Mitos Larangan Keluar Saat Maghrib Bisa Dijelaskan Secara Ilmiah - Kumpulan Info Unik

Mitos Larangan Keluar Saat Maghrib Bisa Dijelaskan Secara Ilmiah

Maghrib merupakan waktu Shalat  tiga rakaat yang dilakukan ketika bumi berpindah waktu dari siang menjadi malam hari. Saat Maghrib tiba, orang tua biasanya menyuruh anaknya untuk masuk ke dalam rumah dan menghentikan aktivitas di luar rumah. Mereka percaya bahwa saat Maghrib tiba, akan banyak setan dan jin yang berkeliaran. Setelah Magrib, mereka kembali membiarkan anak-anaknya untuk bermain di luar rumah.

Bagi umat Islam, larangan ini merupakan mitos yang dipercaya secara turun temurun. Biasanya mereka hanya meneruskan kebiasaan orang tua dan tidak mengetahui bahwa sebenarnya larangan ini ada dalam hadist Nabi. Dalam sabdanya, Nabi SAW mengatakan bahwa ketika Maghrib, akan banyak setan dan jin yang berkeliaran. Ternyata, hadist Nabi ini bisa dijelaskan secara ilmiah.

Dalam hadist Nabi Muhammad SAW bersabda “Jangan kalian membiarkan anak anak kalian di saat matahari terbenam sampai menghilang kegelapan malam sebab setan berpencar jika matahari terbenam sampai menghilang kegelapan malam,”  (Dari Jabir dalam kitab Sahih Muslim).

Selain itu juga dijelaskan dalam Sahih Muslim Nabi, bersabda: (Jika sore hari mulai gelap maka tahanlah bayi bayi kalian sebab iblis mulai bergentayangan pada saat itu, Jika sesaat dari malam telah berlalu maka lepaskan mereka, kunci pintu pintu rumah dan sebutlah nama Allah sebab setan tidak membuka pintu yang tertutup. Dan tutup rapat tempat air kalian dan sebutlah nama Allah. dan tutup tempat makanan kalian dan sebutlah nama Allah. meskipun kalian mendapatkan sesuatu padanya.”

Hadist Nabi SAW ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Sebuah buku ilmiah keagamaan karya Prof. DR. Ir. H. Osly Rachman, MS berjudul The Science Of Shalat yang diterbitkan Qultummedia  menjelaskan bahwa menjelang Maghrib, alam akan berubah menjadi spektrum cahaya berwarna merah. Cahaya merupakan gelombang elektromagnetis (EM) yang memiliki spectrum warna yang berbeda satu sama lain. Setiap warna dalam spectrum mempunyai energi, frekuensi dan panjang gelombang yang berbeda.

Dalam bukunya dijelaskan bahwa ketika waktu Maghrib tiba, terjadi perubahan spectrum warna alam selaras dengan frekuensi jin dan iblis, yakni spektrum warna merah. Pada waktu ini,  jin dan iblis amat bertenaga karena memiliki resonansi bersamaan dengan warna alam. Pada waktu Maghrib, banyak interfernsi atau tumpang tindihnya dua atau lebih gelombang yang berfrekuensi sama sehingga penglihatan terkadang kurang tajam oleh adanya fatamorgana.

Dalam Islam, pada waktu magrib dijelaskan bahwa setan bersamaan dengan datangnya kegelapan mulai menyebar mencari tempat tinggal, karena mereka tersebar dengan pemandangan luar biasa biasa dan jumlah yang tidak ada yang tahu selain Allah. Sebagian setan takut dari kejahatan setan yang lain, sehigga setan harus memiliki sesuatu yang dijadikannya sebagai tempat berlindung dan mencari tempat aman.

Maka ia bergerak dengan cepat melebihi kecepatan manusia dengan kecepatan berlipat lipat, beberapa dari mereka berlindung dalam wadah kosong, berlindung ke rumah kosong, dan beberapa dari mereka berlindung kepada sekelompok manusia yang sedang duduk duduk. Mereka tentu tidak merasakannya, mereka ikut menimbrung supaya menjadi aman dari penindasan saudara sesama setan yang juga berkeliaran seperti angin di bumi karena yang boleh hidup hanya yang kuat saja.

Kadang kala setan mengganggu anak kecil manusia untuk dijadikan tempat berlindung. Selain itu setan juga berlindung ditempat yang kotor seperti pada popok bayi yang sudah kotor. Mereka lebih memilih popok bayi karena najis sebagai tempat persembunyian, sehingga mendorong mereka untuk tinggal.

