tiba lidah anda tergigit, cobalah untuk berkumur dengan air garam selama beberapa detik. Memang ada banyak jenis obat kumur di luar sana, namun jenis obat kumur ini lebih sehat dan lebih baik bagi tubuh. Obat kumur garam tidak mengandung bahan kimia jahat. Selain itu, obat kumur garam cukup efektif untuk membunuh bakteri pada mulut Anda.

4. Stop Makan Pedas
Jika saat lidah tergigit anda sedang makan pedas, sebaiknya sejenak untuk meninggalkan makanan tersebut. Pasalnya makanan pedas hanya akan meningkatkan peradangan sehingga memperlambat proses penyembuhan.

5. Sembuhkan Luka dengan Baking Soda
Campurkan sedikit baking soda dengan air. Kemudian aplikasikan pada bagian lidah yang terluka dengan menggunakan cotton bud. Rasanya mungkin akan sedikit pedih, namun lukanya akan segera tertutup dengan alami dan cepat.

6. Kompres dengan Madu
Madu adalah cara tercepat dan aman untuk membantu mengeringkan luka dan mencegah infeksi. Kompres luka dengan menggunakan 1 sdt madu yang didiamkan di mulut agar ia dapat bekerja menutup luka. Selain itu madu akan membantu mengembalikan nafsu makan karena ia meredakan nyeri di lidah.

Semoga informasi ini bisa menjadi pengetahuan baru bagi anda dan keluarga. Terimakasih sudah membaca.
Tag : Kesehatan
1 Komentar untuk "Sakit karena Lidah Tergigit? Atasi dengan Cara ini "

Back To Top