8 Fakta dan Hal Unik Tentang Bumi yang Belum Anda Ketahui - Kumpulan Info Unik

8 Fakta dan Hal Unik Tentang Bumi yang Belum Anda Ketahui

Mungkin bumi merupakan hanya bagian kecil dari galaksi tata surya yang begitu luas. Namun bumi begitu unik karena menjadi satu-satunya planet yang dapat dihuni makhluk hidup dan memiliki banyak unsur hara kehidupan.

Planet ketiga dalam tata surya ini usianya diperkirakan mencapai ,6 milyar tahun. Pada masa tersebut, bumi sudah mengalami berbagai fase mulai dari fase penciptaan manusia pertama, berbagai hewan prasejarah, hingga nantinya bumi akan tiba pada akhir dunia.

Meski sudah lama menjalani kehidupan, namun kita tidak benar-benar mengenal tempat yang menjadi kita tinggali ini. Banyak fakta yang akan membuat anda terkejut dan takjub tentang bumi yang mungkin selama ini belum anda ketahui. Berikut ini admin sajikan 8 fakta dan hal unik tentang bumi yang belum Anda ketahui

1. Sebenarnya bumi tidak bulat sempurna
Selama ini kita tahu bahwa bumi bulat sempurna. Padahal sebenarnya tidak demikian, bumi tidak berbentu bulat sempurna seperti bola. Disekitar  ekuator terdapat tonjolan yang disebabkan karena adanya gaya gravitas. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa Polar radius bumi adalah 3.949,99 mil, sementara radius ekuator adalah 3.963,34 mil.

2. Bumi berasal dari kata Anglo Saxons
Mengapa bumi kita disebut bumi? Dari mana kata itu berasal? Sebenarnya nama-nama planet ini disesuaikan dengan nama dewa-dewi dalam metologi Yunani, namunn tidak demikian dengan bumi yang berasal dari kata Anglo Saxons. Dimana Bumi (earth) dari kata Anglo-Saxon yakni kata Erda yang bermakna  tanah. Akan tetapi faktanya 71 persen dari unsur bumi kita adalah air dan bukan tanah.  Dan perlu diketahui bahwa bumi satu-satunya planet yang memiliki unsur air.

3. Faktanya Sehari Tidak 24 Jam
Sebenarny bumi berotasi pada porosnya dengan memakan waktu 23 jam 56 menit, 4 detik. Ada selisih 4 menit dalam satu hari dengan rotasi bumi. Perbedaan tersebut disebabkan karena pengunaan patokan yang berbeda. Hari Surya menggunakan Matahari sebagai acuan, sementara Hari Sideris menggunakan bintang-bintang sebagai acuan.

4. Hanya Bumi planet yang punya lempeng tektonik
Bumi menjadi satu-satunya planet yang memiliki lempeng tektonik dengan 7 lempeng yang akan bergerak 4 inci setiap tahunnya. Pergerakan inilah yang kemudian menyebabkan gunung meletus atau gempa bumi. Namun bencana tersebut ternyata berdampak pada proses daur ulang  karbon yang akan bermanfaat untuk kehidupan makhluk hidup.

5. Ternyata bumi punya kembaran
Kembaran bumi yang dimaksud bernama Theia, ukurannya seperti Mars serta berada 60 derajat di depan atau belakang jarak Bumi. Berdasarkan penelitian, sekitar 4,5 miliar tahun lalu, Theia menabrak Bumi dan sebagian besar potongan itu meledak dan menjadi material penciptaan bulan. Berdasarkan fakta bulan memang memiliki kemiripan dengan planet dan isotop logam yang ada di Bumi.

6. Orbit Bulan Sempurna
Berdasarkan penelitian, bulan memiliki pusat tata surya sekitar 6.000 meter lebih dekat ke bumi. Seharusnya dengan jarah tersebut orbit bulan tidak menentu, namun tidak demikian faktanya. Karena ternyata orbit bulan melingkar sempurna. Ada sebuah fenomena alam unik yakni ketika matahari tampak 400 kali lebih besar daripada Bumi dan 400 kali lebih jauh dari Bumi yang membuat matahari dan bulan tampak berukuran sama di langit Bumi. Sebuah Ke-Esaan Tuhan yang lain.

7. Samudera Belum Ter-Eksplorasi
Saat ini ilmuan tengah sibuk-sibuknya mengeksplorasi mars dan planet lainnya di tata surya. Namun mereka melupakan untuk mengeksplorasi samudra. Faktanya hingga saat ini, samudra baru dieksplor sekitar 10%. Saat ini tercatat sekitar 212.906 spesies makhluk laut, ini berarti masih ada sekitar 25 juta lebih spesies yang belum tereksplorasi. 

8. Everest Bukan Titik Tertinggi di bumi
Selama ini diketahui bahwa Mount Everest adalah puncak tertinggi di bumi dengan tinggi 8.848 meter di atas permukaan laut.  Tapi sebenarnya puncak tertinggi dimiliki oleh puncak Mauna Kea yang berada di kepulauan Hawaii, Amerika Serikat. Mauna Kea memang hanya memiliki ketinggian 4.205 meter. Jumlah ini jauh lebih rendah dari gunung Everest. Namun Mauna Kea sebenarnya merupakan gunung yang kakinya dimulai dari dasar laut. Dan jika diukur dari kaki gunung, secara total, tinggi Mauna Kea lebih dari 10 ribu meter. Tentu saja Mauna Kea lebih tinggi dibandingkan gunung Everest.

Nah sudah tahukan sekarang fakta yang menarik tentang bumi yang mungkin belum anda ketahui. Ingin tahun tentang fakta-fakta unik lainnya? Update terus fakta dan info unik menarik lainnya hanya di Infonyuni. Jangan lupa baca juga 9 Fakta Tentang Air Mata yang mungkin belum anda ketahui. Terimakasih sudah membaca.
Tag : Fakta
0 Komentar untuk "8 Fakta dan Hal Unik Tentang Bumi yang Belum Anda Ketahui "

Back To Top