Anda pasti pernah menemukan beberapa anak menjerit tiba-tiba dan beberapa yang menggelapar dalam tidurnya karena gangguan iblis yag merasukinya saat dijadikan tempat berlindung.

Pada waktu maghrib, kita dihimbau untuk menjauh dari hewan, seperti kucing, burung, dan mengurangi kecepatan saat mengemudi mobil karena dikuatirkan menabrak anjing atau hewan lain yang bisa jadi telah dirasuki setan, dan tidak boleh jalan jalan di tempat sepi atau duduk di tempat itu, atau melempar batu ke dalam kamar mandi, kebun dan laut.
Tag : Fakta
127 Komentar untuk "Mitos Larangan Keluar Saat Maghrib Bisa Dijelaskan Secara Ilmiah"

Infonya bagus banget Mas.... Tapi kalau mau ajak anak kecil sholat saat maghrib di Masjid gimana dong???

Bagus nya memang diajak ke masjid

Saudara hendra..
Di atas kan sudah ada penjelasannya.

Saudara hendra..
Di atas kan sudah ada penjelasannya.

Sy nga tahu apa ini ilmiah, menurut sy penulis harus meluruskan dulu apa definisi "setan" Dan "Jin" serta apa referensinya. Tnpa itu org masih berpikiran bhw setan Dan Jin adalah makhluk yg terbang diangkasa memiliki kekuatan super power yg tak dpt dilihat mata manusia namun dpt melukai manusia. Seperti yg digambarkan dlm media film. Sementara sbgian lg spt sy berpendapat setan adalah keinginan (ego) yg memberontak dlm diri setiap manusia utk melakukan perbuatan yg melawan aturan Tuhan. Jadi setan bukan sebuah entity namun adalah ego yg ada dlm diri setiap manusia cuma kadarnya berbeda-beda.

Sangat masuk diakal. Segala petunjuk dari Islam sudah pasti ada sebabnya. Hanya manusia yg malas berpikirlah yg tidak menerima petunjuk itu. Bisa juga dikatakan sebagai orang munafiq

diataskan udh dijelasin to.
Saat Maghrib tiba, orangtua biasanya menasehati anaknya masuk ke dalam rumah. Menghentikan aktivitas di luar rumah, lalu menunaikan salat. Jika pun keluar sebaiknya pergi ke masjid melaksanakan salat berjamaah.

Boleh saja mas, asal gak ganggu ohusu nya orang lain shalat. !!

Orang tua2 dulu jg begitu.., melarang anak2nya untuk main2 diluar rumah pada saat maghrib..

Mari sama sama mencari keterangan pasti dari alquran.

dimana ilmiahnya ? cuma sekedar fatamorgana doang ? ngga ada efek lain nya lagi ? masih kurang paham sama penjelasan 'ilmiah' nya nih saya .


trus maksud setan dan jin itu apa ? apakah kuntilanak, pocong dan sejenisnya ? atau setan yang sebener-benernya setan yang berasal dari neraka ?

Mas Sulaiman brammas, saya rasa tdk perlu lagi penulis mendefinisikan tentang jin dan syetan, karena sejak awal bahasan sudah berada di dalam konteks keagamaan. Yang mana agama menjelaskan bahwa jin dan syetan juga merupakan makhluk allah sama seperti manusia yg hanya berbeda dari material penciptaannya dan keghoibannya.

Tentang ilmiah atau tidak, saya rasa yg dimaksud penulis adalah korelasi antara penjelasan dari sudut pandang agama dengan penjelasan ilmiah yg memperkuat penjelasan yang sudah ada.

sangat bermanfaat. saya izin share di blog saya boleh?

Ya waktu kecil aku juga diajar gitu.

ego yg ada dlm diri setiap manusia itu namanya hawa nafsu yang kadarnya berbeda-beda utk setiap manusia, sedangkan setan adalah makhlukTuhanyang diciptakan dari api dan hawa nafsu cenderung dipengaruhi setan supaya manusia melakukan perbuatan yg melawan aturan Tuhan.

