Lima Hal Menarik Tentang Batu Akik - Kumpulan Info Unik

Lima Hal Menarik Tentang Batu Akik

Belakangan ini fenomena batu akik atau bantu cincin kembali menjadi tren. Bukan hanya dari kalangan orang-orang tua. Anak muda pun tak malu menggunakan aksesoris jari ini. Cincin batu akik ini juga memiliki berbagai jenis, harganya pun beragam, mulai dari yang murah, hingga yang paling mahal tergantung pada kombinasi warna dan bentuknya.

Padahal jika dilihat sekilas batu ini terlihat biasa, namun untuk para pecinta batu alam ini, batu akik memiliki tempat tersendiri dan mendapat perlakuan yang sangat istimewa. Berikut kami himpun lima hal menarik tentang batu akik

1. Tren Batu Akik Mulai Berkembang Luas pada 2014
Tren menggunakan batu akik mulai melanda pada tahun 2014 lalu. Sebenarnya pada tahun-tahun sebelumnya batu ini sudah banyak beredar, namun baru berkembang luas pada tahun 2014. Kini para pengrajin batu akik memenuhi pinggiran jalan-jalan. Pembelinya pun tidak hanya para golongan dewasa, namun anak-anak muda juga ikut meramaikan toko-toko yang menjual batu akik.

2. Batu Akik Jenis Bacan Paling di Cari di Indonesia
Batu Bacan merupakan salah satu batu tersohor asal Maluku Utara. Tidak hanya di Indonesia, batu bacan terkenal hingga ke Mancanegara sejak abad pertengahan yang lalu. Bahkan mantan presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono memiliki jenis batu termahal ini dengan harga Rp. 3 Miliar.

Batu ini merupakan batu hidup karena bisa berproses menjadi batuan yang lebih indah secara alami. Jika dipakai dalam waktu lama, batu bacan akan berubah menjadi lebih bersih, bening dan mengkristal.

Bahkan beberapa jenis batu bacan yang dapat menyerap senyawa lain dari bahan yang melekatinya, seperti sebutir batu bacan hijau doko yang dilekatkan dengan tali pengikat berbahan emas, mampu menyerap bahan emas tersebut sehingga bagian dalam batu bacan muncul bintik-bintik emas.

3. Batu Akik Dipercaya Memiliki Daya Magis
Meskipun ilmu pengetahuan sudah saat ini sudah berkembang begitu pesat, namun manusia tetap percaya dengan hal-hal yang berbau magis. Seperti para pengguna batu akik yang mempercayai bahwa batunya memiliki daya supranatural sehingga memberikan efek magis bagi para pemakainya. Padahal ini bergantung kepada kekuatan kepercayaan pemakai terhadap batu-batu tersebut.

Diataranya yang paling terkenal adalah karena berhubungan dengan kisah-kisah dalam kitab suci, sebut saja batu Lapis Lazuri adalah batu permata yang pertama kali disebut dalam Alkitab disebut Batu Malaikat Michael dan batu habasyah Ethiopia yang pernah dipakai Nabi atau batu Pirus Persia yang disukai para ulama.

Ada juga batu akik junjung drajat yang motifnya berbentuk garis bersiku batu ini dipercaya sebagian orang berkasiat untuk meningkatkan derajat kewibawaan, perekonomian dan status sosial.  Yang tak kalah magis adalah batu panca warna yang memiliki corak berwarna warni, kepercayaan sebagian orang bahwa batu ini dapat membuat penggunanya memancarkan kharisma dan melindungi penggunanya dari kejahatan.

Sebuah batu bergambar terbaik di dunia yang pernah ditemukan di Indonesia, batu panca warna bernama Batu Watukodam, karena bergambar alami secara 3 Dimensi ! Sosok khodam (pelayan) atau sosok jin, batu ini terbilang sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor dunia. Karena efek gambar 3 Dimensi yang ditimbulkan sangat menakjubkan dan sekaligus menakutkan.

4. Semua Mantan Presiden Indonesia Pakai Batu Cincin
Batu Akik tidak hanya digandrungi oleh masyarakat biasa, bahkan para pemimpin negara juga memakai aksesoris ini. Walaupun meraka mempunyai perbedaan dalam pola kepemimpinan dan karakternya, tapi ada satu kesamaan yaitu dengan melingkarnya cincin batu akik di jari mereka.

Seperti presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno yang kabarnya  memiliki cincin ruby atau yang disebut dengan batu merah delima. Tidak hanya Soekarno, Presiden Soeharto juga pernah diketahui pernah memakai batu merah delima atau ruby yang melingkar dijari manisnya.

Prof. Habibie yang merupakan Presiden RI berikutnya juga diberitakan memakai cincin berlian atau intan yang sangat terkenal dengan kecantikannya, yang mampu menggoda banyak orang.

Sementara presiden yang akrab dipanggil Gus Dur dikabarkan memiliki cincin batu jamrud. Setelah Gusdur, presiden wanita pertama,  Megawati juga ikut menggunakan cincin batu yang berjenis  black safir. Sedangkan SBY memiliki cincin batu biduri kucing atau cat eye, batu ini kerap ditambang di Sri Langka.

5. Batu Akik Akan Kena Pajak Barang Mewah
Pemerintah melalui Kementerian Keuangan mengenakan Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) untuk Batu Akik yang harganya diatas Rp. 1 Juta. Pemerintah akan revisi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 253 Tahun 2008 tentang PPnBM untuk mengkomodir hal tersebut.

Rencana pemerintah ini menuai kritik dari banyak pihak. Langkah ini bahkan dinilai sebagai ketidakmampuan pemerintah untuk meningkatkan penerimaan pajak dari sektor yang lebih besar potensi pajaknya.

Nah sudah tahukan apa saja hal-hal menarik dan unik tentang batu akik yang digandrungi ini. Dapatkan informasi menarik dan unik lainnya hanya di Infonyunik. Baca juga sosok lima pengisi suara kartun anak-anak kesayangan anda. Mungkin yang selama ini anda kira pria, ternyata adalah seorang wanita. Terimakasih sudah membaca.
Tag : Fakta
0 Komentar untuk "Lima Hal Menarik Tentang Batu Akik"

Back To Top