Magnetar, Rahasia Magnet Terkuat di Alam Semesta - Kumpulan Info Unik

Magnetar, Rahasia Magnet Terkuat di Alam Semesta

Rahasia kekautan magnet terbesar di alam semesta akhirnya terpecahkan. Kekuatannya jutaan kali dari kekuatan magnet yang ada di bumi. Penemuan ini sudah terjadi sejak tiga tahun yang lalu, dimana sebuah tim astronom Eropa menggunakan ESO Very Large Telescope (VLT) menemukan sisa-sisa bintang bermassa 40 kali massa Matahari. Namun apa yang mereka temukan bukan lubang hitam, melainkan Magnetar.

Magneter bebentuk seperti bintang super-padat yang 50 kali lebih masif dari Matahari. Jika diciutkan atau dipadatkan dapat menjadi sebuah bola berukuran 20 kilometer atau seukuran sebuah kota kecil, akan tetapi massanya lebih besar dari Matahari. Bintang ini sangat panas dan mampat sehingga berwarna biru keputihan.

Medan magner terkuat ini akan bercahaya jika diamati menggunakan penglihatan sinar-X oleh teleskop-teleskop khusus. Menurut para ahli astronomis, magnetar merupakan objek yang sangat aneh. Objek ini memecahkan rekor dalam hal ukuran dan kerapatan. Magnetar terbentuk dari interaksi antara dua bintang, artinya magnetar perlu pasangan supaya eksis. Namun, magnetar yang satu ini ditemukan melayang-layang sendirian di angkasa.

Para astronom meyakini tepat sebelum bintang masif itu menjadi lubang hitam, bintang pasangannya menghisap sebagian materinya. Bintang tersebut melahap materi-materi dari si bintang masif. Akibatnya, ketika datang saatnya meledak, si bintang masif tidaklagi mempunyai cukup massa untuk membentuk lubang hitam dan malah membentuk magnetar.

Para astronom juga yakin kalau sebuah bintang membantu pembentukan magnetar yang misterius ini sebelum akhirnya bintang tersebut dilontarkan keluar ketika si magnetar meledak. Pencarian bintang pasangan yang kabur pun dimulai.

Setelah bertahun-tahun mencari, astronom mengumumkan mereka telah menemukan si tersangka yang kabur dari tempat kejadian. Setelah mengetahui lokasi bintang tersebut, astronom kini mempunyai lebih banyak bukti yang mendukung teori pembentukan magnetar.

Magnetar merupakan kelas dalam Bintang Netron yang memiliki medan magnet ultra-kuat, diperkirakan ribuan kali lebih kuat dari bintang netron normal dan menjadikan mereka magnet paling kuat di kosmos. Namun mengapa magnetar bisa tampak bersinar dalam penglihatan sinar X masih menjadi pertanyaan bagi para astronom. Fakta menariknya, seandainya ada magnetar pada jarak setengah kali jarak Bumi-Bulan, magnetar akan merusak strip magnet seluruh kartu kredit di Bumi.

Demikian sekelumit penjelasan tentang Magnetar. Semoga informasi ini bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru bagi anda. Jika ada koreksi dan informasi tambahan, silakan membaginya pada kolom dibawah ini. Terimakasih sudah membaca.
Tag : Fakta
0 Komentar untuk "Magnetar, Rahasia Magnet Terkuat di Alam Semesta "

Back To Top