"Larangan diluar ketika maghrib" ini adalah sebuah mitos (setan itu mitos), tapi ilmiahnya adalah pada maghrib itu adalah pergantian suasana dan suhu udara lingkungan yang ditandai dengan perubahan spektrum warna langit menjadi kemerahan (lembayung) yang merupakan gelombang elektromagnetis (EM), Setiap warna dalam spectrum mempunyai energi, frekuensi dan panjang gelombangnya berbeda-beda yang dapat mempengaruhi penglihatan anak defisiensi vit A.

dlm alam ini terbagi menjdi 2 bgian, baik dan burk, baik sifatnya malaikat, buruk sifatnya iblis, yg nmanya sifat bergeraknya melalui energi, baik dlm tubuh maupun alam smesta, sdgkan peredaran alam smsta mempengaruhi jlnya hdup manusia, dan... sinar yg keluar pda wktu senja itu sifatnya merusak, krna energinya terlalu keras kl diserap ditubuh, kl setiap sore ngeluyur, akibatnya dya pikirnya akan cenderung ke arah yg negatif, mka sgt ariflah ne2k motang kita dlu, tuk melarang kita keluar pd wktu senja (magrib)

Dulu tetanggaku yg masih balita pas mulai maghrib n pintu gak ditutup tiba2 nangis jejeritan dan ketakutan pas melihat keluar pintu

bisa dijelaskan 2 pernyataan ini darimana!!
"frekuensi jin dan iblis, yakni spektrum warna merah" dan"Pada waktu Maghrib, banyak interfernsi"

kok kayaknya kurang tajam penjelasan ilmiahnya ya. contoh: ketika waktu Maghrib tiba, terjadi perubahan spectrum "warna alam selaras dengan frekuensi jin dan iblis, yakni spektrum warna merah. Pada waktu ini, jin dan iblis amat bertenaga karena memiliki resonansi bersamaan dengan warna alam". disitu tdk dijelaskan kenapa warna merah itu bisa menambah tenaga bagi setan atau jin. Memang warna merah itu mengandung apa dan kenapa selaras dgn jin. Sifat apa yg dimiliki kedua objek tsb yaitu MERAH DAN JIN.

didikan orang tua tidak sekedar mitos

Waah info yg bagus bgd mas,alhamd saya sllu tutup pintu rumah ql magrib

terimaksih infonya sangat bermanfaat

Kata “setan” diambil dari akar kata “syathana”, dan “syâthin” mempunyai makna “yang buruk”. Dan “syaithân” adalah suatu wujud pembangkang dan penentang, baik dari golongan manusia, jin, atau makhluk-makhluk yang lain. “Syaithân” juga mempunyai makna lain, yaitu ruh jahat yang jauh dari hak dan kebenaran. Pada hakikatnya, semua arti ini kembali kepada satu arti yang sama.

Harus kita camkan bahwa setan adalah sebuah nama umum (genus), sementara “iblis” adalah nama khusus (‘alam). Dengan kata lain, “setan” dapat diatributkan kepada setiap wujud yang berbahaya, menyesatkan, pembangkang, arogan, dan penentang, baik dalam bentuk manusia maupun selain manusia. Dan “iblis” merupakan nama dari setan yang senantiasa menciptakan tipuan daya kepada manusia, dan sekarang ia pun selalu menunggu kesempatan dengan seluruh bala tentaranya untuk menyerang benteng pertahanan manusia.

Dari penggunaan kata “syaithân” di dalam Al-Qur’an dapat dipahami bahwa setan adalah sebuah wujud pengganggu dan berbahaya, wujud yang telah terusir dari jalan yang benar dan senantiasa sibuk mengganggu yang lainnya, wujud yang selalu memunculkan perpecahan dan kerusakan. Kita membaca dalam Al-Qur’an, “Sesungguhnya setan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara Kamu ....” (QS. Al-Ma’idah [5]: 91)

Dengan memperhatikan bahwa kalimat “yurîdu” merupakan fi’il mudhâri’ (kata kerja masa datang) dan menunjukkan kontinuitas sebuah pekerjaan, maka kalimat di atas menunjukkan bahwa kehendak ini merupakan kehendak yang “senantiasa” yang dimiliki oleh setan.

Dan di sisi lain, di dalam Al-Qur’an kita melihat bahwa “setan” tidak meberarti sebuah makhluk yang khusus, tetapi “setan” ditujukan pula kepada manusia-manusia yang jahat dan merusak. Al-Qur’an berfirman, “Dan demikianlah, Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu setan-setan [dari jenis] manusia dan [dari jenis] jin.” (QS. Al-An‘am [6]: 112)

Dan “iblis” juga disebut sebagai “setan”, karena kerusakan dan kejahatan yang terpatri di dalam wujudnya.

Selain dari apa yang telah dijelaskan di atas, terkadang “setan” digunakan untuk arti kuman dan bakteri. Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib a.s. dalam sebuah hadis berkata, “Janganlah kamu meminum air dari bagian gelas yang telah pecah atau pada bagian pegangannya, karena setan duduk di pegangan gelas dan permukaan bagian yang pecah itu.”

