Brand Terkenal Dunia Hasil Produksi Indonesia - Kumpulan Info Unik

Brand Terkenal Dunia Hasil Produksi Indonesia

Menjadi prestise tersendiri bagi orang Indonesia ketika bisa memiliki produk dari luar negeri. Sedangkan produk Indonesia sendiri malah menjadi barang asing dan dianggap tidak begitu bernilai. Padahal beberapa produk terkenal dunia merupakan hasil produksi Indonesia. Beberapa perusahaan terkenal dunia mempercayakan Indonesia untuk memproduksi barang-barang mereka.

Hal ini tentu saja sebuah kebanggaan ditengah krisis kepercayaan diri bangsa sendiri menggunakan produk dalam negeri.  Dimana saat banyak orang Indonesia menginginkan serta mempercayai produk luar negeri yang di anggap lebih baik, ternyata orang luar negeri mempercayai produk Indonesia sebagai buatan yang terbaik. Berikut ini beberapa merk terkenal dunia yang memproduksi barang di Indonesia.

1. Boneka Barbie

Si cantik Barbie yang bertubuh ramping menjadi boneka yang disukai anak perempuan di seluruh dunia. Boneka ini memang begitu terkenal sejak awal peluncurannya di American International Toy Fair pada tahun 1959. Namun siapa yang tahu bahwa ternyata di dunia boneka Barbie hanya di produksi oleh dua pabrik saja. Satu pabrik ada di China dan satu lagi berada di Jababeka Cikarang, Jawa Barat, Indonesia.

Adalah PT Mattel Indonesia yang memproduksi barbie dan menjadi pemimpin dalam bisnis mainan. Dalam produksinya, perusahaan ini sudah memperkerjakan sekitar 7000 karyawan orang Indonesia. Perusahaan ini ada dua tempat yaitu dengan sebutan MJS dan MJD. MJS = Mattel Jababeka Satu, MJD = Mattel Jababeka Dua.

2. Knalpot Marcedez Benz

Pecinta mobil pasti tau dengan merk mobil terkenal dari Jerman Marcedez Benz. Ya perusahaan mobil yang bermarkas di kota Stuttgart Jerman ini memang tidak diproduksi di Indonesia, namun salah satu bagiannya dipercayakan dibuat di Indonesia. Knalpot mobil mewah ini sepenuhnya diproduksi di Purbalingga, Jawa Tengah.

3. Sepeda Polygon

Bagi anda pecinta sepeda, tentu sudah sangat familiar dengan merk Polygon. Sepeda ini tidak hanya terkenal di nusantara tetapi juga di negara-negara lain. Soal kualitas, anda tidak perlu meragukannya, banyak pengguna biasa sampai komunitas penggemar sepeda memakai produk lokal ini. Banyak yang mengira bahwa produk ini merupakan merk asing, padahal pabriknya berada di Sidoarjo, Jawa Timur. Adalah PT Insera Sena yang merupakan produsen sepeda Polygon yang sudah  berdiri sejak 1989.

Perusahaan ini mulai memproduksi sepeda Polygon sejak 1991, dimana pada awalnya mereka menjual produk ini ke luar negeri terlebih dahulu, setelah itu mereka baru menjualnya ke dalam negeri. Cara ini dilakukan karena kecenderungan masyarakat Indonesia yang suka membeli produk-produk luar negeri ketimbang dalam negeri. Dengan cara ini, orang Indonesia mengira bahwa Polygon merupakan merk dari luar. 

4. Seragam Nato

Organisasi  internasional keamanan dunia North Atlantic Treaty Organization  (NATO) memproduksi seragamnya di Indonesia.  Seragam dari organisasi yang berpusat di Brussels, Belgia tersebut di produksi oleh PT Sritex yang berada di Solo, Jawa Tengah. PT Sritex memproduksi seragam militer standar NATO yang dipakai di 25 negara. Ternyata tidak hanya seragam, mereka juga memproduksi seragam tempur, jaket, cover all, rompi, tenda, sepatu dan lain-lain.

5. Zara 

Produk fashion terkenal asal Spanyol, Zara ternyata di produksi di Indonesia. Adalah PT. Sri Rejeki Isman (Sritex) yang dimiliki oleh HM. Lukminto yang berlokasi di Desa Jetis, Sukoharjo, Jawa Tengah. Sejak tahun 2010, pihak prinsipal Zara di Spanyol mempercayakan produksi pakaian Zara di Sukoharjo. Produk Zara yang dibuat di Sritex jenis pakaian blus maupun kemeja, bahkan kancingnya pun dibuat di pabrik tersebut.

6. Airbridge

Mungkin Airbridge kata yang asing bagi anda, namun diantara kita sudah sering mengunakannya. Airbridge merupakan tangga belalai yang di gunakan saat penumpang pesawat akan menuju pintu pesawat. Ternyata salah satu bagian penting pesawat ini pertama kali dibuat di Indonesia oleh PT Bukaka di Indonesia dan di gunakan di bandara-bandara di dunia ini.

Bagaimana? Masih malu menggunakan produk sendiri ketika dunia saja mengakui produk kita. Dapatkan beragam informasi menarik lainnya hanya di infoyunik. Baca juga artikel enam manfaat minta maaf, semoga informasi ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.
Tag : Fakta
1 Komentar untuk "Brand Terkenal Dunia Hasil Produksi Indonesia"

Back To Top