Demikian juga dalam sebuah hadis Imam Ash-Shadiq a.s. berkata, “Janganlah meminum air dari pegangan tangan gelas dan bagian belangan yang pecah, karena tempat tersebut merupakan tempat minumnya para setan.”

Rasulullah saw bersabda, “Janganlah kamu memanjangkan kumis, karena setan menganggapnya sebagai tempat yang aman untuk tempat tinggalnya, dan ia akan bersembunyi di sana.”

Dengan demikian, jelaslah bahwa salah satu makna “setan” adalah kuman yang membawa pengaruh negatif dan berbahaya.

Jelas bahwa maksud semua itu tidak berarti bahwa “setan” pada semua tempat mempunyai makna ini, akan tetapi mempunyai berbagai makna, yang salah satu bentuk nyatanya adalah iblis dan laskar serta keturunannya. Bentuk lain setan adalah manusia-manusia yang merusak dan menyesatkan, dan —tentu saja— bentuk lainnya lagi adalah kuman dan bakteri yang berbahaya. (Perhatikan hal ini dengan seksama).

Info yang menarik dan bermanfaat (y)

Ijin share ya.. mudah2an brmanfaat buat semua.. amin..

wah jadi malah serem juga kalo udah tau magrib ternyata

Jual Baju loreng murah

Iya sih bener bgt ini...tp gmana dong klo pengen liat sunset??bismillah aja lah ya...

Seiring kemajuan brfikir manusia, ajaran Islam smakin bisa ditreima logika. Banya orang cerdik pandai masuk Islam karenanya. Namun ketika logika belum bisa memahaminya, yakinlh semua yg bersumber dari wahyu Allah dan hadits rasulNya adalah kebenaran yg tak boleh diragukan.

Ya infonya sangat berguna, terimakasih ya...

Alhamdulillah...akhirnya bisa tau juga..selama ini sy cm bisa bertanya" knp pas maghrib kita ga boleh keluar rumah..

min tolong di koreksi lagi bawasan nya setan adalah mahluk.. sementara mahluk yg turun ke dunia adalah manusia dan jin mana mahluk setan nya... sesungguh nya setan itu ada didalam diri manusia dan jin (surat anas)...

numpang nanya min klu setan adalah mahluk trus setan itu dari golongan mana ya dan ibils itu juga dari golongan mana ya, malekat kah , jin kah atau manusia kah... ???

makanya ada larangan jngan nidurin bayi dari sore smpai maghrib...

haaahh maksudnya setan yg nabi sebutkan itu, adalah manusia yg hatinya dikendalikan setan. coba lihat kejahatan, banyak yg terjadi di malam hari.

Bismillah.... Baca dan Pahamilah Al-Qur'an ... Insya Allah anda akan menemukan jawabannya..

Hahaha pertanyaanyaaa... berbobot sekaliii

Jelas bnget nie pertnyaan bayi euy....
Astaga....
Astaga....

Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh. Setan memang makhluk. Setan = makhluk yang tidak mau taat kepada Allah Azza Wa Jalla, berlaku dzolim, dan menyesatkan makhluk lainnya baik itu dari (golongan jin dan manusia). Itu disebut sebagai setan Akhi

Sedangkan iblis itu rajanya para setan. karena jin dan manusia yang dzolim bahkan suka menyesatkan lainnya itu disebabkan sudah dibisikkan keburukan dan kejahatan oleh iblis agar ikut bersama dia mendurhakai Allah dan menjadi temannya di neraka nanti. Afwan itu yang saya tau

Emang sih, hal yang memang dilarang orang tua untuk melarang anaknya jangan keluar pada sore menjelang magrib ada benarnya!!!, Tapi baru tau kalo kumis dijadikan tempat tinggal setan... Luarbiasa artikelnya, sangat bermanfaat ^^)

Profesor For All

Apa lagi bulu ketiak yang panjang,setan demen banget.

Mas Enang Sinaga, ilmiah jaman sekarang terbuktikan krn adanya teknologi maju. Bayangkan jaman dlu yg berita ini datang dari Nabi Muhammad Saw. Yg dimana beliau diajarkan langsung oleh pemilik Alam semesta yaitu Allah Swt melalui perantara malaikat Jibril As. tentang seluruh isi kehidupan baik pada masa itu dan jg masa yg datang.

Semoga apa yang ada di artikel ini benar adanya...
Inilah penemuan Science yang menggunakan Hadits sebagai dalil dalam penelitian,,,
jadi saya dapat menyimpulkan bahwa tidak semua penemuan Science itu bertentangan dengan Agama Islam,,, semoga bisa terus melakukan penelitian2 dengan sunnah sebagai rujukannya....

yah bagus mas kalau anak usia dini di ajak ke masjid biar terlatih
kunjungi juga bagaimana mendidik anak sholehah

baru tau saya,, ternyata begitu,, boleh tau sumber asalnya dari mana ? untuk kros cek saja

Sumbeenya Al-quran dan Al-hadits... Tu sumbernya maa brow

Setan dr neraka... .? Picong, kuntilanak, banaspati, tuyul dll itu kan setan khayalan orang jawa/indonesia, di as ga ada, dichina adany vampir, dieropa jg ga ada, jadi yg dimaksud setan disini adlh adlh jin kafir/jahat, krn ada juga jin muslim, kl iblis itu nenek moyangny syetan yg kekal smpe kiamat... Itu mnrt qur'an n hadist.... Intinya kl mau komentar hrs tau dl konteksnya n konteks disini adl konteks agama islam

Belum ilmiyah,, sumbernya saja . Dalam hadist, Rasulullah mengatakan akan banyak setan dan jin yang berkeliaran. Ternyata, hadist ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Selengkapnya baca di sini. (Ism)... apakah menjadi sebuah halangan buat syeitan dan jin mashk rumah?. Jin saja bisa diam di aliran darah itu jin apalg seitan... berbaik sangka saja, atas riw di atas, sepertinya bukan akan hal tersebut di kaitkan, ada alasan kalo kemesjid, boleh kalo di luar tumah jangan, . Di luar masalah itu ada juha syihir, masuk tanpa kenal bangunanato wall, kpd manusia, dikirim oleh manusia, kpd manusia dgn pelantara jin ato setan .. masa tukang syihir lebih jago drbpd iblis, setan dkk.. setanbelum ada yg mati, dan g pernah dr. Holongan. Mrk pd saling usik, kecuali lewat pelantara. Fisik. Manusia, lagian setan iblis. Igu di buat untuk menhoda mengganggu manusia, bukan untuk berrantem sesama. Jenisnya.. halusinasinya terlalu kentara mas yach, di buat lebih ilmyah lg saja. Salam sejah tera

tapi pak, memang banyak hadist shahih yang mengatakan larangan keluar rumah dan melakukan hal hal lain seperti tidur di waktu maghrib. Bukan hanya mitos :)

Mitos????, jidad lo mitos :v

Terima kasih banyak atas ilmunya,ternyata orangtua dulu emang bener nasehatnya.

Hati2 dengan hadits2 palsu atau sunnah2 palsu yg tlah disadur berulang2 ,,,mending qt cermat melihatnya

alangkah baiknya penjelasan ilmiahnya bisa lebih di paparkan lagi 😊

baca dan pahami . .baru komentar

Percuma gua jelasin juga.. DP loe aja pentagram symbol setan... gimana mo bisa paham.. jangan2 ucapin istighfar aja loe ga bisa..

Iya demen banget. Bau ketiaknya manyir sih...

Iya. Bau keteknya manyir sih....

Intinya pada saat magrib kita harus waspada oleh tabrak larinya setan2 yg takut pd kaumnya sendiri..hanya waktu magrib itu kesempatan setan untuk berpindah untuk mencari tmpt baru yg aman.n nyaman karena akan tersamarkan oleh gelombang merah..intinya setan mahluk penakut jd kita tidak perlu takut hanya hindari dari efek2 dari setan yang akan memasuki kita untuk berlindung dari kaumnya sendiri dan orang2 yg beriman

Intinya mah,klo udah mgrib jngan berkliaran d luar rumah,krna wktu x sholat magrib,

Dulu emang pantangan kalu anak kecil sangat dilarang keras untuk keluar di malam hari, takutnya diculik ama jin

YANG COMENT SEMUA NIE SETAN SEMUA NIE!!!! SETANNN LOE SEMUA!!!

bukannya Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam menganjurkan sebaiknya disaat maghrib (semua sholat fardu) kita kluar menuju mesjid mlakukan sholat berjamaah....wajib bagi laki2

dan lebih baik membiasakan anak sedari kecil sholat dimesjid...bukan melarangnya kluar rumah sewaktu maghrib tiba...mohon petunjuknya mana yg lebih diutamakan...terimakasi :)

Kalau sholat maghrib ke masjid lewat jalan yg sepi sendirian gimana? Apa terjaga dari setan?

sebelum ke masjid ada baiknya wudhu di rumah, baru ke masjid..

SIIP LAH.............. BIASA PERBEEDAAN PENDAPAT.............ASAL PUNYA PEGANGAN



Pembaca yg budiman untuk lbh jelasnya lagi silahkan lihat di www.darussalaf.or.id/muslimah/melindungi-si-kecil-dari-gangguan-makhluk-halus/

Assalamu'alaikum saudaraku...
Allah swt menciptakan makhluk dari bentuk ghaib dn bntuk syahadah..
Makna gaib itu ( tidak nampak oleh penglihatan mata ) itulah Iblis, jin (ada yang beriman ada yang tidak), syaithan (jelas2 pembangkang), malaikat. Sedangkan makhluk syahadah itu yaitu manusia, hewan, tumbuhan alias makhluk yang tampak pada penglihatan mata..
Masalah spektrum yang bewarna merah itu kaitannya, jelas karena syaithan terbuat dari api yang identik bewarna merah...
Untuk lebih jelasnya yang dimatakan syaithan itu bukanlah hantu yang sering kita jumpai dmna2.. dtv atau dimanapun.. karena syaithan itu jika seandainya diperlihatkan kepada manusia aslinya maka jika mereka tidak mati mereka akan mengalami kegilaan.. namun yang sering kota lihat hanyalah penampakan syaithan yang menyerupai manusia seperti kalau diindonesia itu kuntilanak, pocong dan sebagainya...
Tapi aslinya bukan seperti itu..
Kalau mau melihat, perbanyaklah amal buruk.. InsyaAllah pada hari Akhirat anda bakal satu borgol dengan mereka ....
Untuk masalah keluar magrib, logika sajalah bukannya itu waktu shlat ? Untuk apa harus berkeliaran ? Bukannya ketika azan saja kita harus menghentikan semua aktivitas kita untuk menghargai waktu shlat ? Apalagi jika memang dalam keadaan sudah shlat...
Terimakasih.....

lu kayaknya setan beneran. info bagus sepert ini kayaknya luo yang paling tersinggung dan sakit hati.

jangan dihubungkan dengan hal keluarnya setan ato jin ,coba liat di negara arab dsana(bagi yang udah pernah kesana dan tinggal dsana) setelah pada sholat magrib mereka biasa keluar rumah..atau ke masjid, aktivitas banyak dilakukan dimalam hari..karena siang hari dsana panas banget..

mdh2an kita d beri hidayah n kekuatan, amin

jika memang rujukannya hadist nabi ya mau gak mau harus dituruti,

terimakasih infonya

Makin paham, makin tahu saatnya diam.

Itu bukan Mitos Pa Enang, Itulah Islam mengajarkan pada umatnya sedetail mungkin, mungkin bapak bukan Agama Islam jd tidak paham , Trima kasih

مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ (4) الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ (5) مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ
4.min syarri lwaswaasi lkhannaas
5.alladzii yuwaswisu fii shuduuri nnaas
6.mina ljinnati wannaas
Artinya ->>

4. dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi,
5. yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,
6. dari (golongan) jin dan manusia.

dari potongan ayat diatas saya berpendapat syaitan itu dari golongan jin dan manusia.
Allahualam

aduh mba cuby potonya tolong di gantu tuh takut syetannya berlindung di balik mba hehehe maaf ya

Solat berjamaah di masjid di anjurkan nya pada saat solat jumatan,,isya dan subuh,,selain itu bisa di lakukan di rumah berjamaah bersama kell,,anak,,istri,,orang tua,asisten rumah tangga,dll...jdi klo magrib lakukan berjamaah bersama kell di rumh alangkah baik'a...tetapi tdk di larang untuk ke masjid dan baik'a 30menit sebelum magrib sudah ada d masjid,,bukan pada saat bersamaan fenomena itu terjadi...semiga pnjelasan saya dapat di terima...

Solat berjamaah di masjid di anjurkan nya pada saat solat jumatan,,isya dan subuh,,selain itu bisa di lakukan di rumah berjamaah bersama kell,,anak,,istri,,orang tua,asisten rumah tangga,dll...jdi klo magrib lakukan berjamaah bersama kell di rumh alangkah baik'a...tetapi tdk di larang untuk ke masjid dan baik'a 30menit sebelum magrib sudah ada d masjid,,bukan pada saat bersamaan fenomena itu terjadi...semiga pnjelasan saya dapat di terima...

Ikut petunjuk alquran dan hadits...

Waktu surub (Jawa) merupakan saat pagi hari bagi bangsa jin, sehingga merupakan saat energi terbesarnya. Sedangkan iblis dulunya (sebelum Allah menciptakan Adam As) merupakan jenderalnya para malaikat, namun karena sikap ablasanya yang tidak mau patuh dan sujud kepada Adam maka Allah melaknat dan mengeluarkannya dari surga.

Infonya sangat bermanfaat, thanks :)

ya ga hanya sholat itu dong,sholat lima waktu ya baiknya di masjid.jd yg dianjurkan bukan hanya sholat jum'at lah,subuh dan isya,tapi ya lima waktu itu juga,kalo sampean bicaranya untuk akhwat malah betul

iya tuh mba...entar yg lihat bisa kemasukan setan loh hehe

Penjelasan dari Baginda Nabi Muhammad SAW memang benar, seperti 360 jumlah sendi manusia, jaman Nabi SAW belum ada ilmu kedokteran/bedah., tapi mengapa Rasulullah bisa tahu secara tepat.? Inilah indahnya islam... Dalam Al-Qur'an surat An Najm ayat (kalau tdk salah ayat 3-4) Allah berfirman intinya Nabi Muhammad tidak mengatakan apapun dari kemauannya sendiri. Semata-mata dari wahyu yang dikirimkan kepada Nabi.

tidak masalah asalkan niat kita ingin pergi sholat di masjid tidak ada yang larang

Sulaiman Brammas muslim ??

kalau malam jumat kenapa sering dikatakan angker ?

Hello friends, you can visit me if you want Zen Template for your blog thank for your kindness ♥

Sudan tahu kalau itu kebenaran namun malah menolak untuk melakukannya dengan logika yang dibuat-buat hanya untuk membenarkan hawa nafsu.
Hati-hati, di Al-Qur'an sudah dijelaskan tentang para ahli kitab yang menolak Islam karena sang nabi bukann dari golongan mereka.
Di Al-Qur'an juga banyak dijelaskan ttg orang-orang munafik, bagaimana ciri-ciri mereka banyak dijelaskan dalam hadits-hadits shahih.

Waktu saya kecil juga dilarang keluar maghrib. Tapi ketika SMA malah sering baru bisa pulang ketika menelang maghrib -_-

Waah info yg bagus banget mas,alhamdulillah saya kebanyakan dirumah, jarang klayapan. kalo keluar juga paling ke masjid

Kok aku belum bisa percaya seratus persen ya dengan artikel ini astaugfirullahaladzim, ampuni aku ya Rabb!

ALL@ atau SEMUA@

Kenapa Jin Sering Menampakan diri di malam hari ??????
kita tau bahwa jin di ciptakan dari nyala api . nah perlu kita tau bahwa nyala api di sebut infrared .

jadi begini akan saya jelaskan

kamu pernah lihat warna matahari saat tenggelam , kan ???? iya , warnanya merah saat sudah tenggelam mataharinya

nah begini teorinya jin itukan berasal dari nyala api . jika warna merah di matahari tenggelam akan muncul maka otomatis jin yang berasal dari nyala api juga akan muncul setelah warna merah di matahari terbenam itu terlihat.

lho kenapa jin yang terbuat dari nyala api itu ada hubungannya dengan warna merah dari matahari tenggelam ??????
lah iyalah . kalau warna merah dari nyala api dan warna merah dari matahari terbenam juga PERSIS/SAMA WARNANYA

itu bro alasannya jin sering menampakan diri di malam hari di karenakan kekuatan merah dapat meningkatkan penampakan jin semisal bentuk kucing hitam , ular hitam dan bentuk seram contoh POCONG , KUNTILANAK , BANASPATI Dan bentuk lainnya

jadi kesimpulannya jelas , logika dan teori bahwa nyala api dari jin di sebut infrared sedangkan warna merah dari matahari tenggelam juga di sebut infrared

jadi keduanya memiliki persamaan

makanya kalian jangan sampai heran kalau jin sering menampakan diri pas waktu terbenamnya matahari

kalau saya salah maka silahkan anda beri solusinya

ALL@ atau SEMUA@

Kenapa Jin Sering Menampakan diri di malam hari ??????
kita tau bahwa jin di ciptakan dari nyala api . nah perlu kita tau bahwa nyala api di sebut infrared .

jadi begini akan saya jelaskan

kamu pernah lihat warna matahari saat tenggelam , kan ???? iya , warnanya merah saat sudah tenggelam mataharinya

nah begini teorinya jin itukan berasal dari nyala api . jika warna merah di matahari tenggelam akan muncul maka otomatis jin yang berasal dari nyala api juga akan muncul setelah warna merah di matahari terbenam itu terlihat.

lho kenapa jin yang terbuat dari nyala api itu ada hubungannya dengan warna merah dari matahari tenggelam ??????
lah iyalah . kalau warna merah dari nyala api dan warna merah dari matahari terbenam juga PERSIS/SAMA WARNANYA

itu bro alasannya jin sering menampakan diri di malam hari di karenakan kekuatan merah dapat meningkatkan penampakan jin semisal bentuk kucing hitam , ular hitam dan bentuk seram contoh POCONG , KUNTILANAK , BANASPATI Dan bentuk lainnya

jadi kesimpulannya jelas , logika dan teori bahwa nyala api dari jin di sebut infrared sedangkan warna merah dari matahari tenggelam juga di sebut infrared

jadi keduanya memiliki persamaan

makanya kalian jangan sampai heran kalau jin sering menampakan diri pas waktu terbenamnya matahari

kalau saya salah maka silahkan anda beri solusinya

Bacalah Al-Quran, semua penciptaan mahkluk ada didalamnya, syetan & Jin diciptakan dari api, api berwarna merah itu maksud dari science yg dijelaskan diartikel ini, warna spektrum matahari pd saat pergantian siang dan malam hari itu merah. Merah itu bermacam2. Sementara manusia diciptakan dari tanah, kemudian berkembang biak melalui sperma/air mani, malaikat diciptakan dari nur/cahaya, ini plajaran sd saya.

Bacalah Al-Quran, semua penciptaan mahkluk ada didalamnya, syetan & Jin diciptakan dari api, api berwarna merah itu maksud dari science yg dijelaskan diartikel ini, warna spektrum matahari pd saat pergantian siang dan malam hari itu merah. Merah itu bermacam2. Sementara manusia diciptakan dari tanah, kemudian berkembang biak melalui sperma/air mani, malaikat diciptakan dari nur/cahaya, ini plajaran sd saya.

Assalamulaikum,,,setan dan iblis itu kata sifat yg tdk baik,jahat,buruk,jelek.allah menciptakan jin dr api,manusia dr tanah,malaikat dr nur atau cahaya.makhluk sprti genderuwo,pocong,dsb itu adalah jin.jd apabila ada jin spti diatas tdk baik,jahat,buruk,jelek berarti ddlm jin tsb ada setannya.bgtu jg manusia.mari kita belajar sebenar2 nta taqwa kpd allah swt,dan bershalawat kpd nabi muhammad saw.insya allah qta dan keturunan qta smp akhir zaman mendapat cinta dan sayang allah dan nabi muhammad saw.wallahu alam...mohon diluruskan dan dimaafkan bila ada yg salah.jzkmlh kheir

Anak kecil yg dimaKsudkan disini adalah yg dibawah lima thn (balita) klo diatas itu ya aman utk diajak kemasjid

Alhamdulillah Terjawab sudah apa yang menjadi salah satu pertanyaan besar dihidup saya
Admin trimakasih sudah share ilmunya
Semoga amal ilmu ini terus mengalir untuk anda..amiin

kalo hadits shohih dari nabi mah denger dan taat aja. sebab itu sama dengan wahyu dari Allah.
gak perlu penjelasan ilmiahnya.
kurang kerjaan aja.
malah bikin pusing.
agama islam itu mudah.
sami'na wa atho'na.
kami dengar dan kami taat.
para sahabat nabi, tabiin, tabiut tabiin denger hadits ini aja ga pada nanya kok sama nabi.
terima dengan ke imanan!


Dengan perbedaan berfikir semoga tetap menjadi manusia yang mulia dengan perilaku pancasila... indahnya manusia indonesia..

Ilmu yg bermanfaat.

wkwkwk ternyata tema kaya gini aja ada pro kontranya yak :'v knpa mesti didebatin coba?

kan sudah disebut diatas; setan berlindung di wadah kosong, ke rumah kosong,kepada sekelompok manusia yang sedang duduk duduk,mengganggu anak kecil, berlindung ditempat yang kotor seperti pada popok bayi yang sudah kotor. menjauh dari hewan, seperti kucing, burung. Nah... kalau anak kita yang sudah berumur 10 tahun keatas kalau diajak kemesjid harus wudhu dulu kan jadi suci setan gak berani mendekat.

Setan berkeliaran pada waktu magrib bukanlah mitos, dan waktu magrib itu mempunyai banyak fadhilahnya, oleh karena itu para ulama mengajarkan agar memperbanyak wirid dan baca qur'an setelah sholat magrib

Back To Top